Pada dasarnya, gaya pengasuhan cara di mana orang tua
berkomunikasi (secara verbal dan non verbal) dengan anaknya, yang memungkinkan
untuk jenis tertentu akan menentukan hubungan orang tua / anak yang akan
dibangun.
Berikut ini didasarkan pada penelitian dan teori Diane
Braumrind (dilakukan pada orang tua bekerja dari anak-anak prasekolah). Saya
telah diperluas teori ini untuk memasukkan anak-anak dari segala usia dan semua
jenis pemimpin, bukan hanya orang tua. Aku telah memberikan nama gaya baru.
Saya juga telah menambahkan gaya pengasuhan keempat, yang saya sebut Ghost
Parenting dan gaya tambahan, yang saya sebut Dictating Ghost Parent.
Dalam buku ini, saya akan merujuk pada empat jenis tipe dari
sudut pandang orangtua. Namun, esensi dapat dengan mudah diterapkan untuk semua
jenis pemimpin.
Jenis gaya pengasuhan
(gaya ini juga dapat berlaku untuk semua peran kepemimpinan)
Ada empat gaya yang berbeda dari orangtua: Mendikte,
Berikat, keset, dan Ghost
Ada tiga subkategori di bawah masing-masing tersebut di
atas: Hubungan, Peningkatan Tanggung Jawab dan Peningkatan Otonomi
Catatan: Keempat gaya pengasuhan dapat ditemukan di antara
semua tingkat sosial-ekonomi dan di semua bagian dunia.
Gaya pengasuhan
Mendikte: "Kontrol aneh", Karena aku bilang begitu ... "
Orangtua Pendikte adalah rendah dalam hubungan dan keterlibatan. Orangtua
mendengarkan sangat sedikit untuk anak dan cenderung mendikte anak untuk
melakukan setiap saat. orang tua ini sering menggunakan langkah-langkah
eksternal kontrol, seperti kritik, pemukulan, berteriak-teriak dan meremehkan.
Negatif selalu dikomentari, positif tidak dikomentari cukup. Anak memiliki
sangat sedikit kesempatan untuk membuat keputusan pribadi dan belajar tidak
pernah mempertanyakan orang tuanya. Akibatnya, anak biasanya memiliki harga
diri yang rendah atau tidak realistis, rasa meningkat diri. Orang tua ini
benar-benar percaya bahwa mereka melakukan apa yang terbaik bagi anak - ingat
GI2.
Anak-anak dengan orang tua Pendikte:
• Apakah biasanya
baik tenang dan terlalu mengalah (untuk menghindari hukuman), atau cemas, tidak
bahagia dan mengubah memberontak, terutama saat mereka tumbuh dewasa pada
tahun-tahun remaja.
• Tidak bisa
membuat keputusan positif sederhana untuk diri mereka sendiri
• Memiliki harga
diri rendah
• Dapat berusaha
untuk menjadi berprestasi
• penuh keraguan
diri
Secara umum,
orang tua pendikte dengan sadar dikonsumsi dengan perasaan memegang kendali
karena mereka ingin melakukan apa yang terbaik untuk anak mereka. Mereka
memiliki pola pikir tertentu bagaimana anak-anak mereka harus tumbuh dan menjadi
orang dewasa. Cara berpikir ini biasanya diwariskan dari generasi ke generasi.
Sering kali, orang tua pendikte terlalu khawatir dengan "menyelamatkan
muka", khawatir tentang apa yang tetangga pikirkan. Mereka juga dapat
menjadi pra-sibuk dengan membandingkan kemampuan anak-anak lain dan prestasi
itu anak-anak mereka sendiri. Ada juga bisa "hidup perwakilan" pada
bagian dari orang tua. Ingat - hidup yg dialami adalah ketika seseorang hidup
dalam mimpinya melalui orang lain.
