Aspek Pasar
Aspek pasar merupakan salah satu aspek yang berkenaan
mengenai kondisi pasar dari bidang usaha yang di jalankan, dan merupakan urutan
pertama bila akan menyusun suatu laporan Studi Kelayakan Bisnis.
Aspek pasar adalah inti dari penyusunan Studi
Kelayakan Proyek, karena permintan pasar terhadap produk/jasa merupakan dasar
untuk menyediakan sebuah usaha. Oleh karena itu studi mengenai Aspek Pasar
bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap produk/jasa yang akan
disediakan dan menempatkan produk/jasa yang akan dipasarkan pada posisi yang
menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan.
Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar
terhadap produk/jasa yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan dan
strategi pesaing dalam memasarkan produk/jasanya, sehingga bisa dirancang
metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.
Hal yang tak
kalah pentingnya adalah analisa mengenai pangsa pasar yang akan diperoleh
dengan mempertimbangkan tingkat permintaan, penawaran dan program pemasaran
yang akan diterapkan.
Untuk
melakukan penelitian mengenai Aspek Pasar perlu dilakukan studi secara informal
dan formal. Penelitian secara informal bisa dilakukan dengan melakukan tes
pasar di rencana lokasi proyek. Tes pasar dilakukan dengan menyebar brosur atau
membuat spanduk yang mengiklankan produk/jasa kita. Dari spanduk dan brosur
yang disebar dapat diketahui respon pasar terhadap produk/jasa yang akan
ditawarkan.
Melakukan
analisis mendalam pada aspek pasar adalah bagian penting dari setiap pengembangan
atau pembukaan sebuah usaha. Mengetahui nilai profitablitas bisnis melalui
analisis pasar dan pemasaran adalah variable penting untuk menunjang keputusan
berbisnis. Fokus evaluasi aspek pasar & pemasaran ini mencakup 3 hal pokok,
yaitu memperoleh gambaran mengenai :
>
Permintaan pasar atas jasa yang akan didirikan
>
Persaingan dan pangsa pasar
>
Faktor lingkungan ekstern dan ekonomi makro yang dapat mempengaruhi permintaan
atas kebutuhan jasa tersebut.
· Tujuan
Perusahaan dalam Pendirian Rumah Sakit Jantung:
Dengan melihat belum adanya sebuah rumah
sakit jantung, maka peluang dalam pembangunan Rumah Sakit ini dinilai memiliki
prospek yang cukup baik, dimana pada situasi saat ini daya kekebalan tubuh pada
tiap orang berbeda sehingga perlu adanya pemulihan untuk dapat menjaga
kesehatan. Di rumah sakit yang akan kami bangun ini, memiliki keunggulan
keunggulan yang tidak kalah dengan Rumah Sakit yang telah lama berdiri. Kami
memiliki tujuan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik tanpa memandang
kalangan pasien. Karena sebuah pelayanan merupakan front liner untuk menarik
banyak minat masyarakat agar mempercayakan pelayanan kesehatannya pada Rumah
Sakit kami.
· Permintaan
dan penawaran:
Permintaan
dalam kebutuhan kesehatan masyarakat untuk sekarang ini dinilai memiliki
peluang yang baik untuk mendirikan Rumah Sakit Umum dikawasan ................................
ini, karena cuaca yang sulit diprediksi membuat sebagian orang lebih
memperhatikan kesehatannya, sehingga permintaan dalam memenuhi kebutuhan
kesehatan masyarakat ................................ ini cenderung naik
signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu Rumah Sakit Umum RsL ................................
ini mencoba untuk dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat sehingga dapat sadar
akan kesehatan terutama untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Kami mencoba
untuk menyediakan alat kesehatan yang banyak diperlukan masyarakat saat ini,
terutama untuk beberapa penyakit yang masih sulit ditemukan alat kesehatannya
di .................................
Ditahun
sebelumnya dan mungkin hingga saat ini yang saya lihat dari perkembangan rumah
sakit yang ada di ................................ ini cenderung masih minim
alat kesehatannya sehingga tidak jarang pasien yang dilarikan ke rumah sakit
diluar .................................
Untuk
itu, ini menjadi acuan kami dalam membangun rumah sakit yang ada di ................................
dengan memenuhi banyak alat kesehatan yang dinilai diperlukan untuk berbagai
macam penyakit yang masih jarang ditemui alat kesehatannya di .................................
Sedangkan
penawaran yang kami tawarkan untuk dapat menarik minat banyak pasien dan
masyarakat sekitarnya dapat berupa menyajikan berbagai macam alat kesehatan dan
tenaga medis juga pelayanan terbaik dengan petugas yang profesional dibidangnya
sehingga dapat memberikan rasa nyaman apabila masyarakat berobat di rumah sakit
kami. Kami juga menyediakan design kamar untuk rawat inap dengan menarik untuk
menambah kenyamanan saat pasien harus dirawat di rumah sakit kami.
