Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Aspek Pasar Studi Kelayakan Pendirian Rumah Sakit


Aspek Pasar

Aspek pasar merupakan salah satu aspek yang berkenaan mengenai kondisi pasar dari bidang usaha yang di jalankan, dan merupakan urutan pertama bila akan menyusun suatu laporan Studi Kelayakan Bisnis.
Aspek pasar adalah inti dari penyusunan Studi Kelayakan Proyek, karena permintan pasar terhadap produk/jasa merupakan dasar untuk menyediakan sebuah usaha. Oleh karena itu studi mengenai Aspek Pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap produk/jasa yang akan disediakan dan menempatkan produk/jasa yang akan dipasarkan pada posisi yang menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan.
Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar terhadap produk/jasa yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan dan strategi pesaing dalam memasarkan produk/jasanya, sehingga bisa dirancang metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.
Hal yang tak kalah pentingnya adalah analisa mengenai pangsa pasar yang akan diperoleh dengan mempertimbangkan tingkat permintaan, penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.
Untuk melakukan penelitian mengenai Aspek Pasar perlu dilakukan studi secara informal dan formal. Penelitian secara informal bisa dilakukan dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi proyek. Tes pasar dilakukan dengan menyebar brosur atau membuat spanduk yang mengiklankan produk/jasa kita. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui respon pasar terhadap produk/jasa yang akan ditawarkan.
Melakukan analisis mendalam pada aspek pasar adalah bagian penting dari setiap pengembangan atau pembukaan sebuah usaha. Mengetahui nilai profitablitas bisnis melalui analisis pasar dan pemasaran adalah variable penting untuk menunjang keputusan berbisnis. Fokus evaluasi aspek pasar & pemasaran ini mencakup 3 hal pokok, yaitu memperoleh gambaran mengenai :
>          Permintaan pasar atas jasa yang akan didirikan
>          Persaingan dan pangsa pasar
>          Faktor lingkungan ekstern dan ekonomi makro yang dapat mempengaruhi permintaan atas kebutuhan jasa tersebut.
·       Tujuan Perusahaan dalam Pendirian Rumah Sakit Jantung:
Dengan melihat belum adanya sebuah rumah sakit jantung, maka peluang dalam pembangunan Rumah Sakit ini dinilai memiliki prospek yang cukup baik, dimana pada situasi saat ini daya kekebalan tubuh pada tiap orang berbeda sehingga perlu adanya pemulihan untuk dapat menjaga kesehatan. Di rumah sakit yang akan kami bangun ini, memiliki keunggulan keunggulan yang tidak kalah dengan Rumah Sakit yang telah lama berdiri. Kami memiliki tujuan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik tanpa memandang kalangan pasien. Karena sebuah pelayanan merupakan front liner untuk menarik banyak minat masyarakat agar mempercayakan pelayanan kesehatannya pada Rumah Sakit kami.
·       Permintaan dan penawaran:
Permintaan dalam kebutuhan kesehatan masyarakat untuk sekarang ini dinilai memiliki peluang yang baik untuk mendirikan Rumah Sakit Umum dikawasan ................................ ini, karena cuaca yang sulit diprediksi membuat sebagian orang lebih memperhatikan kesehatannya, sehingga permintaan dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat ................................ ini cenderung naik signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu Rumah Sakit Umum RsL ................................ ini mencoba untuk dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat sehingga dapat sadar akan kesehatan terutama untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Kami mencoba untuk menyediakan alat kesehatan yang banyak diperlukan masyarakat saat ini, terutama untuk beberapa penyakit yang masih sulit ditemukan alat kesehatannya di .................................
Ditahun sebelumnya dan mungkin hingga saat ini yang saya lihat dari perkembangan rumah sakit yang ada di ................................ ini cenderung masih minim alat kesehatannya sehingga tidak jarang pasien yang dilarikan ke rumah sakit diluar .................................
Untuk itu, ini menjadi acuan kami dalam membangun rumah sakit yang ada di ................................ dengan memenuhi banyak alat kesehatan yang dinilai diperlukan untuk berbagai macam penyakit yang masih jarang ditemui alat kesehatannya di .................................
Sedangkan penawaran yang kami tawarkan untuk dapat menarik minat banyak pasien dan masyarakat sekitarnya dapat berupa menyajikan berbagai macam alat kesehatan dan tenaga medis juga pelayanan terbaik dengan petugas yang profesional dibidangnya sehingga dapat memberikan rasa nyaman apabila masyarakat berobat di rumah sakit kami. Kami juga menyediakan design kamar untuk rawat inap dengan menarik untuk menambah kenyamanan saat pasien harus dirawat di rumah sakit kami.
·       Segmentasi pasar
Segmentasi pasar (pengelompokan pasar) adalah proses pembagian pasar dalam kategori jenis atau segmen pelanggan. Ada berbagai cara untuk menyusun segmen pasar, antara lain:
1.     Berdasarkan Geografis. Kawasan ................................ merupakan kawasan yang berada di dataran rendah dengan kondisi cuaca yang sulit untuk diprediksi, sehingga dalam mendirikan rumah sakit di daerah ini merupakan alasan yang baik untuk membantu masyarakat ................................ dan sekitarnya agar dapat mempercayakan kesehatannya pada rumah sakit kami yang akan dibangun pada kawasan BIC .................................
2.     Berdasarkan Demografis. Dalam pendirian rumah sakit ini tidak memandang faktor usia, pendidikan, status perkawinan dan lain sebagainya, karena rumah sakit umum ini mencakup bagi semua kalangan baik dari bayi hingga lansia, orang hamil, penderita penyakit ringan hingga berat. Kami berusaha untuk dapat merangkul dari semua kalangan dan berbagai jenis penyakit agar tingkat kesehatan ................................ menjadi lebih baik lagi.
3.     Berdasarkan Psikografis. Karakteristik konsumen, di dalam segementasi ini pula kami tidak memandang gaya hidup masyarakat, minat, kelas sosial, sikap, kepribadian dan lain sebagainya. Karena pada segmen ini, rumah sakit kami mampu menampung pasien dari berbagai macam gaya hidup. Karena yang menjadi tolak ukur kami pada segmen ini adalah ketersediaannya alat yang dapat membantu bagi kebutuhan pasien. Sehingga siapapun pasien dan dari kalangan manapun yang mereka butuhkan adalah ketersediaan alat kesehatan dan tenaga medis yang mampu membantu kesehatan pasien.
4.     Berdasarkan Perilaku. Dalam segmen ini merupakan cara konsumen/ masyarakat dalam merasakan jasa yang kami berikan. Manfaat yang mereka harapkan dari jasa yang kita berikan, alasan mereka untuk berobat di rumah sakit kami, dan kesetiaan mereka untuk selalu mengunjungi rumah sakit kami apabila ada masalah dalam kesehatannya.

