Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Hubungan Metode Bercerita dalam upaya meningkatkan Motivasi Penggunaan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak



Metode Bercerita adalah :
1.     Merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan.
2.     Suatu teknik cara yang digunakan oleh pendidik atau orang dewasa untuk menyampaikan isi cerita kepada anak didik.
3.     suatu cara pemberian pelajaran dengan penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap kelas.

Tujuan Metode Bercerita
Melatih daya tangkap, melatih daya konsentrasi membantu perkembangan fantasi, menciptakan suasana senang dalam kelas, membangkitkan minat semangat sikap dan apresiasi pada anak.

MOTIVASI

Motivasi merupakan energi dasar yang terdapat dalam diri seseorang, tiap tingkah laku didorong oleh suatu energi dasar yang disebut instink.
Motivasi diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melaksanakan sesuatu dan merupakandaya penggerak dari dalam diri anak untuk melaksanakan aktivitas tertentu demi tercapai suatu tujuan.
          Jadi metode dan Motivasi sangat berkaitan sekali hubungannya saling bermanfaat. Berdasarkan keterangan di atas maka jelaslah Metode Bercerita sangat penting untuk memotivasi anak mengembangkan kemampuan Bahasa karena metode tersebut sangat disenangi oleh anak, dengan menyenangi isi cerita, akan terdorong untuk bersemangat belajar. Dengan semangat itulah anak akan mengembangkan fantasinya dan imajinasinya.
          Maka sebagai guru Taman Kanak-Kanak, dituntut harus pandai memainkan isi cerita dengan imajinasi dan perasaan gembira, senang, sedih dan seterusnya karena dunia anak adalah dunia dongeng. Dengan demikian maka jelaslah peranan Metode Bercerita sangat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Peranan Metode dan Motivasi
1.     Anak akan termotivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, karena metode bercerita di TK sangat disenangi anak.
2.     Anak akan termotivasi untuk mengembangkan imajinasi dan fantasi karena ada rangsangan dorongan dari guru.
3.     Anak akan termotivasi untuk semangat belajar karena ada dorongan dari luar untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK.
4.     Dengan metode bercerita anak akan melatih daya tangkap untuk mengembangkan pengetahuan dalam kemampuan berbahasa.
5.     Dengan Metode Bercerita anak akan terdorong untuk membangkitkan minat, semangat untuk belajar.

Dalam upaya ini tugas guru adalah memotivasi anak untuk lebih semangat belajar, dengan prinsip bermain sambil belajar, belajar seraya bermain. Sebagai guru yang baik, dituntut untuk kreatif, inovatif dan imajinatif. Agar tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan, maka gurulah yang paling utama untuk memberikan harapan dan semangat anak untuk belajar, dengan kasih sayang tanpa melihat sebelah mata, sehingga anak akan lebih nyaman, senang, gembira karena guru selalu memberikan motivasi kepada anak untuk lebih maju dengan menggunakan berbagai metode.
          Dengan demikian jelaslah hubungan Metode dan Motivasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa menjadi tujuan agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Oleh karena itu berkomunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan bersosialisasi dengan orang lain.
          Hubungan Metode Bercerita dalam upaya meningkatkan motivasi penggunaan kemampuan berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Metode Bercerita adalah merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan memberikan cerita kepada anak secara lisan.

Blog Archive