Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pengaruh Internet terhadap Akhlak



Dalam lingkungan pergaulan maka anak-anak harus mewaspadai media elektronik dan komunikasi, TV, DVD player, internet, dan telepon seluler, semuanya adalah ibarat pedang bermata dua. Begitu besar pengaruhnya baik laki-laki maupun perempuan.[1] Berbagai fenomena prilaku peserta didik dewasa ini seperti tawuran, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, perilaku seksual yang menyimpang dan dekadensi moral.
Berbagai problem yang amat kompleks sebagai akibat perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi seperti di atas, selain berdampak pada akhlak yang bergeser, juga berdampak dalam dunia pendidikan khususnya dalam lingkup sekolah.[2]
Teknologi mengubah masyarakat, kepercayaan, adat istiadat, dan organisasinya, sehingga disesuaikan dengan tuntunan dan kepentinagn teknologi. Begitu besarnya pengaruh teknologi, akibatnya ialah teknologi memisahkan manusia dari tujuan karyanya dan dengan demikian menimbulkan dampak terhadap masyarakat dimana ia hidup, teknologi menjadi tidak compatible (tidak runtun dan harmanonis) dengan nilai-nilai kemanusiaan.[3]
Salah satu fenomena yang sekarang sedang berkembang kita hadapi adalah menipisnya akhlak dan moral. Hal itu terjadi hampir di semua lapisan masyarakat terutama pada generasi muda sekarang karena perubahan sikap lebih mudah terjadi di kalanagan generasi muda dibandingkan generasi tua, bahkan tidak tertutup kemungkinan anak-anak sekolah dasar khususnya.
Berdasarkan kedua pendapat di atas, dapat dijelaskan bahwa terdapat kaitan atau pengaruh antara Internet terhadap Akhlak. Karena penyalahgunaan Internet bisa mengakibatkan bergesernya akhlak dan moral generasi muda. Zaman modern perkembangan Iptek sangat pesat sehingga banyak hal yang telah terjadi terutama dalam hal pergaulan para generasi muda sekarang.


[1] Fauzi, Rahman, m, .Op. Cit., :106
[2] Drs. Tohirin, Op. Cit. :3
[3] Muhammad, Tholhaha, Hasan. 2004. Islam dan Masalah Sumber Daya Alam, Jakarta Selatan : Lantabora Press hlm : 161