Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Renang Kelas 8 sms 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                        :  SMP Negeri 
Nama Mata Pelajaran           :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  VIII / 1
Materi Pokok                         :  Pembelajaran Aktivitas Air
Alokasi Waktu                       :  6 JP (6 x 40 menit)

A.  KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Aspek Sikap
Menunjukkan perilaku sportivitas, tanggung jawab, menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.










2.    Aspek Pengetahuan
Memahami pengetahuan tentang keterampilan dasar pembelajaran aktivitas air.









3.   Aspek Keterampilan
Mempraktekkan keterampilan dasar pembelajaran aktivitas air

·   Berperilaku sportivitas dalam bermain.
·   Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
·   Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
·   Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
·   Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

·   Menjelaskan cara renang gaya bebas dengan berbagai gerak dasar fundamental (gerakan kaki,gerakan tangan,dan pengambilan napas) Pembelajaran aktivitas air dengan benar.
·   Menjelaskan cara Melakukan gerakan kaki renang gaya bebas dengan benar.
·   Menjelaskan cara melakukan gerakan tangan renang gaya bebas dengan benar.
·   Menjelaskan cara melakukan pengambilan napas,renang gaya bebas dengan benar
·   Menjelaskan cara perlombaan renang gaya bebas 25 meter dan 50 meter.

·   Mempraktekkan gerak dasar fundamental gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi benar
·   Mempraktekkan teknik gerakan tangan renang gaya bebas dengan benar
·    Mempraktekkan gerak dasar melakukan pengambilan napas,renang gaya bebas dengan benar
·   Melakukan perlombaan renang gaya bebas 25 meter dan 50 meter.


C.   TUJUAN            
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.   Menunjukkan perilaku sportivitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
2.   Memahami cara melakukan pengenalan di air di kolam renang dengan benar.
3.   Memahami cara melakukan teknik gerakan kaki di kolam renang dengan benar.
4.   Memahami cara melakukan teknik gerakan lengan renang gaya bebas dengan benar.
5.   Memahami cara melakukan teknik gerakan mengambil napas renang gaya bebas dengan benar.
6.   Melakukan pembelajaran teknik gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
7.   Melakukan pembelajaran teknik gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
8.   Melakukan pembelajaran teknik gerakan mengambil napas renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.

D.   MATERI  PEMBELAJARAN      :  Pembelajaran aktivitas air (Renang Gaya bebas)

E.    MEDIA  PEMBELAJARAN
·     Kolam renang
·     Stop Wacth
·     Peluit
·     Formulir penilaian

G.     SUMBER  BELAJAR   
·     Media cetak
ü Buku pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas VIII Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.

H.      LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·     Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·     Menjelaskan tujuan pembelajaran.
·     Melakukan pemanasan pengenalan air.

2.   Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
·      Membaca informasi dan membuat catatan tentang konsep keselamatan dan keterampilan dasar renang gaya bebas
·      Mencari informasi lain dan membuat catatan tentang konsep keselamatan dan keterampilan dasar  renang gaya bebas dan gaya bebas dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
·      Mengamati perlombaan renang secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang konsep keterampilan dasar renang gaya bebas.

Menanya
·      Mempertanyakan tentang  konsep keterampilan dasar renang gaya bebas, misalnya ; apakah tingkat kecemasan mempengaruhi kemampuan berenang?, apakah kemiringan tubuh di dalam air mempengaruhi gaya mengapung? Apakah ayunan dan tarikan lengan mempengaruhi kecepatan renang.
Mengeksplorasi
·     Melakukan gerakan pengenalan air: duduk di tepi kolam, kedua kaki dimasukkan dalam air, gerakan kaki menendang dilakukan bersama-sama  meningkatkan disiplin, percaya diri, dan memiliki motivasi dengan menunjukkan  keselamatan, kerja sama dan disiplin
·     Melakukan gerakan kaki renang gaya bebas atau gaya bebas berpasangan kedua lengan dipegang teman dengan menunjukkan  keselamatan, kerja sama dan disiplin
·     Melakukan gerakan lengan renang gaya bebas kedua kaki dipegang teman dengan menunjukkan  keselamatan, kerja sama dan disiplin.

Mengasosiasi
·      Menemukan hubungan penggunaan gaya renang dengan kecepatan berenang
·      Menemukan hubungan aktivitas renang dengan kesehatan tubuh
·      Menemukan hubungan tata tertib di kolam renang dengan kesehatan dan keselamatan

Mengomunikasikan
·      Berenang gaya bebas dengan  menerapkan konsep keterampilan berenang serta menunjukkan sportif,  kerja sama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan renang
·      Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan renang gaya bebas

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)
·     Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·     Melakukan refleksi dan tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
·     Guru menugaskan kepada peserta didik untuk mencatat gerakan renang gaya bebas yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·     Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin. 

Pada proses pembelajarannya dapat digunakan strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode penugasan dan resiprokal/timbal-balik, sebagai berikut :

Ø Strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode tugas/penugasan
ü  Guru membuat dua kartu tugas yang berisi deskripsi materi yang akan dipelajari peserta didik pada minggu berikutnya. Satu kartu tugas untuk dokumen guru, kartu tugas yang satunya ditempelkan di papan pengumuman, guru menugaskan peserta didik untuk membuat kartu tugas dengan cara mencontoh kartu tugas yang dipasang di papan pengumuman. Kartu tugas yang dibuat peserta didik setelah selesai dipelajari harus dikumpulkan untuk dinilai kerajinan, kerapian, dan kebersihannya, sebagai nilai portofolio.
ü  Pada setiap memulai kegiatan inti, guru meminta peserta didik mengambil kartu tugas yang telah dibuat, kemudian menyimak kartu tugas masing-masing sambil mendengarkan penjelasan dan contoh gerakan yang diberikan oleh guru.
ü  Peserta didik kemudian mempelajari tugas pembelajaran dan indikator keberhasilannya yang ada dalam kartu tugas tersebut.
ü  Peserta didik memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas pembelajaran tersebut.
ü  Peserta didik melaksanakan tugas pembelajaran sesuai dengan indikator dan target waktu yang telah ditentukan sendiri.
ü  Bagi peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
ü  Bagi peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba tugas berikutnya.

