Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini



Berhitung merupakan bagian dari matematika, yang diperlukan untuk menumbuhkembangkan keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar.
Pengertian kemampuan berhitung menurut Susanto (2011:98) adalah kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuannya anak dapat meningkat ke tahap yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Tujuan pembelajaran berhitung untuk mengetahui dasar-dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap untuk mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya yang lebih kompleks. Sedangkan secara khusus dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda-benda kongkrit, gambar-gambar, atau angka-angka yang terdapat di sekitar, anak dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat yang memerlukan kemampauan berhitung, ketelitian, dan konsentrasi dalam kehidupan sehari-harinya.
Menurut Piaget melalui Suyanto (2005:161) menyatakan bahwa tujuan pembelajaran matematika untuk anak usia dini untuk berpikir logis dan matematis dengan cara yang menyenangkan dan tidak rumit.
Susanto (2011 :103) Prinsip-prinsip berhitung  diantaranya membuat pelajaran yang menyenangkan, mengajak anak terlibat secara langsung, membangun keinginan dan percaya diri dalam menyesuaikan berhitung, hargai kesalahan anak dan jangan menghukumnya, fokus pada apa yang anak capai. Prinsip berhitung anak usia dini yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh anak didik melalui bermain atau permainan yang diberikan secara bertahap, menyenangkan bagi anak didik dan tidak memaksakan kehendak guru pada saat anak diberi kebebasan untuk berpartisipasi atau terlibat langsung menyelesaikan masalah-masalahnya.
Manfaat pengenalan berhitung menurut Suyanto (2005:57) adalah mengembangkan aspek perkembangan kecerdasan anak dengan menstimulasi otak untuk berpikir logis dan matematik.