Model
pembelajaran inquiry atau penemuan
adalah cara penyajian pelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru (Sumantri, 2001: 164).
Inquiry adalah suatu proses untuk memperoleh dan
mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dan atau eksperimen untuk
mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan
masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis (Carlin, 2003). Inquiry sebenarnya merupakan prosedur
yang biasa dilakukan oleh ilmuwan dan orang dewasa yang memiliki motivasi
tinggi dalam upaya memahami fenomena alam, memperjelas pemahaman, dan
menerapkannnya dalam kehidupan sehari-hari (Janetta, 2005).
Kendatipun model pembelajaran ini berpusat pada
kegiatan peserta didik, namun guru tetap memegang peranan penting sebagai
pembuat desain pengalaman belajar. Guru berkewajiban menggiring peserta didik
untuk melakukan kegiatan. Kadang kala guru perlu memberikan penjelasan, melontarkan
pertanyaan, memberikan komentar, dan saran kepada peserta didik. Guru
berkewajiban memberikan kemudahan belajar melalui penciptaan iklim yang
kondusif, dengan menggunakan fasilitas media dan materi pembelajaran yang
bervariasi.
Sa’ud (2011:169) menerangkan:
Asas
inkuiri merupakan proses pembelajaran berdasarkan pada pencarian dan penemuan
melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuan bukanlah sebuah fakta
hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dan proses menemukan sendiri. Tindakan
guru bukanlah untuk mempersiapkan anak untuk menghafalkan sejumlah materi akan
tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa menemukan sendiri materi
yang harus dipahaminya. Belajar merupakan proses mental seseorang yang tidak
terjadi secara sistematis, akan tetapi perkembangan diarahkan pada intelektual,
mental emosional, dan kemampuan individu yang utuh.
Bangkititaherawati
(2012) mengemukakan:
Metode
inquiry menurut David L. Haury dalam
artikelnya, Teaching Science Through Inquiry (1993) mengutip definisi
yang diberikan oleh Alfred Novak: inquiry
merupakan tingkah laku yang terlibat dalam usaha manusia untuk menjelaskan
secara rasional fenomena-fenomena yang memancing rasa ingin tahu. Dengan kata lain, inquiry berkaitan dengan aktivitas dan keterampilan aktif yang
fokus pada pencarian pengetahuan atau pemahaman untuk memuaskan rasa ingin tahu
(Haury, 1993).
Berdasarkan penerangan di atas, jadi
model inkuiri adalah suatu proses pembelajaran dimana siswa mencari sendiri
jawaban atas pertanyaan yang diajukan dengan tujuan melatih intelektual siswa
dalam pembelajarannya yang didasari dengan rasa ingin tahu mereka.