Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

GAYA PENGASUHAN DAN KEPEMIMPINAN (2)





Pada dasarnya, gaya pengasuhan cara di mana orang tua berkomunikasi (secara verbal dan non verbal) dengan anaknya, yang memungkinkan untuk jenis tertentu akan menentukan hubungan orang tua / anak yang akan dibangun.

Berikut ini didasarkan pada penelitian dan teori Diane Braumrind (dilakukan pada orang tua bekerja dari anak-anak prasekolah). Saya telah diperluas teori ini untuk memasukkan anak-anak dari segala usia dan semua jenis pemimpin, bukan hanya orang tua. Aku telah memberikan nama gaya baru. Saya juga telah menambahkan gaya pengasuhan keempat, yang saya sebut Ghost Parenting dan gaya tambahan, yang saya sebut Dictating Ghost Parent.

Dalam buku ini, saya akan merujuk pada empat jenis tipe dari sudut pandang orangtua. Namun, esensi dapat dengan mudah diterapkan untuk semua jenis pemimpin.

Jenis gaya pengasuhan (gaya ini juga dapat berlaku untuk semua peran kepemimpinan)

Ada empat gaya yang berbeda dari orangtua: Mendikte, Berikat, keset, dan Ghost

Ada tiga subkategori di bawah masing-masing tersebut di atas: Hubungan, Peningkatan Tanggung Jawab dan Peningkatan Otonomi

Catatan: Keempat gaya pengasuhan dapat ditemukan di antara semua tingkat sosial-ekonomi dan di semua bagian dunia.

Gaya pengasuhan Mendikte: "Kontrol aneh", Karena aku bilang begitu ... "

Orangtua Pendikte adalah rendah  dalam hubungan dan keterlibatan. Orangtua mendengarkan sangat sedikit untuk anak dan cenderung mendikte anak untuk melakukan setiap saat. orang tua ini sering menggunakan langkah-langkah eksternal kontrol, seperti kritik, pemukulan, berteriak-teriak dan meremehkan. Negatif selalu dikomentari, positif tidak dikomentari cukup. Anak memiliki sangat sedikit kesempatan untuk membuat keputusan pribadi dan belajar tidak pernah mempertanyakan orang tuanya. Akibatnya, anak biasanya memiliki harga diri yang rendah atau tidak realistis, rasa meningkat diri. Orang tua ini benar-benar percaya bahwa mereka melakukan apa yang terbaik bagi anak - ingat GI2.

Anak-anak dengan orang tua Pendikte:
• Apakah biasanya baik tenang dan terlalu mengalah (untuk menghindari hukuman), atau cemas, tidak bahagia dan mengubah memberontak, terutama saat mereka tumbuh dewasa pada tahun-tahun remaja.
• Tidak bisa membuat keputusan positif sederhana untuk diri mereka sendiri
• Memiliki harga diri rendah
• Dapat berusaha untuk menjadi berprestasi
• penuh keraguan diri

Secara umum, orang tua pendikte dengan sadar dikonsumsi dengan perasaan memegang kendali karena mereka ingin melakukan apa yang terbaik untuk anak mereka. Mereka memiliki pola pikir tertentu bagaimana anak-anak mereka harus tumbuh dan menjadi orang dewasa. Cara berpikir ini biasanya diwariskan dari generasi ke generasi. Sering kali, orang tua pendikte terlalu khawatir dengan "menyelamatkan muka", khawatir tentang apa yang tetangga pikirkan. Mereka juga dapat menjadi pra-sibuk dengan membandingkan kemampuan anak-anak lain dan prestasi itu anak-anak mereka sendiri. Ada juga bisa "hidup perwakilan" pada bagian dari orang tua. Ingat - hidup yg dialami adalah ketika seseorang hidup dalam mimpinya melalui orang lain.

Gaya pengasuhan Bonded parenting: upaya tim antara orangtua dan anak
Bonded Parenting menempatkan tingkat kepentingan tinggi pada mendengarkan titik pandang anak dan memberikan kebebasan anak dalam batas tertentu. Anak bebas untuk mengeksplorasi dan menemukan potensi unik, dan orang tua menjadi penasehat anak; Namun, anak diharapkan untuk memiliki tingkah lakunya. Anak-anak ini memiliki harga diri yang tinggi, sangat otonom dan memiliki potensi tertinggi untuk mencapai "prestasi identitas" James Marcia pada saat mereka menyelesaikan sekolah tinggi. Selain itu, orang tua terikat memvalidasi dan pujian, menonjolkan positif dan membuat pendengar yang besar. James Marcia akan sepenuhnya dibahas dalam Bab 8.


