Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bola Basket Kelas 8 sms 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMPN 
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                       : VIII / 1
Materi Pokok              : Variasi dan Kombinasi Permainan Bola Basket
Alokasi Waktu                        : 2 Kali Pertemuan ( 6 JP )

A.          Kompetensi Inti
1.           Menghargai dan menghayat ajaran agama yang dianutnya.
2.           Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.           Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.           Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.  Kompetensi Dasar
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Sikap Religius
 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
 a.   Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.

b.   Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir




c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.






·     Memanjatkan doa sebelum dan sesudah    pelajaran

a.   Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.
b.   Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
c.    Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
·     Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.


Sikap sosial :
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.











2.2     Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

2.3     Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.


2.4     Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

2.5     Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.






2.1.1. Mengikuti aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
2.1.2. Menghormati sesama teman dalam melakukan aktivitas.
2.1.3.  Tidak menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
2.1.4. Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
2.1.5. Menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.

2.2.1 Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
2.2.2. Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
2.2.3. Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.

2.3.1. Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
2.3.2. Sebagai anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
2.4.1.  Tidak mengganggu peserta didik yang lain.
2.4.2. Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.

2.5.1  Hadir tepat waktu.
2.5.2 Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
2.5.3. Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
2.5.4. Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.
3.1        Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola besar.










4.1. Mempraktikkan variasi dan kom-binasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan koordinasi yang baik.

3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
3.1.2. Menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.

4.1.1. Melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
4.1.2. Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket dalam bentuk permainan bola basket yang dimodifikasi.
D.        Materi Pembelajaran
1.                           Pertemuan kesatu
a.            Variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dengan operan dari teman.
b.           Variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dari menggiring bola.
2.                           Pertemuan kedua
a.            Variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3.
b.           Variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4.

E.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Kesatu

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.    Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.    Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.    Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.    Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.    Guru mempertanyakan “Siapa pemain bola basket idola kalian?”, Apa jenis keterampilan gerak permainan bola basket?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket.
7.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti

Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.      Mengamati
1)      Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dengan operan dari teman melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)      Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dari menggiring bola melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.

3)                             b.    Menanya
1)      Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dengan operan dari teman, yang dimediasi oleh guru?
2)      Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dari menggiring bola, yang dimediasi oleh guru?

a.      Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)      Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dengan operan dari teman secara berkelompok  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)      Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dari menggiring bola secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
b.      Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara berkelompok menemukan hubungan jenis variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up dengan jarak sasaran tembakan.

c.       Mengomunikasikan
1)      Peserta didik menerapkan keterampilan menembak bola   ke ring basket dalam bermain bola basket dengan peraturan dimodifikasi (setengah lapangan) menggunakan keterampilan gerak tembakan lay up dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama bermain (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis tembakan lay up yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh peserta didik akan menembak dengan tembakan sambil meloncat, jika sasarannya jarak dekat maka peserta didik akan menembak dengan tembakan lay-up.
2)      Guru mengamati jalannya permainan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya bola ditendang dan peserta didik tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.
100 menit

Penutup

1.      Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.      Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.      Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola basket.
4.       Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak menembak bola ke ring basket dalam permainan bola basket, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bola basket, manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.      Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
15 menit

Pertemuan Kedua

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara).
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 2, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket.
6.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti

Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.       Mengamati
1)      Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3 melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)      Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4 melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.

b.      Menanya
1)      Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3, yang dimediasi oleh guru?
2)      Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4, yang dimediasi oleh guru?

c.       Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)      Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3 secara berkelompok  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)      Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi bermain bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4 secara berkelompok  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.

d.      Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara berkelompok menemukan hubungan jenis menembak bola ke ring basket dengan jarak sasaran tembakan.

e.       Mengomunikasikan
1)      Peserta didik menerapkan keterampilan menembak bola ke ring basket dalam bermain bola basket dengan peraturan dimodifikasi (setengah lapangan) mengguna-kan berbagai keterampilan gerak menembak bola ke ring basket dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama bermain (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis tembakan yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh peserta didik akan menembak dengan tembakan jarak jauh, jika sasarannya jarak dekat maka peserta didik akan menembak dengan tembakan lay-up.
2)      Guru mengamati jalannya permainan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya bola ditendang dan peserta didik tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.
100 menit

