Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pembelajaran Permainan Bola Voli Kelas 8 Sms 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                        :  SMP Negeri 
Nama Mata Pelajaran           :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  VIII / 1
Materi Pokok                         :  Pembelajaran Permainan Bola Voli
Alokasi Waktu                       :  6 JP ( 6 x 40 menit)

A.  KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.   Aspek Sikap
Menunjukkan perilaku sportifitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.









2.   Aspek Pengetahuan
Memahami pengetahuan tentang keterampilan dasar permainan bola besar.




3.   Aspek Keterampilan
Mempraktikkan keterampilan dasar permainan bola besar dengan kontrol yang baik.


·      Berperilaku sportifitas dalam bermain.
·      Bertanggungjawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
·      Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
·      Menunjukkan kemauan bekerja-sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
·      Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.


·      Menjelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental servis bawah permainan bola voli dengan benar.
·      Menjelaskan cara bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan benar.


·      Mempraktikan cara melakukan gerak dasar fundamental servis bawah permainan bola voli dengan benar.
·      Mempraktikan cara bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan benar.






C.  TUJUAN  
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
a.   Menunjukkan perilaku sportifitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
b.   Memahami cara gerak dasar fundamental servis bawah permainan bola voli dengan benar.
c.   Memahami cara bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik servis bawah dengan benar.
d.   Melakukan gerak dasar fundamental servis bawah permainan bola voli dengan koordinasi yang baik.
e.   Bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik servis bawah dengan koordinasi yang baik, dengan menunjukkan perilaku  sportifitas, kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

D.  MATERI PEMBELAJARAN     
Pembelajaran gerak dasar fundamental servis bawah permainan bola voli


E.  MEDIA PEMBELAJARAN
·     Bola voli atau bola sejenisnya
·     Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya
·     Cone (corong) atau sejenisnya
·     Peluit
·     Formulir penilaian


F.   SUMBER BELAJAR      
·     Media cetak
ü  Buku pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas VIII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.
·     Media elektronik
ü  Audio/video visual teknik dasar permainan bola voli
ü  Rekaman/cuplikan pertandingan bola voli

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Melakukan pemanasan yang mengarah pada permainan bola voli seperti: bermain memberikan bola voli secara estafet dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.

2.   Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
·          Berdoa sebelum dan setelah pelajaran
·          Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan   bola  voli (servis bawah,), dan 
·          Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan bola  voli (servis bawah) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau
·          Mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bola voli (servis bawah) dan membuat catatan hasil pengamatan.

Menanya
·          Mempertanyakan tentang gerak fundamental bola voli, misalnya  : bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan tangan dirobah saat melakukan servis bawah? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan servis bawah?
·          Mempertanyakan tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola voli.

Eksplorasi:
·         Melakukan servis bawah dengan berbagai cara  dengan menunjukkan nilai disiplin
·         Melakukan servis bawah dengan berbagai cara secara individu, berpasangan , atau berkelompok dengan menunjukkan nilai disiplin, tolerensi dan kerjasama
·          Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan bola voli (servis bawah) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·          Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan  yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan bola voli (servis bawah)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·          Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan bola voli (servis bawah)  dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi:
·          Menemukan gerak fundamental permainan bola voli (servis bawah) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
·          Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan  jalannya bola
·          Mencari hubungan antara jenis servis dengan sasaran yang hendak di capai
·          Mencari hubungan antara permainan bola voli dengan kesehatan dan kebugaran tubuh

Mengkomunikasikan :
·          Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan bola voli (servis bawah)    serta menunjukkan sportif,  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·         Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
·         Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·         Melakukan refleksi dan tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
·         Guru menugaskan kepada peserta didik untuk mencatat pola gerak fundamental permainan bola voli yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·         Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin. 