Gaya
pengasuhan Bonded parenting: upaya tim antara orangtua dan anak
Bonded Parenting menempatkan
tingkat kepentingan tinggi pada mendengarkan titik pandang anak dan memberikan
kebebasan anak dalam batas tertentu. Anak bebas untuk mengeksplorasi dan
menemukan potensi unik, dan orang tua menjadi penasehat anak; Namun, anak
diharapkan untuk memiliki tingkah lakunya. Anak-anak ini memiliki harga diri
yang tinggi, sangat otonom dan memiliki potensi tertinggi untuk mencapai
"prestasi identitas" James Marcia pada saat mereka menyelesaikan
sekolah tinggi. Selain itu, orang tua terikat memvalidasi dan pujian,
menonjolkan positif dan membuat pendengar yang besar. James Marcia akan
sepenuhnya dibahas dalam Bab 8.
Anak-anak dengan bonded parents:
• Memiliki harga diri yang tinggi
• Memiliki rasa realistis diri
• Merasa yakin dalam membuat
keputusan dan mengeksplorasi hal-hal baru
• Menikmati kerja sama
Secara umum, Bonded parent (orang
tua berikat) adalah orang-orang otonom dengan harga diri yang tinggi. Mereka
sadar bahwa kepentingan anak-anak mereka mungkin sangat berbeda dari mereka
sendiri. Mereka membiarkan anak-anak mereka untuk mengekspresikan keinginan
mereka sendiri, pendapat dan pandangan. Selain itu, orang tua tersebut yang
tidak peduli dengan apa yang tetangga akan berpikir, mereka juga tidak khawatir
tentang menjaga dengan Jones '.
Mereka senang untuk merayakan
sukacita dan keberhasilan anak-anak lain tanpa membandingkannya dengan prestasi
dan kemampuan anak-anak mereka sendiri. Jelas, gaya pengasuhan ini adalah pola
asuh yang disukai.
Doormat
parenting style (pola asuh Keset) : "Yah ... .OK"
Orangtua jenis ini sekarang tahu
cara mengatur batas. Mereka memberikan anak banyak kebebasan karena mereka
tidak ingin mengecewakan anak. Para orangtua ini cenderung terlalu baik dan
menyerah pada setiap keinginan anak. Anak tidak belajar aturan, batas-batas
atau batas. Anak-anak ini sering memanipulasi orangtua dalam mendapatkan apa
yang mereka inginkan. Sering kali, orang tua bertindak lebih seperti teman atau
teman dari orang tua. Ketika mereka tumbuh menjadi remaja mereka sering membuat
pilihan yang buruk atau dijalankan dengan orang yang salah.
Anak-anak dengan
orang tua (Doormat parenting style):
• Memiliki rasa
gemetar diri
• tidak yakin dengan
batas-batas
• Merasa berhak
• Tidak bisa
membuat pilihan positif
• tidak yakin apa
yang sesuai dengan usia dan apa yang tidak
• menyinggung
orang dewasa lain dengan siapa mereka berinteraksi
• Merasa yakin
dalam membuat keputusan dan mengeksplorasi hal baru - Namun, hal ini tidak
selalu dari sifat positif
Secara umum,
orang tua tipe ini merasa tidak aman dan terlalu khawatir dengan tidak disukai,
dan mereka ingin menghindari konflik dan konfrontasi semua biaya. Mereka sering
memiliki harga diri yang rendah, dan sering membiarkan diri untuk mengambil
menyalahkan atas kesalahan dan masalah lain. orangtua tipe ini membiarkan diri
menjadi orang tua yang diusukai. Setelah seluruh berjalan sampai mereka sakit
itu, mereka meledak dan tiba-tiba berteriak kepala mereka - bahkan mungkin
menjadi mendikte orang tua untuk satu atau dua hari, yang membingungkan semua
orang yang terlibat. Kemudian mereka tenang dan merasa sangat bersalah, meminta
maaf sebesar-besarnya kepada semua orang, dan kemudian mulai untuk berjalan
lagi. Dan begitu seterusnya.
Gaya
pengasuhan Ghost: "Di mana mereka?"
