Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pembelajaran Bahasa Indonesia



Menurut Purwanto (2007:4) dalam metodologi pengajaran Bahasa Indonesia, menyebutkan bahwa bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (berkomunikasi), saling berbagi pengalaman, saling belajar dari orang lain, memahami orang lain, menyatakan diri, dan meningkatkan kemampuan intelektual. Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, mempertinggi kemampuan berbahasa, dan menumbuhkan sikap positif terhadap Bahasa Indonesia.
Purwanto (2007:4) juga menyebutkan ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia meliputi: a) Penguasaan Bahasa Indonesia; b) Kemampuan memahami; c) Keterampilan berbahasa/menggunakan bahasa untuk segala macam keperluan; d) Apresiasi sastra.
Menurut Purwanto (2007:5) pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki tujuan, antara lain:
1) Tujuan umum
  1. Siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara.
  2. Siswa memahami bahasa dari segi bentuk, makna, dan fungsi, untuk bermacam tujuan/keperluan dan keadaan.
  3. Siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual (berpikir kreatif, menggunakan akal sehat, menerapkan pengetahuan yang berguna; memecahkan masalah, kematangan emosional, dan sosial).
  4. Siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluan wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
2) Tujuan khusus
  1. Tujuan khusus dalam lingkup kebahasaan
1)   Siswa memahami cara penulisan kata-kata berimbuhan, kata ulang, dan tanda baca dalam kalimat.
2)   Siswa memahami bentuk dan makna imbuhan.
3)   Siswa memahami ciri-ciri kalimat berita dan kalimat perintah.
4)   Siswa memahami ucapan kalimat langsung dan tidak langsung.
5)   Siswa memahami dan dapat mengaplikasikan makna kata umum dan kata khusus.
6)   Siswa memahami dan dapat menggunakan makna ungkapan dan peribahasa.
7)   Siswa memahami perbedaan dan dapat menggunakan sinonim dan antonim.
8)   Siswa mampu membedakan bentuk puisi, prosa, dan drama secara sederhana dan dapat menikmatinya.
9)   Tujuan khusus dalam lingkup pemahaman bahasa
Berdasarkan pengertian di muka, pembelajaran bahasa mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa digunakan manusia untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan kegiatan untuk menambah pengetahuan/informasi dari lingkungan sekitar dan membangun sifat positif terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Blog Archive