· Segmentasi
pasar
Segmentasi
pasar (pengelompokan pasar) adalah proses pembagian pasar dalam kategori jenis
atau segmen pelanggan. Ada berbagai cara untuk menyusun segmen pasar, antara
lain:
1. Berdasarkan Geografis. Kawasan ................................
merupakan kawasan yang berada di dataran rendah dengan kondisi cuaca yang sulit
untuk diprediksi, sehingga dalam mendirikan rumah sakit di daerah ini merupakan
alasan yang baik untuk membantu masyarakat ................................ dan
sekitarnya agar dapat mempercayakan kesehatannya pada rumah sakit kami yang
akan dibangun pada kawasan BIC .................................
2. Berdasarkan Demografis. Dalam pendirian
rumah sakit ini tidak memandang faktor usia, pendidikan, status perkawinan dan
lain sebagainya, karena rumah sakit umum ini mencakup bagi semua kalangan baik
dari bayi hingga lansia, orang hamil, penderita penyakit ringan hingga berat.
Kami berusaha untuk dapat merangkul dari semua kalangan dan berbagai jenis
penyakit agar tingkat kesehatan ................................ menjadi lebih
baik lagi.
3. Berdasarkan Psikografis. Karakteristik
konsumen, di dalam segementasi ini pula kami tidak memandang gaya hidup
masyarakat, minat, kelas sosial, sikap, kepribadian dan lain sebagainya. Karena
pada segmen ini, rumah sakit kami mampu menampung pasien dari berbagai macam
gaya hidup. Karena yang menjadi tolak ukur kami pada segmen ini adalah
ketersediaannya alat yang dapat membantu bagi kebutuhan pasien. Sehingga
siapapun pasien dan dari kalangan manapun yang mereka butuhkan adalah
ketersediaan alat kesehatan dan tenaga medis yang mampu membantu kesehatan
pasien.
4. Berdasarkan Perilaku. Dalam segmen ini
merupakan cara konsumen/ masyarakat dalam merasakan jasa yang kami berikan.
Manfaat yang mereka harapkan dari jasa yang kita berikan, alasan mereka untuk
berobat di rumah sakit kami, dan kesetiaan mereka untuk selalu mengunjungi
rumah sakit kami apabila ada masalah dalam kesehatannya.
·
Aspek Pasar :
Berikut ini adalah beberapa aspek pasar dalam
pendirian usaha Rumah Sakit Umum, antara lain:
a. Pasar
Sasaran
Adapun pasar sasaran dari pendirian Rumah Sakit Umum
RsL ................................ ini antara lain:
·
Mampu
menjaring pasien baik dari kalangan bawah, menengah hingga atas untuk dapat mempercayakan
kebutuhan kesehatannya di Rumah Sakit Umum RsL .................................
·
Mampu
menjadi pusat kesehatan percontohan yang ada di kawasan ................................
sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk dapat berobat dirumah sakit kami.
·
Mampu
memberikan pelayanan terbaik tanpa memandang kalangan pasien.
·
Mampu
menyediakan alat kesehatan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan
pasien untuk menarik minat pasien agar tidak perlu ke luar ................................
untuk mendapatkan alat kesehatan yang terbaik.
·
Mampu
menyediakan ruangan penunjang kesehatan yang lebih baik untuk memenuhi
kebutuhan pasien dari semua kalangan.
b. Potensi pasar
Dengan akan dibangunnya Rumah Sakit Umum RsL ................................
maka potensi pasar untuk Rumah Sakit ini dinilai dapat mampu menarik minat
masyarakat untuk dapat mempercayakan kesehatannya di Rumah Sakit ini, karena
potensi pasar untuk minat masyarakat di ................................ ini
cukup baik dalam menjaga kesehatannya. Mereka ingin mendapatkan pelayanan
kesehatan dengan budget yang tidak besar namun bisa mendapatkan pelayanan dan
alat kesehatan yang terbaik.
Jumlah
konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk mau
mempercayakan kesehatannya pada Rumah Sakit ini.
c. Tentang
perkembangan/pertumbuhan penduduk :
Dalam tahap
ini perkembangan dan pertumbuhan penduduk menjadi tolak ukur dalam pengembangan
kemajuan Rumah Sakit RsL Purwakrta, karena apabila pertumbuhan penduduk
meningkat maka taraf kesehatan masyarakatpun harus meningkat. Dari situ,
peluang untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan dapat
lebih diperhatikan lagi.
Daya
minat masyarakat dalam menjaga kesehatan relatif baik untuk di daerah ................................
ini, karena masyarakat ................................ sadar akan pentingnya
kesehatan untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Maka dari itu dalam pemilihan
Rumah Sakit masyarakat ................................ selalu memilih
pelayanan terbaik dan dengan harga yang tidak cukup besar dan dapat dijangkau
oleh semua kalangan.
· Biaya
yang diperlukan dalam Aspek Pasar.
Dalam
tahap mengenal pasar lebih dalam sebelum mendirikan usaha maka diperlukan
adanya biaya penunjang untuk dapat berjalannya operasional perusahaan pada
tahap awal. Dibawah ini merupakan biaya-biaya yang diperlukan pada tahap awal
aspek pasar:
Biaya dalam Aspek Pasar
|
Harga
|
Biaya Survey
|
Rp 2.000.000,00
|