Pada proses pembelajarannya dapat digunakan strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode penugasan dan resiprokal/timbal-balik, sebagai berikut :
·     Strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode tugas/penugasan
ü Guru membuat dua kartu tugas yang berisi deskripsi materi yang akan dipelajari peserta didik pada minggu berikutnya. Satu kartu tugas untuk dokumen guru, kartu tugas yang satunya ditempelkan di papan pengumuman, guru menugaskan peserta didik untuk membuat kartu tugas dengan cara mencontoh kartu tugas yang dipasang di papan pengumuman. Kartu tugas yang dibuat peserta didik setelah selesai dipelajari harus dikumpulkan untuk dinilai kerajinan, kerapian, dan kebersihannya, sebagai nilai portofolio.
ü Pada setiap memulai kegiatan inti, guru meminta peserta didik mengambil kartu tugas yang telah dibuat, kemudian menyimak kartu tugas masing-masing sambil mendengarkan penjelasan dan contoh gerakan yang diberikan oleh guru.
ü Peserta didik kemudian mempelajari tugas pembelajaran dan indikator keberhasilannya yang ada dalam kartu tugas tersebut.
ü Peserta didik memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas pembelajaran tersebut.
ü Peserta didik melaksanakan tugas pembelajaran sesuai dengan indikator dan target waktu yang telah ditentukan sendiri.
ü Bagi peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
ü Bagi peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba tugas berikutnya.

·     Strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode resiprokal/timbal-balik
ü Guru mengatur peserta didik agar berpasang-pasangan.
ü Guru membagikan bahan pembelajaran yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan.
ü Peserta didik mempelajari tugas dan indikator keberhasilannya.
ü Peserta didik membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
ü Peserta didik melaksanakan tugas dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil melakukan tugas sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.


H.  PENILAIAN HASIL BELAJAR

a.   Teknik dan Bentuk Penilaian
1.        Penilaian Pengetahuan
Ø  Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!

Butir Soal Pengetahuan
No.
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
0
1
2
3
Σ
1.
Jelaskan cara melakukan teknik dasar permainan bola voli (sikap awal, perkenaan lengan dengan bola dan arah pantulan bola ).







Ø  Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
ü Skor 3    : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar fundamental Servis bawah permainan bola voli.
ü Skor 2    :    jika peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
ü Skor 1    :    jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu pertanyaan di atas.
ü Skor 0    :    jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu disebutkan.

2.        Penilaian Keterampilan
Ø  Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian  proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak dasar permainan bola besar.






Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
1.       Lakukan teknik dasar servis bawah  permainan bola voli!
Penilaian Keterampilan Gerak
Skor Akhir
Keterangan
Penilaian Proses
Jumlah Skor Maksimal
Sikap awal dan kedua lengan (Skor 3)
Perkenaan lengan dengan bola (Skor 4)
Arah pantulan
(Skor 3)
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3















Ø  Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor :  Pelaksanaan servis bawah bola voli (Proses)
  Sikap awal
Skor 3 jika :
o  ambil posisi sikap siap normal.
o  pada saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga lengan diturunkan..
o  tangan dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor 2 jika :
o  hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 jika :
o  hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 jika :
o  tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

  Pelaksanaan gerak
 Skor 4 jika :
o  berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut direndahkan.
o  rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan.
o  dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola.
perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan

Skor 3 :  jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2 :  jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 :  jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 :  jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

  Pelaksanaan akhir (kembali ke sikap semula)
Skor 3 jika :
o  pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
o  badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
o  lengan yang mempassing bola berada di depan dengan posisi badan rileks.

Skor 2 :  jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 :  jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 :  jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

3.        Penilaian Sikap
Ø  Petunjuk Penilaian

 

Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan permainan bola voli. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.


Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3 . (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1)

Ø  Rubrik Penilaian Perilaku

Perilaku Yang  Dinilai
CEK (√ )
Baik
Sedang
Kurang
1.     Kerja sama



2.     Tanggung jawab



3.     Menghargai teman



4.     Disiplin



5.     Toleransi



Jumlah skor maksimal = 15




REKAPITULASI PENILAIAN

No
Nama Peserta Didik
Aspek-Aspek Penilaian
Keterangan
Spiritual
Sosial
Pengetahuan
Keterampilan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






Dst









Blog Archive