Penutup

1.       Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.      Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.      Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola basket.
4.      Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak menembak bola ke ring basket dalam permainan bola basket, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bola basket, manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.      Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
15 menit
F.         Penilaian Pembelajaran

1.          Penilaian Sikap Spritual
a.            Jenis/teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.           Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap spritual
Nama                                : ...........................................................
Kelas                                            : ...........................................................
Petugas Pengamatan        : ...........................................................
1)   Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)   Rubrik Penilaian Sikap Spritual

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.




4.
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.





Jumlah skor maksimal = 20





c.            Pedoman penskoran
1)          Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
      tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
                melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)          Pengolahan skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai
Predikat
Nilai Sikap
0,00   ˂   Nilai          1,00
D
KURANG
1,00   ˂    Nilai         1,33
D+
1,33   ˂    Nilai         1,66
C-
CUKUP
1,66   ˂    Nilai         2,00
C
2,00   ˂    Nilai         2,33
C+
2,33   ˂    Nilai         2,66
B-
BAIK
2,66   ˂    Nilai         3,00
B
3,00   ˂    Nilai         3,33
B+
3,33   ˂    Nilai         3,66
A-
SANGAT BAIK
3,66   ˂    Nilai         4,00
A
2.          Penilaian Sikap Sosial
a.            Jenis/teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.           Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap sosial

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                            : ...........................................................
Petugas Pengamatan        : ...........................................................

1)   Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)   Rubrik Penilaian Sikap Sosial

No.
ASPEK
SKOR (1 - 4)
1.
Kerja sama
a.     Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b.     Sebagai anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.     Tidak mengganggu peserta didik yang lain.
d.     Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.

2.
Sportifitas
a.     Mengikuti aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b.     Menghormati sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c.     Tidak menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
d.     Menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.

3.
Tanggung Jawab
a.      Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b.      Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c.      Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.
d.      Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.

4.
Disiplin
a.     Hadir tepat waktu.
b.     Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c.      Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d.     Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.


TOTAL SKOR = 16


c.            Pedoman Penskoran
1)          Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
2)          Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:

Nilai
Predikat
Nilai Sikap
0,00   ˂   Nilai          1,00
D
KURANG
1,00   ˂    Nilai         1,33
D+
1,33   ˂    Nilai         1,66
C-
CUKUP
1,66   ˂    Nilai         2,00
C
2,00   ˂    Nilai         2,33
C+
2,33   ˂    Nilai         2,66
B-
BAIK
2,66   ˂    Nilai         3,00
B
3,00   ˂    Nilai         3,33
B+
3,33   ˂    Nilai         3,66
A-
SANGAT BAIK
3,66   ˂    Nilai         4,00
A

3.          Penilaian Pengetahuan
a.            Jenis/teknik penilaian
Ujian tulis
b.           Bentuk Instrumen dan instrumen
Soal ujian tulis
Nama                                : ...........................................................
Kelas                                            : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.    Sebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!
b.   Sebutkan berbagai variasi dan kombinasi gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket permainan bola basket!

2.
Konsep
a.    Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!
b.    Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring!

3.
Prosedur
a.     Jelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!
b.    Jelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak melempar, menangkap, meng-giring, dan menembak ke ring!


c.            Pedoman penskoran
1)         Penskoran
a)       Soal nomor 1
(1)    Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)    Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)    Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b)      Soal nomor 2
(1)    Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
(2)    Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
(3)    Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(4)    Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)        Soal nomor 3
(1)    Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)    Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)    Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
d)       Soal nomor 4
(1)    Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
(2)    Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
(3)    Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
(4)    Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.