Anak-anak dengan bonded parents:
• Memiliki harga diri yang tinggi
• Memiliki rasa realistis diri
• Merasa yakin dalam membuat keputusan dan mengeksplorasi hal-hal baru
• Menikmati kerja sama

Secara umum, Bonded parent (orang tua berikat) adalah orang-orang otonom dengan harga diri yang tinggi. Mereka sadar bahwa kepentingan anak-anak mereka mungkin sangat berbeda dari mereka sendiri. Mereka membiarkan anak-anak mereka untuk mengekspresikan keinginan mereka sendiri, pendapat dan pandangan. Selain itu, orang tua tersebut yang tidak peduli dengan apa yang tetangga akan berpikir, mereka juga tidak khawatir tentang menjaga dengan Jones '.
Mereka senang untuk merayakan sukacita dan keberhasilan anak-anak lain tanpa membandingkannya dengan prestasi dan kemampuan anak-anak mereka sendiri. Jelas, gaya pengasuhan ini adalah pola asuh yang disukai.

Doormat parenting style (pola asuh Keset) : "Yah ... .OK"
Orangtua jenis ini sekarang tahu cara mengatur batas. Mereka memberikan anak banyak kebebasan karena mereka tidak ingin mengecewakan anak. Para orangtua ini cenderung terlalu baik dan menyerah pada setiap keinginan anak. Anak tidak belajar aturan, batas-batas atau batas. Anak-anak ini sering memanipulasi orangtua dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sering kali, orang tua bertindak lebih seperti teman atau teman dari orang tua. Ketika mereka tumbuh menjadi remaja mereka sering membuat pilihan yang buruk atau dijalankan dengan orang yang salah.

Anak-anak dengan orang tua (Doormat parenting style):
• Memiliki rasa gemetar diri
• tidak yakin dengan batas-batas
• Merasa berhak
• Tidak bisa membuat pilihan positif
• tidak yakin apa yang sesuai dengan usia dan apa yang tidak
• menyinggung orang dewasa lain dengan siapa mereka berinteraksi
• Merasa yakin dalam membuat keputusan dan mengeksplorasi hal baru - Namun, hal ini tidak selalu dari sifat positif
Secara umum, orang tua tipe ini merasa tidak aman dan terlalu khawatir dengan tidak disukai, dan mereka ingin menghindari konflik dan konfrontasi semua biaya. Mereka sering memiliki harga diri yang rendah, dan sering membiarkan diri untuk mengambil menyalahkan atas kesalahan dan masalah lain. orangtua tipe ini membiarkan diri menjadi orang tua yang diusukai. Setelah seluruh berjalan sampai mereka sakit itu, mereka meledak dan tiba-tiba berteriak kepala mereka - bahkan mungkin menjadi mendikte orang tua untuk satu atau dua hari, yang membingungkan semua orang yang terlibat. Kemudian mereka tenang dan merasa sangat bersalah, meminta maaf sebesar-besarnya kepada semua orang, dan kemudian mulai untuk berjalan lagi. Dan begitu seterusnya.

Gaya pengasuhan Ghost: "Di mana mereka?"
Orangtua dengan gaya pengasuhan Ghost adalah lalai secara emosional dan / atau fisik. Mereka tidak terlibat dengan kehidupan anak-anak mereka karena mereka terlalu sibuk dengan urusan mereka sendiri. Kadang-kadang orang tua tipe ini sibuk menjadi CEO dari perusahaan-perusahaan besar, orang tua lainnya adalah pelaku peminum alkohol dan obat-obatan. Tidak ada lampiran, sehingga anak pada dasarnya tersisa untuk mengangkat dirinya untuk sebagian besar, atau berjalan dari satu hal ke depan akan dibangkitkan. Beberapa anak dari orang tua ini benar-benar meningkatkan diri. Anak-anak ini memiliki harga diri sangat rendah dan keterampilan sosial sangat miskin. orang tua menderita gangguan kejiwaan; karenanya, mereka tidak dapat memberikan pengasuhan ke anak-anak mereka.

Anak-anak orang tua tipe Ghots:
• ditinggalkan, diabaikan dan benar-benar terluka
• Sering menjadi "anak-anak tanpa orang tua"
Seorang anak tanpa orang tua adalah anak yang ditempatkan dalam peran orang tua. Sebagai contoh, seorang anak berusia 12 tahun yang datang pulang dari sekolah dan menghabiskan sisa hari dan malam mengurusi adik-adik dengan memiliki untuk memberi makan, memandikan dan membantu mereka dengan pekerjaan rumah mereka. Contoh lain adalah anak yang merawat orang tuanya karena mereka terlalu kuat pada obat-obatan dan / atau alkohol untuk mengurus diri sendiri.