Orangtua dengan gaya pengasuhan Ghost
adalah lalai secara emosional dan / atau fisik. Mereka tidak terlibat dengan
kehidupan anak-anak mereka karena mereka terlalu sibuk dengan urusan mereka
sendiri. Kadang-kadang orang tua tipe ini sibuk menjadi CEO dari
perusahaan-perusahaan besar, orang tua lainnya adalah pelaku peminum alkohol
dan obat-obatan. Tidak ada lampiran, sehingga anak pada dasarnya tersisa untuk
mengangkat dirinya untuk sebagian besar, atau berjalan dari satu hal ke depan
akan dibangkitkan. Beberapa anak dari orang tua ini benar-benar meningkatkan
diri. Anak-anak ini memiliki harga diri sangat rendah dan keterampilan sosial
sangat miskin. orang tua menderita gangguan kejiwaan; karenanya, mereka tidak
dapat memberikan pengasuhan ke anak-anak mereka.
Anak-anak
orang tua tipe Ghots:
• ditinggalkan, diabaikan dan
benar-benar terluka
• Sering menjadi "anak-anak tanpa
orang tua"
Seorang anak tanpa orang tua adalah
anak yang ditempatkan dalam peran orang tua. Sebagai contoh, seorang anak
berusia 12 tahun yang datang pulang dari sekolah dan menghabiskan sisa hari dan
malam mengurusi adik-adik dengan memiliki untuk memberi makan, memandikan dan
membantu mereka dengan pekerjaan rumah mereka. Contoh lain adalah anak yang
merawat orang tuanya karena mereka terlalu kuat pada obat-obatan dan / atau
alkohol untuk mengurus diri sendiri.
Ada juga orangtua tipe
dictating-ghost. Seperti orang tua pendikte, orang tua jenis ini juga
memberitahu anaknya apa yang terbaik untuk dia dan bagaimana dia harus menjalani
hidupnya. Namun, mereka jarang hadir secara fisik dalam kehidupan anak mereka. Orangtua
ini berkomunikasi dengan anaknya melalui
perangkat telekomunikasi. Mereka biasanya sibuk pada perjalanan bisnis atau
terlalu terlibat dalam kehidupan dan kegiatan mereka sendiri. Akibatnya,
anak-anak memiliki masalah yang sama seperti anak-anak mendikte orang tua.
Namun, perilaku memberontak lebih mudah untuk pergi dengan karena orang tua
tidak sekitar untuk memeriksa mereka.
Hal terburuk mutlak yang dapat
dilakukan orangtua adalah dengan mencampur dan gaya ini; ini bisa sangat
membingungkan bagi anak. Misalnya, suatu hari orang tua adalah seorang diktator
tua dan berikutnya ia adalah keset induk. Masalah lain adalah ketika salah satu
orangtua diktator tua dan yang lainnya adalah keset induk. Anak selalu bermain
kedua ujungnya terhadap yang lain. Hal ini sangat penting bagi kedua orang tua
untuk berada di halaman yang sama.
Bagaimana orang tua dari
masing-masing gaya bereaksi terhadap hal-hal berikut:
Skenario 1: A 10-tahun-gadis
berjalan ke dapur berpakaian untuk sekolah, memakai lipstik merah terang
seperti Marilyn Monroe.
orang tua pendikte akan: memberitahu
anak untuk melepas lipstik segera, kemudian mengambil lipstik dari anak, tidak
pernah mengembalikannya.
Keset induk akan: memberitahu anak
bahwa dia terlalu muda untuk memakai lipstik dan untuk menyenangkan melepasnya.
Kemudian dialog berikut akan terjadi:
Anak: "Tapi ibu, ayolah,
semua gadis mengenakan lipstik."
Parent: "Tidak, Sayang, kau
terlalu muda. Anda bisa memakai lipstik ketika Anda
berada di tinggi sekolah. "
Anak: "Ayo. Ibu, tolong beritahu saya memakainya.
