Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pengertian Kinerja Pegawai


   
Kinerja pegawai merupakan perwujudan yang dilakukan pegawai yang biasanya dipakai sebagai dasar penilaian terhadap pegawai. Kinerja pegawai yang baik merupakan langkah untuk tercapainya tujuan organisasi, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai. Tetapi hal ini tidaklah mudah sebab banyak faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja pegawai seseorang.
Mangkunegara (2000 : 67) yang mengemukakan pengertian kinerja pegawai sebagai berikut : “Istilah kinerja pegawai berasal dari istilah asing yaitu job performance atau actual performance, yang bisa diartikan secara bebas dengan prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai oleh seseorang”. Jadi pengertian kinerja pegawai adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Sedangkan Bernandin dan Russel (1993 : 378) mendefinisikan kinerja pegawai adalah catatan tentang hasil-hasil yang diperoleh dari fungsi-fungsi pekerjaan tertentu atau kegiatan selama kurun waktu tertentu. Sehingga kinerja pegawai berkenaan dengan hasil pekerjaan yang dicapai pegawai dalam suatu periode. Dalam hal ini kinerja pegawai berkaitan dengan kuantitas maupun kualitas pekerjaan yang dihasilkan.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai adalah hasil yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.