Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pengertian Media



Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang integral dari suatu proses pendidikan di sekolah. Secara harfiah media berarti perantara/pengantar / wahana/penyalur pesan/informasi belajar. Pengertian secara harfiah ini menunjukkan bahwa media pembelajaran merupakan wadah dari pesan yang disampaikan oleh sumber atau penyalurnya yaitu guru pada sasaran atau penerima pesan yakni siswa taman kanak-kanak yang sedang melakukan pendidikan. Sedangkan tujuan penggunaan media pembelajaran adalah suatu proses pembelajaran pendidikan antara seorang pendidik dengan peserta didik yang berlangsung dengan baik.
Dengan demikian media pembelajaran pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai sarana atau prasarana yang dipergunakan untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran, secara khusus media pembelajaran sebagai alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan pengajaran di sekolah.
Sebelum memasuki diskusi dan pembahasan lebih lanjut mengenai pendidikan anak usia dini, sebaiknya didefinisikan lebih dahulu apakah yang dimaksud dengan PAUD itu sendiri. PAUD ialah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir sampai dengan 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal, Mursid, (2015:46).
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosioemosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Tujuan utama diselenggarakannya PAUD yaitu sebagai berikut:
1)     Membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yakni anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengurangi kehidupan di masa dewasa.
2)     Tujuan penyerta: membantu menyiapkan anak mencapau kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Rentang anak usia dini menurut pasal 28 UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun.
Belajar sambil bermain adalah sistem pendidikan yang umum diterapkan di setiap lembaga pendidikan anak usia dini. Sistem ini telah lama diimplementasikan di Indonesia, utamanya diterapkan tokoh pendidikan sekaligus penyayang anak-anak, Pak Kasur yang bernama lengkap Soerjono. Seorang tokoh pendidikan Indonesia Pusat, teori, dan praktik pendidikan yang diterapkan ialah memandu cara mengajar “bermain sambil belajar” yang memandukan kurikulum yang digariskan oleh pemerintah yaitu:

a)     Cara mengajar melalui nyanyian
b)     Membantu alat peraga untuk keperluan sekolah dengan bahan sederhana
c)     Permainan yang dibuat dan diberikan pada anak yang bertujuan untuk keterampilan.
d)     Upacara hormat bendera yang dilakukan setiap pagi sebelum dimulai sekolah.