2)         Pengolahan skor
Skor maksimum: 12
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/12 X 4
Rentang nilai pengetahuan:

Nilai
Predikat
0,00 ˂     Nilai          1,00
D
1,00   ˂     Nilai          1,33
D+
1,33   ˂     Nilai          1,66
C-
1,66   ˂      Nilai          2,00
C
 2,00   ˂     Nilai          2,33
C+
2,33   ˂     Nilai           2,66
B-
2,66  ˂      Nilai          3,00
B
3,00  ˂     Nilai           3,33
B+
3,33    ˂    Nilai          3,66
A-
3,66    ˂     Nilai          4,00
A

4.          Penilaian Keterampilan
a.            Lembar pengamatan proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket permainan bola basket.
1)                            Jenis/teknik penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam permainan)
2)                            Bentuk Instrumen dan instrumen
Peserta didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket permainan bola basket yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.


Nama                                  : ...........................................................
Kelas                                              : ...........................................................
Petugas Pengamatan          : ...........................................................

a)       Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
b)      Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak

No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
(3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Sikap  awalan melakukan gerakan



2.
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3.
Sikap akhir melakukan gerakan



Skor Maksimal (9)


3)      Pedoman penskoran
a)       Penskoran
(1)    Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)     pandangan mata ke arah datangnya bola
(b)    badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)     lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2)    Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)     bola didorong dari depan
(b)    kedua lengan lurus ke depan
(c)     badan dicondongkan ke depan
(d)    pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)    Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)     badan tetap condong ke depan
(b)    pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c)     kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

b)      Pengolahan skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:



Nilai
Predikat
0,00 ˂     Nilai          1,00
D
1,00   ˂     Nilai          1,33
D+
1,33   ˂     Nilai          1,66
C-
1,66   ˂      Nilai          2,00
C
 2,00   ˂     Nilai          2,33
C+
2,33   ˂     Nilai           2,66
B-
2,66  ˂      Nilai          3,00
B
3,00  ˂     Nilai           3,33
B+
3,33    ˂    Nilai          3,66
A-
3,66    ˂     Nilai          4,00
A

b.           Lembar pengamatan penilaian hasil variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket permainan bola basket.
1)      Penilaian hasil keterampilan gerak menembak bola ke ring basket
a)       Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak menembak bola ke ring basket yang dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan cara :
(1)    Mula-mula peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2)    Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai menembak bola ke ring basket selama 30 detik.
(3)    Petugas menghitung tembakan yang masuk ke ring basket yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)    Jumlah tembakan yang masuk ke ring basket yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.


b)      Konversi jumlah tembakan yang masuk ke ring basket dengan skor

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 20 masuk
……. > 17 masuk
100%
Sangat Baik
17 – 19 masuk
14 – 16 masuk
90%
Baik
14 – 16 masuk
11 – 13 masuk
80%
Cukup
11 – 13 masuk
8  – 10 masuk
70%
Kurang
…… < 11 masuk
…… < 8 masuk
60%
Kurang Sekali

c.        Penilaian hasil keterampilan gerak menembak bola ke ring basket
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu diberikan pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70% untuk skor keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor keterampilan hasil gerak), maka skor akhir keterampilan gerak adalah :

                        Skor penilaian proses X 70% = .............. ditambah dengan
                        Skor hasil gerak X 30%         = .............. sama dengan ............




d.       Rentang nilai keterampilan gerak:

Nilai
Predikat
0,00 ˂     Nilai          1,00
D
1,00   ˂     Nilai          1,33
D+
1,33   ˂     Nilai          1,66
C-
1,66   ˂      Nilai          2,00
C
 2,00   ˂     Nilai          2,33
C+
2,33   ˂     Nilai           2,66
B-
2,66  ˂      Nilai          3,00
B
3,00  ˂     Nilai           3,33
B+
3,33    ˂    Nilai          3,66
A-
3,66    ˂     Nilai          4,00
A

G.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.                                     Media Pembelajaran :
a.            Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
b.           Model peserta didik atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.

2.               Alat Pembelajaran :
a.            Bola basket atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
b.            Lapangan permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman sekolah).
c.            Rintangan (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu).
d.            Peluit dan Stopwatch.
e.            Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

3.               Sumber Belajar :
a.            Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 12 - 18; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.           Muhajir, dkk, Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Bola basket, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.



Blog Archive