Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Peranan Siklus Pendapatan Terhadap Pengamanan Produk Perusahaan dan Penerimaan Uang





Dalam rangka mencapai tujuannya, yaitu memperoleh pendapatan dan mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, perusahaan harus memiliki siklus pendapatan yang baik. Siklus pendapatan bertujuan untuk memudahkan pertukaran produk atau jasa yang dilakukan dengan pelanggan dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan serta berlanjut dengan penerimaan pembayaran dalam bentuk uang. Siklus pendapatan juga dapat membantu dalam menyediakan bukti pencatatan dan pelaporan yang memadai dari seluruh aktivitas penjualan baik tunai maupun kredit dalam penerimaan uang.
Fungsi-fungsi yang terkait dalam sistem penerimaan kas dari penjualan tunai dan dari piutang adalah fungsi penjualan, fungsi kas, fungsi gudang, fungsi pengiriman, fungsi akuntansi dan sebagainya yang terlibat dalam siklus pendapatan yang memungkinkan terjadinya kecurangan atau kekeliruan baik yang dilakukan dengan sengaja atau tidak disengaja. Agar fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan lancar, maka perusahaan harus menyediakan bukti pencatatan yang didukung dengan adanya dokumen yang digunakan dalam melakukan pencatatan dari suatu transaksi. Sebagai contoh dalam pengambilan barang, bagian gudang yang mengeluarkan barang terlebih dahulu menerima surat pesanan penjualan yang dikirimkan ke gudang untuk mengambil barang pesanan dari tempatnya. Demikian pula data produk yang dipesan, disusun dalam daftar pengambilan barang dan harus sesuai dengan lokasi rak dalam gudang. Jadi pengambilan barang dapat dilakukan secara lebih efisien. Begitu pula dalam penerimaan uang, tanda terima merupakan pasangan dari faktur penjualan, karena formulir ini memuat nilai uang tunai yang diterima pelanggannya.
Dari keadaan ini jelas bahwa dokumen yang digunakan siklus pendapatan berperan dalam pengamanan produk dan penerimaan uang. Karena perusahaan yang akan menghasilkan barang perlu merencanakan dan memperhitungkan masalah pengamanan produk dan penerimaan uang. Kedua hal tersebut merupakan unsur yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Adanya prosedur pengamanan produk yang baik dengan didukungnya kelengkapan pencatatan formulir atau dokumen yang digunakan, akan dapat menghindarkan perusahaan dari penyimpangan dalam penanganan produk, dan produk dapat disampaikan dengan aman ke tangan konsumen. Selanjutnya perusahaan dapat menerima pembayaran dari hasil penjualan tersebut.