Ø Strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode resiprokal/timbal-balik
ü  Guru mengatur peserta didik agar berpasang-pasangan.
ü  Guru membagikan bahan pembelajaran yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan.
ü  Peserta didik mempelajari tugas dan indikator keberhasilannya.
ü  Peserta didik membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
ü  Peserta didik melaksanakan tugas dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil melakukan tugas sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.


I.        PENILAIAN HASIL BELAJAR
A.             Teknik dan Bentuk Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
a. Petunjuk Penilaian
Setelah mempelajari materi renang, tugaskan kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas kelompok ini dapat dikerjakan di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk portofolio!

b. Butir Soal Pengetahuan

No
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
Jelaskan cara melakukan pembelajaran gerakan
kaki renang gaya bebas!






2
Jelaskan cara melakukan pembelajaran gerakan
lengan renang gaya bebas!






3
Jelaskan cara melakukan pembelajaran gerakan
mengambil napas renang gaya bebas!






4
Jelaskan cara melakukan pembelajaran koordinasi
gerakan kaki, ayunan lengan dan mengambil napas renang gaya bebas!






5
Jelaskan cara melakukan perlombaan renang gaya bebas menempuh jarak 50 meter!







c. Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
   Skor 4  :         jika peserta didik mampu menjelaskan tentang teknik gerakan kaki, ayunan lengan, dan mengambil napas renang gaya bebas.
  Skor 3  :         jika peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
  Skor 2  :         jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu pertanyaan di atas.
  Skor 1  :         jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan.

2. Penilaian Keterampilan
a. Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diberikan dalam dua bentuk, yaitu penilaian terhadap kesempurnaan/keterampilan sikap/cara melakukan suatu proses gerakan (penilaian sikap) dan penilaian produk dari gerakan tersebut (diambil ketepatan waktu melakukan gerakan).


b. Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
1) Lakukan pembelajaran gerakan renang gaya bebas menempuh jarak 25 meter dan 50 meter! Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk).

Penilaian Keterampilan Gerak
Nilai
Akhir
Keterangan
Penilaian Proses
Penilaian Produk
(Tes renang gaya bebas)
Sikap awalan gerakan
(Skor 3)
Proses melakukan gerakan
(Skor 4)
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3






















c. Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
1) Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor  :  Pelaksanaan renang gaya bebas menempuh jarak 25 meter (Proses)
   Gerakan kaki
Skor 4 jika
(1)   bila ada aba-aba “Siap” peserta didik mengangkat kedua kakinya ke atas ke arah permukaan air bersama-sama badan, sehingga badan dan kaki lurus pada permukaan air dengan sikap terlentang.
(2)   pada aba-aba “Ya” peserta didik menggerakkan atau menyepak-nyepakkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke bawah.
(3)   gerakan kaki dimulai dari pangkal paha, lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan kibasan ujung kaki.
(4)   gerakannya harus lemas dan tidak kaku, gerakan yang ke atas lebih kuat daripada gerakan yang ke bawah.
Skor 3  : jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2  : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1  : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0  : jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
   Gerakan lengan
Skor 4 jika
(1)   sikap badan tengkurap, muka menghadap ke bawah.
(2)   lengan secara bergantian diayunkan ke atas air melampaui kepala dan masuk ke air dalam di depan kepala agak ke samping.
(3)   setelah tangan masuk ke dalam air, maka dimulailah gerakan menekan dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus di sisi badan.
(4)   untuk memperoleh hasil yang lebih baik hendaknya jari-jari tangan dirapatkan.
Skor 3  : jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2  : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1  : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0  : jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
   Gerakan meluncur
Skor 4 jika
(1)   posisi tubuh tengkurap, sejajar dengan permukaan air dan posisi kaki sedikit di bawah permukaan air.
(2)   posisi kepala dan wajah menghadap ke bawah, sehingga pandangan membentuk arah diagonal dengan kaki.
(3)   wajah berada sedikit di atas permukaan air.
(4)   dada, bahu dan panggul terendam air dan tetap sejajar dengan permukaan air.
Skor 3  : jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2  : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1  : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0  : jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

2) Kriteria Penilaian Produk
Contoh penilaian produk/prestasi renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter).

Perolehan Nilai
Kriteria Pensekoran
Klasifikasi Nilai
Putra
Putri
……… <  15  detik
……… <  20  detik
100 %
Sangat baik
16 – 20  detik
21 – 25 detik
90 %
Baik
21 – 25 detik
26 – 30 detik
80 %
Cukup
26 – 30 detik
31 – 35 detik
70 %
Kurang
……….. >  30  detik
……….. >  35  detik
60 %
Kurang sekali






3. Penilaian Perilaku
1)    Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan aktivitas air. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.

Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 3. (Baik = 3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).

2)    Rubrik Penilaian Perilaku

Perilaku Yang  Dinilai
CEK (√ )
Baik
Sedang
Kurang
1.     Kerja sama



2.     Tanggung jawab



3.     Menghargai teman



4.     Disiplin



5.     Toleransi



Jumlah skor maksimal = 15


REKAPITULASI PENILAIAN

No
Nama Peserta Didik
Aspek-Aspek Penilaian
Keterangan
Spiritual
Sosial
Pengetahuan
Keterampilan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






Dst









Blog Archive