Menurut Sumanto
(2005:119) berkreasi senirupa bagi anak TK selain berupa kegiatan menggambar,
melukis, mencetak, mozaik, montase, kolase, melipat, menggunting juga diberikan
pengenalan keterampilan menganyam. Kegiatan menganyam dilakukan dengan cara
menyusun bagian-bagian bahan (pita) anyaman membentuk suatu motif anyaman atau
membentuk model anyaman. Melalui keterampilan menganyam diharapkan dapat
mengembangkan kompetensi rasa seni, ketekunan, kesabaran, dan kecekatan anak TK
sejalan dengan perkembangan rasa seninya.
Sumanto (2005: 119) menganyam
adalah suatu kegiatan keterampilan yang bertujuan untuk menghasilkan aneka
benda atau barang pakai dan benda seni, yang dilakukan dengan cara saling
menyusupkan atau menumpang tindihkan bagian-bagian pita anyaman secara
bergantian. Lebih lanjut Sumanto (2005: 120) menganyam adalah kegiatan menjalin
pita yang disusun menurut arah dan motif tertentu.
Menganyam diartikan
juga suatu teknik menjalinkan lungsi dengan pakan. Lungsi adalah pita atau
iratan anyaman yang letaknya tegak lurus terhadap si penganyam. Pakan adalah
pita atau iratan yang disusupkan pada lungsi dan arahnya berlawanan atau
melintang terhadap lungsi.
Berdasarkan uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa menganyam dalam penelitian ini adalah kegiatan
yang dilakukan dengan cara saling menyusupkan atau menumpang tindihkan
bagian-bagian pita anyaman secara bergantian.