Internet
adalah medium komunikasi. Hakekat medium/media dalam ilmu komunikasi adalah
yang digunakan sebagai alat (channels)
untuk menyampaikan pesan (message)
dari komunikator kepada audience/komunikan.
Astrid S. Susanto mengartikan media sebagai berikut “Media adalah saluran yang
digunakan dalam pengoperan proses lambang - lambang”[1]
Pengertian lain tentang media komunikasi
adalah alat perantara dalam proses penyampaian isi pernyataan (message) dari komunikator kepada
komunikan atau penyampaian umpan balik (feedback)
dari komunikan kepada komunikator (media komunikasi disini adalah social networking).[2]
Penggunaan
internet sebagai media komunikasi sudah berlangsung lama, ditandai dengan
adanya berbagai pemanfaatan internet tidak hanya sebagai media komunikasi,
namun juga sebagai bentuk promosi suatu perusahaan, penjualan produk atau
sebagai portofolio suatu perusahaan.
Kemudahan
dan tak terbatasnya ruang dan waktu yang membuat internet menjadi suatu yang
penting. Media komunikasi yang dahulu sekarang berubah total menjadi berformat
digital. Kehadiran internet sebagai media komunikasi ditandai dengan hadirnya
warung internet yang semakin menjamur, penjualan komputer yang semakin
meningkat melebihi penjualan televisi, serta sosial networking yang semakin menguasai medan komunikasi daripada komunikasi
tatap muka.
[1] Astrid
S.Susanto, Komunikasi Dalam Teori Dan
Praktek. (Bandung : Bina Cipta,1988). hlm 31.
[2] Hoeta
Sochoet, Media Komunikasi, (Jakarta:
Yayasan Kampis Tercinta IISIP, 2003). hlm 1.