Ada juga orangtua tipe dictating-ghost. Seperti orang tua pendikte, orang tua jenis ini juga memberitahu anaknya apa yang terbaik untuk dia dan bagaimana dia harus menjalani hidupnya. Namun, mereka jarang hadir secara fisik dalam kehidupan anak mereka. Orangtua  ini berkomunikasi dengan anaknya melalui perangkat telekomunikasi. Mereka biasanya sibuk pada perjalanan bisnis atau terlalu terlibat dalam kehidupan dan kegiatan mereka sendiri. Akibatnya, anak-anak memiliki masalah yang sama seperti anak-anak mendikte orang tua. Namun, perilaku memberontak lebih mudah untuk pergi dengan karena orang tua tidak sekitar untuk memeriksa mereka.

Hal terburuk mutlak yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan mencampur dan gaya ini; ini bisa sangat membingungkan bagi anak. Misalnya, suatu hari orang tua adalah seorang diktator tua dan berikutnya ia adalah keset induk. Masalah lain adalah ketika salah satu orangtua diktator tua dan yang lainnya adalah keset induk. Anak selalu bermain kedua ujungnya terhadap yang lain. Hal ini sangat penting bagi kedua orang tua untuk berada di halaman yang sama.

Bagaimana orang tua dari masing-masing gaya bereaksi terhadap hal-hal berikut:
Skenario 1: A 10-tahun-gadis berjalan ke dapur berpakaian untuk sekolah, memakai lipstik merah terang seperti Marilyn Monroe.
orang tua pendikte akan: memberitahu anak untuk melepas lipstik segera, kemudian mengambil lipstik dari anak, tidak pernah mengembalikannya.

Keset induk akan: memberitahu anak bahwa dia terlalu muda untuk memakai lipstik dan untuk menyenangkan melepasnya. Kemudian dialog berikut akan terjadi:
Anak: "Tapi ibu, ayolah, semua gadis mengenakan lipstik."
Parent: "Tidak, Sayang, kau terlalu muda. Anda bisa memakai lipstik ketika Anda
 berada di tinggi sekolah. "
            Anak: "Ayo. Ibu, tolong beritahu saya memakainya. "
Parent: "Oh. Baiklah. "
Orang tua ghost akan: tidak melihat lipstik dan karenanya mengatakan atau melakukan apa-apa
Orangtua doormat akan: memberitahu anak bahwa dia terlalu muda untuk memakai lipstik cerah tersebut dan untuk menyenangkan mencucinya. Kemudian dialog berikut akan terjadi.
Anak: "Tapi ibu, ayolah, semua gadis mengenakan lipstik."
Parent: "Itu adalah bisnis mereka, bukan milik kita."
Anak: "Silakan, Bu, biarkan aku memakainya."
Parent: "Tidak, Anda dapat memakai beberapa gloss bibir cherry Sebaliknya jika Anda ingin tapi merah Lipstik harus dibersihkan sekarang. "
Perhatikan bahwa kompromi yang cocok disarankan: Namun, anak tidak mendapatkan cara-nya.

Skenario 2: Anda 14-tahun ingin menghadiri pesta malam Jumat di rumah salah satu teman sekelasnya. Anda telah mendengar beberapa rumor negatif tentang keluarga dan lingkungan di mana mereka tinggal.

Diktator orangtua akan berkata:.. "Tidak, Anda mungkin tidak pergi, aku tidak tahu bahwa keluarga dan ujian yang datang dalam beberapa minggu, Anda perlu belajar.

Keset orangtua akan berkata:. "OK, tapi aku mendengar beberapa hal-hal buruk tentang lingkungan yang jika terlihat seperti mungkin ada masalah, segera pergi.

hantu tua akan mengatakan: tidak ada; orang tua tidak menyadari bahwa anak tersebut menghadiri pesta. Anak itu tidak mungkin untuk bahkan menyebutkan kepada orang tuanya dan hanya akan pergi jika dia ingin.

orang tua berikat akan berkata: "Ijinkan saya berbicara dengan orang tua untuk melihat siapa yang akan mendampingi partai dan kegiatan apa yang akan terjadi." Orangtua terikat juga akan melewati lingkungan dan mendapatkan rasa lingkungan.

berpikir tentang bagaimana masing-masing gaya pengasuhan akan berhubungan dengan situasi kasus berikut:
- Anak berusia 7 tahun terletak sekitar mencuri satu pak permen karet dari toko
- Anak berusia 8 tahun marah dan menggigit teman sekamarnya untuk menggunakan kuasnya
- Anak berusia 13-tahun marah, berteriak "Aku benci kamu" dan membanting pintu
- Anak berusia 12 tahun menangis di tempat tidur karena dia tidak punya teman
- Anak berusia 16 tahun merokok tertangkap
- Anak berusia 15 tahun ingin mendapatkan pekerjaan setelah sekolah
- Anak berusia 9 tahun ingin sepeda mini bermotor untuk ulang tahun
- Anak berusia 14 tahun (dengan riwayat menjadi siswa dengan nilai bagus) gagal tiga mata pelajaran.
- Seorang mahasiswa bentuk 3 menegaskan bahwa ia putus sekolah menengah (terlepas dari hasil ujiannya) dan pergi ke sebuah sekolah pelatihan mekanik mobil
- Anak berusia 11 tahun menolak untuk mencuci tangan sebelum dia makan karena dia hanya tidak dalam mood

dua pertanyaan singkat ..
Apa gaya pengasuhan yang lazim dalam sistem keluarga yang disfungsional?
Apa gaya pengasuhan telah melindungi anak-anak rumah terkena sebelum datang ke rumah penampungan?

