Setiap pakar atau ahli mempunyai
kekayaan ilmu atau teori dan pengalaman pada bidangnya masing-masing. Perpaduan
antara ilmu teori dengan pengalaman di lapangan merupakan fasilitas bagi
pengembangan praktisi dan professional yang kompeten. Guru PAUD adalah profesi
yang membutuhkan kompeten. Oleh karena itu, guru PAUD harus mempunyai kekayaan
ilmu atau teori dan didukung oleh pengalaman lapangan. Untuk menjadi
professional yang kompeten di bidang PAUD, harus dimulai dengan mempelajari
tumbuh-kembang anak usia dini tersebut.
Dalam hal ini ada
baiknya dipelajari beberapa pendapat dari beberapa ahli, dimana setiap ahli
memberikan aksentuasi atau penekanan pada poin atau bidang yang berbeda.
Berikut ini akan dikemukakan beberapa pendapat para ahli tentang aspek-aspek
perkembangan pada anak usia dini.
Janet Black melihat
bahwa tumbuh-kembang anak melakukan tahap-tahap sebagai berikut:
1.
Tahap infancy I (0-1
tahun). Aspek yang perlu mendapat perhatian pada perkembangan tahap ini adalah:
a)
Perkembangan fisik dan
motorik,
b)
Perkembangan psiko-sosial,
c)
Perkembangan kognitif, dan
d)
Perkembangan bahasa.
2.
Tahap infancy II
(1-3 tahun). Aspek perkembangan pada tahap ini sama dengan tahap infancy I,
hanya saja kematangannya yang berbeda.
3.
Tahap anak umur 4-5 tahun.
Aspek yang perlu dipelajari pada tahap perkembangan ini sama dengan masa infancy.
Walaupun Janet Black melihat aspek perkembangan yang sama pada tahap yang
berbeda, tetapi materi perkembangan yang dipelajari pada setiap tahap berbeda
satu dengan yang lain. Berbeda dengan Janet Black, Papalia dan Olds
berpandangan perkembangan anak usia dini dapat dikategorikan menjadi dua
kelompok.
(a)
Kategori perkembangan fisik
dan intelektual.
a.
Perkembangan fisik
melingkupi.
1)
Pertumbuhan dan perubahan
fisik.
2)
Kesehatan dan masalah
fisik.
3)
Keterampilan motorik.
4)
Pola tidur dan masalahnya.
b.
Perkembangan intelektual
melingkupi: ingatan, kognitif, bahasa, dan perkembangan intelegensia.
(b) Kategori perkembangan kepribadian dan sosial
Berbeda dengan Janet
Black maupun Papalia dan Olds, Elizabeth B. Hurlock berpandangan bahwa perkembangan
anak dapat ditinjau dari aspek masa-masa atau umur tertentu. Adapun aspek-aspek
perkembangan tersebut adalah: perkembangan fisik-motorik, sosial-emosional,
moral keagamaan, dan perkembangan kognitif.