"
Parent: "Oh. Baiklah. "
Orang tua ghost akan: tidak melihat lipstik dan karenanya mengatakan atau
melakukan apa-apa
Orangtua doormat akan: memberitahu anak bahwa dia terlalu muda untuk memakai
lipstik cerah tersebut dan untuk menyenangkan mencucinya. Kemudian dialog
berikut akan terjadi.
Anak: "Tapi ibu, ayolah,
semua gadis mengenakan lipstik."
Parent: "Itu adalah bisnis
mereka, bukan milik kita."
Anak: "Silakan, Bu, biarkan
aku memakainya."
Parent:
"Tidak, Anda dapat memakai beberapa gloss bibir cherry Sebaliknya jika
Anda ingin tapi merah Lipstik harus dibersihkan sekarang. "
Perhatikan bahwa kompromi yang cocok
disarankan: Namun, anak tidak mendapatkan cara-nya.
Skenario 2: Anda 14-tahun ingin
menghadiri pesta malam Jumat di rumah salah satu teman sekelasnya. Anda telah
mendengar beberapa rumor negatif tentang keluarga dan lingkungan di mana mereka
tinggal.
Diktator orangtua akan berkata:..
"Tidak, Anda mungkin tidak pergi, aku tidak tahu bahwa keluarga dan ujian
yang datang dalam beberapa minggu, Anda perlu belajar.
Keset orangtua akan berkata:.
"OK, tapi aku mendengar beberapa hal-hal buruk tentang lingkungan yang
jika terlihat seperti mungkin ada masalah, segera pergi.
hantu tua akan mengatakan: tidak
ada; orang tua tidak menyadari bahwa anak tersebut menghadiri pesta. Anak itu
tidak mungkin untuk bahkan menyebutkan kepada orang tuanya dan hanya akan pergi
jika dia ingin.
orang tua berikat akan berkata:
"Ijinkan saya berbicara dengan orang tua untuk melihat siapa yang akan
mendampingi partai dan kegiatan apa yang akan terjadi." Orangtua terikat
juga akan melewati lingkungan dan mendapatkan rasa lingkungan.
berpikir tentang bagaimana
masing-masing gaya pengasuhan akan berhubungan dengan situasi kasus berikut:
- Anak berusia 7 tahun terletak
sekitar mencuri satu pak permen karet dari toko
- Anak berusia 8 tahun marah dan
menggigit teman sekamarnya untuk menggunakan kuasnya
- Anak berusia 13-tahun marah,
berteriak "Aku benci kamu" dan membanting pintu
- Anak berusia 12 tahun menangis di
tempat tidur karena dia tidak punya teman
- Anak berusia 16 tahun merokok
tertangkap
- Anak berusia 15 tahun ingin
mendapatkan pekerjaan setelah sekolah
- Anak berusia 9 tahun ingin sepeda
mini bermotor untuk ulang tahun
- Anak berusia 14
tahun (dengan riwayat menjadi siswa dengan nilai bagus) gagal tiga mata pelajaran.
- Seorang
mahasiswa bentuk 3 menegaskan bahwa ia putus sekolah menengah (terlepas dari
hasil ujiannya) dan pergi ke sebuah sekolah pelatihan mekanik mobil
- Anak berusia 11
tahun menolak untuk mencuci tangan sebelum dia makan karena dia hanya tidak
dalam mood
dua pertanyaan singkat ..
Apa gaya
pengasuhan yang lazim dalam sistem keluarga yang disfungsional?
Apa gaya
pengasuhan telah melindungi anak-anak rumah terkena sebelum datang ke rumah
penampungan?
Kualifikasi Negatif
kualifikasi
negatif adalah istilah Diana lain. Kualifikasi negatif adalah kata-kata negatif
atau komentar dibicarakan dalam konteks sesuatu yang telah dilakukan secara
tidak benar atau tidak pantas, seperti "salah", "Tidak
baik", "buruk" "tidak benar", "Anda melewatkan
lagi", "apa yang Anda berpikir ", dll
kata dan komentar
seperti (bahkan bila dilakukan dengan nada suara yang bagus) dapat memiliki
efek negatif pada harga diri seseorang, terutama bagi seseorang yang sedang
berjuang dan karena itu sering salah.
