Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Komunikasi Serial



Komunikasi serial merupakan komunikasi data dengan pengiriman data satu per satu pada satuan waktu. Transmisi data pada komunikasi serial dilakukan per bit. Kelebihan dari komunikasi serial dibandingkan komunikasi paralel adalah jalur data yang dibutuhkan hanya dua, yaitu jalur Transmitter (Tx) dan jalur Receive (Rx), selain itu kelebihan lainnya adalah komunikasi data dapat dilakukan dalam jarak yang cukup jauh dengan jumlah kabel serial lebih sedikit. Kekurangan dari komunikasi serial adalah waktu yang diperlukan untuk pengiriman dan penerimaan data lebih lama[7].
Komunikasi serial pada umunya memiliki dua mode :
·     Sinkron
Pada mode sinkron data dikirim bersamaan dengan sinyal clock, hal ini menyebabkan antara satu karakter dengan karakter lainnya memiliki jeda waktu yang sama.
·     Asinkron
Mode asinkron ini pengiriman data dikirim tanpa sinyal clock/sinkronasi sinyal clock. Oleh karena itu pada mode asinkron Transmitter yang mengirimkan data harus menyepakati suatu standart Universal Asynchronous Receive Transmit (UART) sehingga komunikasi data dilakukan dengan suatu standart yang telah disepakati antara Transmitter dan Receiver.
Dalam pengaturan UART terdapat perintah-perintah yang berguna sebagai pengaturan yaitu start bits, data bits, parity bit, dan juga stop bits.
Dibawah ini akan dijelaskan mengenai perintah-perintah diatas :
· Start Bit
Start bit merupakan penanda awal dimana akan dilakukan suatu proses pengiriman bit data.
· Data Bit
Data bit merupakan data yang akan dikirim.
· Parity Bit
Parity bit berfungsi sebagai “flag”, atau bisa dikatakan sebagai penanda.
· Stop Bit
Stop bit berguna sebagai penanda proses pengiriman bit data telah selesai. Dalam pengiriman data secara digital terdapat dua buah ukuran yang penting untuk diketahui, yaitu Bit Rate dan Baud Rate. Perbedaan antara Bit Rate dan Baud Rate yaitu :
· Bit Rate
Jumlah dari bit yang terkirim atau diterima per satuan waktu (second).
· Baud Rate
Banyaknya perubahan data yang terjadi per satuan waktu. Pada komunikasi serial umumnya jumlah data yang dikirim adalah satu bit start, delapan bit data, dan satu bit stop sehingga dalam satu frame data terdapat sepuluh bit dengan baud rate 9600.