Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Perilaku Organisasi


Apa itu

Perilaku Organisasi?

Tujuan Pembelajaran

§  Mendefinisikan Perilaku Organisasi (PO).

§  Menjelaskan tugas-tugas manajer.

§  Menjelaskan manfaat mempelajari PO.

§  Menyebutkan tantangan dan peluang dari penggunaan konsep-konsep PO.

§  Mengetahui bagaimana kontribusi ilmu-ilmu perilaku terhadap studi PO.

§  Memahami mengapa manajer harus memiliki pengetahuan tentang PO.

§  Mengidentifikasikan tiga tingkat analisis dalam model PO.

Siapa itu Manajer?

   Manajer adalah orang yang bertanggungjawab melaksanakan proses manajemen atau menciptakan sistem manajemen.

   Manajer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan upaya-upaya yang dimaksudkan untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya.

Apa itu Organisasi?

    Unit sosial yang dikoordinasikan secara sadar, terdiri dari dua orang atau lebih, yang bekerja secara relatif berkelanjutan untuk mencapai tujuan (atau tujuan-tujuan) bersama.

 

    Kumpulan orang yang melakukan tugas-tugas khusus yang dikoordinasikan, untuk meningkatkan nilai atau kegunaan dari sejumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh, dan disediakan untuk, sekumpulan konsumen atau klien.

 

 

Peran Pembuatan Keputusan
(Decisional Roles)

    Entrepreneur: memprakarsai, merancang, dan mendorong perubahan & inovasi

    Disturbance handler: mengambil langkah korektif bila organisasi menghadapi masalah/kesulitan

    Resource allocator: membagi sumber daya (termasuk waktu, dana, peralatan, SDM)

    Negotiator: mewakili organisasi dalam negosiasi yg berkenaan dgn bidang tanggung jawab manajer

Peran Penanganan Informasi
(Informational Roles)

   Monitor: mengumpulkan informasi (dari dalam & luar organisasi/unit) tentang isu-isu yg mempengaruhi organisasi

   Disseminator: menyampaikan informasi ke dalam organisasi

   Spokesperson: menyampaikan informasi ke luar organisasi

Peran Hubungan Antar-pribadi
(Interpersonal Roles)

    Figurehead: menjalankan tugas-tugas simbolik yg bersifat sosial atau yg ditentukan oleh aturan

    Leader: membangun silaturrahim dgn pengikut/bawahan dan berkomunikasi, memotivasi, serta membimbing mereka

    Liaison: membangun dan menjaga jaringan kerjasama dgn pihak-pihak di luar organisasi/unit kerja yang ikut membantu dan memberikan informasi

 

Aktivitas Manajerial

   Manajemen Tradisional

  Perencanaan

  Pengorganisasian

  Pengarahan

  Pengendalian

   Komunikasi

   Mengelola Sumberdaya Manusia

   Networking

Perilaku Organisasi

Bidang studi yang mengkaji dampak yang ditimbulkan oleh INDIVIDU, KELOMPOK, dan STRUKTUR terhadap PERILAKU di dalam ORGANISASI, dengan tujuan menerapkan pengetahuan ini untuk meningkatkan efektivitas organisasi.

 

Untuk apa kita mempelajari PO?

   Belajar tentang diri sendiri dan bagaimana berhubungan dgn orang lain.

   Anda adalah bagian dari organisasi, dan akan terus menjadi bagian dari berbagai jenis organisasi.

   Organisasi menginginkan orang-orang yang mampu bekerja dalam tim.

   Beberapa di antara Anda boleh jadi ingin menjadi manajer …

 

 

Tantangan & Peluang Bagi Perilaku Organisasi (1)

    Menanggapi globalisasi (bekerja di luar negeri; bekerja dalam keanekaragaman budaya).

    Mengelola keanekaragaman pekerja.

    Meningkatkan kualitas dan produktivitas (manajemen mutu, rekayasa proses).

    Meningkatkan customer service.

    Meningkatkan keterampilan hubungan antar-manusia.

 

Tantangan & Peluang Bagi Perilaku Organisasi (2)

    Memberdayakan pekerja (manajer mendelegasikan wewenang, pekerja nenerima tanggung jawab).

    Mengelola “kesementaraan” (sifat dasar pekerjaan terus berubah, organisasi juga berubah).

    Mendorong inovasi dan perubahan (menciptakan fleksibilitas, meningkatkan kualitas, memperkenalkan barang dan jasa baru).

    Meningkatkan perilaku etis.

 

 

 

 

 

 

Kerangka Nilai yg Berlawanan (1)

Kerangka Nilai yg Berlawanan (2)

   Dimensi Internal - Eksternal

  Melihat ke dalam, kpd kepentingan dan kebutuhan pekerja dan/atau proses produksi dan sistem internal

atau

  Melihat ke luar, kpd faktor2 spt pasar, peraturan pemerintah, dan perubahan sosial, lingkungan, dan perkembangan teknologi masa depan

Kerangka Nilai yg Berlawanan (2)

   Dimensi Fleksibilitas - Kontrol

  Luwes dan dinamis, memberi ruang lebih luas bagi kerja tim dan partisipasi pekerja; mencari peluang baru bagi barang dan jasa

atau

  Terkendali atau stabil, memelihara status quo dan menunjukkan sedikit perubahan

Keterampilan di Tempat Kerja “Baru”

Ringkasan dan Implikasi

   Manajer dan pekerja perlu membangun keterampilan antar-pribadi atau hubungan antar-manusia, agar mereka bisa efektif di tempat kerja.

   Perilaku Organisasi adalah bidang studi yang mempelajari dampak yg ditimbulkan individu, kelompok, dan organisasi terhadap perilaku di dalam organisasi.

Ringkasan dan Implikasi

     PO memusatkan perhatian pada peningkatan produktivitas, kepuasan kerja karyawan dan komitmen organisasi, dan penurunan kemangkiran dan turnover.

     PO menggunakan studi yg sistematik untuk meningkatkan prediksi perilaku di dalam organisasi.