Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Tujuan Pembelajaran Inquiry



Model pembelajaran inquiry terdapat berbagai macam tujuan di samping mengantarkan siswa pada tujuan intruksional, tetapi dapat juga memberi tujuan iringan (nutrunant effect). Hal ini pun diungkapkan oleh Trianto (2007:101) :
a)   Memperoleh keterampilan untuk memproses secara ilmiah (mengamati, mengumpulkan dan mengorganisasikan data, mengidentifikasikan variabel, merumuskan, dan menguji hipotesis, serta mengambil kesimpulan).
b)  Lebih berkembangnya daya kreativitas anak.
c)   Belajar secara mandiri
d)  Lebih memahami hal-hal yang mendua
e)   Perolehan sikap ilmiah terhadap ilmu pengetahuan yang menerimanya secara tentatif.


Bangkititaherawati (2012), mengemukakan tujuan atau sasaran pembelajaran yang dapat dicapai dengan penerapan inkuiri adalah:
a)       Sasaran kognitif
1)      Memahami bidang khusus dari materi pelajaran
2)      Mengembangkan keterampilan proses sains
3)      Mengembangkan kemampuan bertanya, memecahkan masalah dan melakukan percobaan
4)      Menerapkan pengetahuan dalam situasi baru yang berbeda.
5)      Mengevaluasi dan mensintesis informasi, ide dan masalah baru
6)      Memperkuat keterampilan berpikir kritis
b)       Sasaran afektif
a)       Mengembangkan minat terhadap pelajaran dan bidang ilmu
b)      Memperoleh apresiasi untuk pertimbangan moral dan etika yang relevan dengan bidang ilmu tertentu.
c)       Meningkatkan intelektual dan integritas
d)      Mendapatkan kemampuan untuk belajar dan menerapkan materi pengetahuan.

Trianto (2007:135) menerangkan:
Sasaran utama kegiatan pembelajaran inquiry adalah (1) keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar; (2) keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran; dan (3) mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inquiry.

Apabila dilihat dari pendapat di atas mengenai tujuan dari metode pembelajaran Inquiry yakni diharapkan setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode Inquiry ini dapat memperoleh banyak pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan suatu pengamatan yang nantinya mereka temukan di berbagai mata pelajaran yang lain selain itu siswa akan lebih mandiri dalam mengerjakan suatu soal misalnya tidak tergantung pada orang tua atau bantuan guru karena mereka telah terbiasa mencari jawabannya sendiri dan oleh karena itu siswa akan lebih mandiri, pengetahuannya pun akan selalu bertambah karena mereka ingin selalu mencari dan mencari informasi yang belum mereka ketahui.