Kualifikasi Negatif
kualifikasi negatif adalah istilah Diana lain. Kualifikasi negatif adalah kata-kata negatif atau komentar dibicarakan dalam konteks sesuatu yang telah dilakukan secara tidak benar atau tidak pantas, seperti "salah", "Tidak baik", "buruk" "tidak benar", "Anda melewatkan lagi", "apa yang Anda berpikir ", dll

kata dan komentar seperti (bahkan bila dilakukan dengan nada suara yang bagus) dapat memiliki efek negatif pada harga diri seseorang, terutama bagi seseorang yang sedang berjuang dan karena itu sering salah.
Jadi apa yang Anda katakan ketika seorang anak tidak mengeja kata dengan benar? Alih-alih mengatakan "salah", cobalah mengatakan "mari kita coba lagi".

Lain kata / ungkapan untuk menggantikan kualifikasi negatif termasuk
"memungkinkan kembali ini", "periksa", "Apa yang terjadi", "apa yang mungkin menjadi cara lain", "Mari kita melihat lagi", memungkinkan karya ini keluar ", dll

Benar, anak-anak perlu menyadari kesalahan mereka dan tidak sehat tindakan / pilihan; Namun, ini tidak berarti mereka harus terus-menerus memukul di kepala dengan kualifikasi negatif dan komentar merendahkan.

Apa yang akan Anda katakan jika seorang anak melakukan berikut? (Ingat, tidak ada kualifikasi negatif diperbolehkan)

- Anda empat tahun berjalan ke ruang gembira bahwa ia mengenakan sepatu dan mengikat mereka semua oleh dirinya sendiri. Anda melihat bahwa dia memakai mereka pada kaki yang salah.
"pekerjaan bagus, Johnny, Anda seperti anak laki-laki besar. Mari kita periksa."

jika orang tua berkata, "pekerjaan bagus, tetapi Anda memiliki sepatu Anda pada kaki yang salah". maka komentar tentang sepatu berada di kaki yang salah menghapus pujian awal dan karenanya menyebabkan anak merasa tidak memadai / tidak aman. ia telah gagal dalam usahanya untuk menjadi mandiri.

- Anda mendengar anak gadis 12 tahun Anda berbicara kepada temannya di telepon. dia menggunakan setiap kata vulgar untuk diketahui sebagai manusia.

"Cindy Saya dengar kamu menggunakan bahasa yang tidak pantas yang saya belum pernah mendengar kamu gunakan sebelumnya. Mari kita bicara tentang apa yang sepantasnya."

orangtua menjelaskan bahwa ini tidak dapat diterima tanpa mengkritik atau meremehkan anak. Selain itu, orangtua mengajak komunikasi dengan mengatakan "Mari kita bicara tentang hal itu."

Sekali lagi, anak-anak akan lebih sulit. Perbesar bertahan di sana, karena beberapa masih akan dapat diarahkan dengan waktu. Mari kita juga ingat betapa pentingnya untuk menciptakan riak (Lihat bagian Teruskan)

Pertanyaan Reflektif
- Apa jenis gaya pengasuhan yang Anda terkena sebagai seorang anak? Bagaimana mungkin pengaruh ini cara Anda bekerja dengan anak-anak di tempat kerja?
- Apa jenis gaya pengasuhan yang anda gunakan atau telah digunakan dengan anak-anak biologis Anda dan anak-anak untuk siapa Anda peduli di rumah penampungan?
- Apa yang Anda yakini hasil yang positif dan tidak begitu positif gaya pengasuhan Anda?
- Apa saja kualifikasi negatif yang Anda cenderung menggunakan ketika mengoreksi anak-anak? Dapatkah Anda menggantinya dengan kata yang lebih menggembirakan?
- Apa aspek gaya pengasuhan Anda ingin Anda meningkatkan? Bagaimana anak-anak akan mendapatkan keuntungan dari ini? Apa rencana tindakan Anda untuk mencapai hal ini?

Terus berlatih dan ingat bahwa ada mungkin tidak akan ada perubahan nyata dalam waktu dekat; Namun dari waktu ke waktu, mereka akan mulai merasakan bahwa Anda terhubung dengan mereka dengan cara yang lebih mendukung.