·       Aspek Pasar :
Berikut ini adalah beberapa aspek pasar dalam pendirian usaha Rumah Sakit Umum, antara lain:
a.     Pasar Sasaran
Adapun pasar sasaran dari pendirian Rumah Sakit Umum RsL ................................ ini antara lain:
·       Mampu menjaring pasien baik dari kalangan bawah, menengah hingga atas untuk dapat mempercayakan kebutuhan kesehatannya di Rumah Sakit Umum RsL .................................
·       Mampu menjadi pusat kesehatan percontohan yang ada di kawasan ................................ sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk dapat berobat dirumah sakit kami.
·       Mampu memberikan pelayanan terbaik tanpa memandang kalangan pasien.
·       Mampu menyediakan alat kesehatan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan pasien untuk menarik minat pasien agar tidak perlu ke luar ................................ untuk mendapatkan alat kesehatan yang terbaik.
·       Mampu menyediakan ruangan penunjang kesehatan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pasien dari semua kalangan.

b.      Potensi pasar
Dengan akan dibangunnya Rumah Sakit Umum RsL ................................ maka potensi pasar untuk Rumah Sakit ini dinilai dapat mampu menarik minat masyarakat untuk dapat mempercayakan kesehatannya di Rumah Sakit ini, karena potensi pasar untuk minat masyarakat di ................................ ini cukup baik dalam menjaga kesehatannya. Mereka ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan budget yang tidak besar namun bisa mendapatkan pelayanan dan alat kesehatan yang terbaik.
Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk mau mempercayakan kesehatannya pada Rumah Sakit ini.

c.      Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :
Dalam tahap ini perkembangan dan pertumbuhan penduduk menjadi tolak ukur dalam pengembangan kemajuan Rumah Sakit RsL Purwakrta, karena apabila pertumbuhan penduduk meningkat maka taraf kesehatan masyarakatpun harus meningkat. Dari situ, peluang untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan dapat lebih diperhatikan lagi.
Daya minat masyarakat dalam menjaga kesehatan relatif baik untuk di daerah ................................ ini, karena masyarakat ................................ sadar akan pentingnya kesehatan untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Maka dari itu dalam pemilihan Rumah Sakit masyarakat ................................ selalu memilih pelayanan terbaik dan dengan harga yang tidak cukup besar dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.
·       Biaya yang diperlukan dalam Aspek Pasar.
Dalam tahap mengenal pasar lebih dalam sebelum mendirikan usaha maka diperlukan adanya biaya penunjang untuk dapat berjalannya operasional perusahaan pada tahap awal. Dibawah ini merupakan biaya-biaya yang diperlukan pada tahap awal aspek pasar:
Biaya dalam Aspek Pasar
Harga
Biaya Survey
 Rp      2.000.000,00