Menurut Hosnan (2014) ciri atau karakteristik
pembelajaran Discovery antara lain sebagai berikut :
a.
Mengeksplirasi
dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menghubungkan dan menggeneralisasi
pengetahuan
b.
Berpusat
pada siswa
c.
Kegiatan
untuk menggabungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada.
Sedangkan menurut
Bell, Metode pembelajaran discovery memiliki tujuan untuk melatih siswa
untuk mandiri dan kreatif. Antara lain sebagain berikut (Hosnan, hlm. 2014) :
a.
Dalam
penemuan siswa memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam
pembelajaran .
b.
Melalui
pembelajaran dan penemuan, siswa belajar menemukan pola dalam situasi konkrit
maupun abstrak, juga siswa banyak meramalkan (extrapolate) informasi tambahan
yang diberikan.
c.
Siswa
belajar menumuskan strategi tanya jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya
jawab untuk memperoleh informasi yang bermanfaat dalam menemukan.
d.
Pembelajaran
dengan penemuan membantu siswa membentuk cara kerja bersama yang efektif,
saling membagi informasi, serta mendengar dan menggunakan ide-ide orang lain.
e.
Terdapat
beberapa fakta yeng menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep
dan prinsip-prinsip yang dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
f.
Keterampilan
yang dipelajari dalam situasi belajar penemuan dalam beberapa kasus, lebih
mudah di transfer untuk aktifitas baru dan diaplikasiakan dalam situasi belajar
yang baru.
Bell (hosnan, 2014 hlm. 284) mengemukakan
beberapa tujuan spesifik dari pembelajaran dengan penemuan, yakni pada tabel
berikut
Tabel 2.1
Tabel Tujuan Metode Discovery Learning
NO
|
Tujuan Metode Discovery Learning
|
1
|
Dalam penemuan siswa
meilki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran
|
2
|
Melaluai
pembelajaran dengan penemuan, siswa menemukan pola dalam situasi konkret
maupun abstrak juga siswa banyak meramalkan informasi tambahan yang
diberikan.
|
3
|
Siswa juga belajar
merumuskan strategi tanya jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya jawab
untuk memperolah informasi yang bermanfaat untuk menemukan.
|
4
|
Pembelajaran dengan
penemuan, membantu siswa membentuk cara kerja yang efektif, saling membagi
informasi, serta mendengar dan menggunakan ide-ide orang lain.
|
5
|
Terdapat beberapa
fakta yang menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep dan
prinsip-prinsip yang dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
|
6
|
Keterampilan yang
dipelajari dalam situasi belajar penemuan dalam beberpa kasus, lebih mudah diransfer
untuk aktifitas baru dan diaplikasikan dalam situsi belajar yang baru.
|
Sumber : Bell (Hosnan, 2014, hlm. 284)
Dari penjelasan tujuan
metode Discovery Learning di atas, dapat diketahui bahwa dalam
pembelajaran yang mengguanakan metode Discovery Learning siswa diberi
kesempatan untuk aktif melatih siswa untuk menemukan konsep-konsep baru demi
mendukung perluasan ilmu pengetahuan khususnya dalam pembelajaran IPS.