Jadi apa yang
Anda katakan ketika seorang anak tidak mengeja kata dengan benar? Alih-alih
mengatakan "salah", cobalah mengatakan "mari kita coba
lagi".
Lain kata /
ungkapan untuk menggantikan kualifikasi negatif termasuk
"memungkinkan
kembali ini", "periksa", "Apa yang terjadi", "apa
yang mungkin menjadi cara lain", "Mari kita melihat lagi",
memungkinkan karya ini keluar ", dll
Benar, anak-anak
perlu menyadari kesalahan mereka dan tidak sehat tindakan / pilihan; Namun, ini
tidak berarti mereka harus terus-menerus memukul di kepala dengan kualifikasi
negatif dan komentar merendahkan.
Apa yang akan
Anda katakan jika seorang anak melakukan berikut? (Ingat, tidak ada kualifikasi
negatif diperbolehkan)
- Anda empat
tahun berjalan ke ruang gembira bahwa ia mengenakan sepatu dan mengikat mereka
semua oleh dirinya sendiri. Anda melihat bahwa dia memakai mereka pada kaki
yang salah.
"pekerjaan
bagus, Johnny, Anda seperti anak laki-laki besar. Mari kita periksa."
jika orang tua
berkata, "pekerjaan bagus, tetapi Anda memiliki sepatu Anda pada kaki yang
salah". maka komentar tentang sepatu berada di kaki yang salah menghapus
pujian awal dan karenanya menyebabkan anak merasa tidak memadai / tidak aman.
ia telah gagal dalam usahanya untuk menjadi mandiri.
- Anda mendengar anak
gadis 12 tahun Anda berbicara kepada temannya di telepon. dia menggunakan
setiap kata vulgar untuk diketahui sebagai manusia.
"Cindy Saya dengar
kamu menggunakan bahasa yang tidak pantas yang saya belum pernah mendengar kamu
gunakan sebelumnya. Mari kita bicara tentang apa yang sepantasnya."
orangtua
menjelaskan bahwa ini tidak dapat diterima tanpa mengkritik atau meremehkan
anak. Selain itu, orangtua mengajak komunikasi dengan mengatakan "Mari
kita bicara tentang hal itu."
Sekali lagi,
anak-anak akan lebih sulit. Perbesar bertahan di sana, karena beberapa masih
akan dapat diarahkan dengan waktu. Mari kita juga ingat betapa pentingnya untuk
menciptakan riak (Lihat bagian Teruskan)
Pertanyaan
Reflektif
- Apa jenis gaya
pengasuhan yang Anda terkena sebagai seorang anak? Bagaimana mungkin pengaruh
ini cara Anda bekerja dengan anak-anak di tempat kerja?
- Apa jenis gaya
pengasuhan yang anda gunakan atau telah digunakan dengan anak-anak biologis
Anda dan anak-anak untuk siapa Anda peduli di rumah penampungan?
- Apa yang Anda
yakini hasil yang positif dan tidak begitu positif gaya pengasuhan Anda?
- Apa saja
kualifikasi negatif yang Anda cenderung menggunakan ketika mengoreksi
anak-anak? Dapatkah Anda menggantinya dengan kata yang lebih menggembirakan?
- Apa aspek gaya
pengasuhan Anda ingin Anda meningkatkan? Bagaimana anak-anak akan mendapatkan
keuntungan dari ini? Apa rencana tindakan Anda untuk mencapai hal ini?
Terus berlatih
dan ingat bahwa ada mungkin tidak akan ada perubahan nyata dalam waktu dekat;
Namun dari waktu ke waktu, mereka akan mulai merasakan bahwa Anda terhubung
dengan mereka dengan cara yang lebih mendukung.