Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Internet Sebagai Media Informasi dan Komunikasi



Internet adalah medium komunikasi. Hakekat medium/media dalam ilmu komunikasi adalah yang digunakan sebagai alat (channels) untuk menyampaikan pesan (message) dari komunikator kepada audience/komunikan. Astrid S. Susanto mengartikan media sebagai berikut “Media adalah saluran yang digunakan dalam pengoperan proses lambang - lambang”[1]
 Pengertian lain tentang media komunikasi adalah alat perantara dalam proses penyampaian isi pernyataan (message) dari komunikator kepada komunikan atau penyampaian umpan balik (feedback) dari komunikan kepada komunikator (media komunikasi disini adalah social networking).[2]
Penggunaan internet sebagai media komunikasi sudah berlangsung lama, ditandai dengan adanya berbagai pemanfaatan internet tidak hanya sebagai media komunikasi, namun juga sebagai bentuk promosi suatu perusahaan, penjualan produk atau sebagai portofolio suatu perusahaan.
Kemudahan dan tak terbatasnya ruang dan waktu yang membuat internet menjadi suatu yang penting. Media komunikasi yang dahulu sekarang berubah total menjadi berformat digital. Kehadiran internet sebagai media komunikasi ditandai dengan hadirnya warung internet yang semakin menjamur, penjualan komputer yang semakin meningkat melebihi penjualan televisi, serta sosial networking yang semakin menguasai medan komunikasi daripada komunikasi tatap muka.


[1] Astrid S.Susanto, Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek. (Bandung : Bina Cipta,1988). hlm 31.
[2] Hoeta Sochoet, Media Komunikasi, (Jakarta: Yayasan Kampis Tercinta IISIP, 2003). hlm 1.