Model
pembelajaran inquiry terdapat
berbagai macam tujuan di samping mengantarkan siswa pada tujuan intruksional,
tetapi dapat juga memberi tujuan iringan (nutrunant
effect). Hal ini pun diungkapkan oleh Trianto (2007:101) :
a)
Memperoleh keterampilan untuk
memproses secara ilmiah (mengamati, mengumpulkan dan mengorganisasikan data,
mengidentifikasikan variabel, merumuskan, dan menguji hipotesis, serta
mengambil kesimpulan).
b)
Lebih berkembangnya daya
kreativitas anak.
c)
Belajar secara mandiri
d)
Lebih memahami hal-hal yang
mendua
e)
Perolehan sikap ilmiah terhadap
ilmu pengetahuan yang menerimanya secara tentatif.
Bangkititaherawati
(2012), mengemukakan tujuan atau sasaran pembelajaran yang dapat dicapai dengan
penerapan inkuiri adalah:
a)
Sasaran kognitif
1)
Memahami bidang khusus dari
materi pelajaran
2)
Mengembangkan keterampilan proses
sains
3)
Mengembangkan kemampuan bertanya,
memecahkan masalah dan melakukan percobaan
4)
Menerapkan pengetahuan dalam
situasi baru yang berbeda.
5)
Mengevaluasi dan mensintesis
informasi, ide dan masalah baru
6) Memperkuat
keterampilan berpikir kritis
b)
Sasaran afektif
a)
Mengembangkan minat terhadap
pelajaran dan bidang ilmu
b)
Memperoleh apresiasi untuk
pertimbangan moral dan etika yang relevan dengan bidang ilmu tertentu.
c)
Meningkatkan intelektual dan
integritas
d) Mendapatkan
kemampuan untuk belajar dan menerapkan materi pengetahuan.
Trianto (2007:135) menerangkan:
Sasaran
utama kegiatan pembelajaran inquiry
adalah (1) keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar;
(2) keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran;
dan (3) mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan
dalam proses inquiry.
Apabila
dilihat dari pendapat di atas mengenai
tujuan dari metode pembelajaran Inquiry
yakni diharapkan setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan
metode Inquiry ini dapat memperoleh
banyak pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan suatu pengamatan yang
nantinya mereka temukan di berbagai mata pelajaran yang lain selain itu siswa
akan lebih mandiri dalam mengerjakan suatu soal misalnya tidak tergantung pada
orang tua atau bantuan guru karena mereka telah terbiasa mencari jawabannya
sendiri dan oleh karena itu siswa akan lebih mandiri, pengetahuannya pun akan
selalu bertambah karena mereka ingin selalu mencari dan mencari informasi yang
belum mereka ketahui.