KEMAMPUAN
VERBAL
Tes Verbal atau tes
bahasa adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam
bidang intelejensi pemahaman, penguasaan, dan penggunaan bahasa.
Adapun, tes bahasa ini memiliki
setidaknya empat jenis subtes. Yaitu persamaan kata (sinonim), lawan kata
(antonim), padanan hubungan (analogi) kata, dan pengelompokan kata. Untuk dapat
mengerjakan tes verbal ini, kamu harus mengetahui bentuk-bentuk soal tersebut
dengan baik.
Soal-soal pada tes ini lebih cenderung
ditujukan untuk melihat pengetahuan kamu (tahu atau tidak tahu) terhadap
kata-kata yang diberikan. Ada berbagai macam jenis subtes kemampuan verbal, di
antaranya adalah:
SINONIM (PERSAMAAN KATA)
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda
namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut
juga dengan persamaan kata atau padanan kata. Tugas kamu adalah mencari arti
kata yang sama atau mirip dengan kata yang tersedia.
a. Sinonim Netral
Adalah sinonim yang dapat digunakan
dalam satu kalimat yang sama
Contoh:
– DINDING (= TEMBOK) masjid itu
berwarna putih.
– Tania adalah murid yang sangat
PANDAI ( = PINTAR)
di sekolah Madaniah.
b. Sinonim berkonotasi
Adalah sinonim
yang tidak dapat digunakan dalam 1 kalimat yang sama atau nilai rasanya berbeda
Contoh: MATI =
MENINGGAL = WAFAT = TEWAS = GUGUR
ANTONIM (LAWAN
KATA)
Tes Antonim (lawan kata) ditujukan
untuk mampu melihat kebenaran secara terbalik, sekaligus melihat wawasan
seseorang. Yang dimaksud kebenaran secara terbalik, bahwa seseorang mengetahui
sesuatunya benar atau salah tidak hanya secara fenomenologis, tetapi dapat juga
secara dialektis.
Pada tes ini, dituntut untuk menguasai perbendaharaan kata
bahasa sebaik mungkin, karena pada bagian ini Anda harus mencari kata yang
paling bertentangan dengan yang diberikan.
Antonim kembar adalah kata-kata yang
berantonim tidak dapat digantikan dengan kata berantonim lainnya.
Contoh:
- AYAH >< IBU
- PEMUDA >< PEMUDI
- PRIA >< WANITA
- KAKAK >< ADIK
Antonim bertingkat dalah kata-kata
berantonim memiliki tingkatan tentang sesuatu.
Contoh:
- CEPAT >< LAMBAT
- TINGGI >< RENDAH
- PANJANG >< PENDEK
- BESAR >< KECIL
- PAGI >< MALAM
- SIANG >< SORE
- TUA >< MUDA
- LANGIT >< BUMI
Antonim kebalikan adalah kata-kata
berantonim berbalik tepat sesuai rujukannya.
Contoh:
- PULANG >< PERGI
- ANTAR >< JEMPUT
- KIRI >< KANAN
- DEPAN >< BELAKANG
Antonim hierarkis (bersruktur) adalah
antonim yang naik tingkat.
Contoh:
- DETIK >< MENIT
- MENIT >< JAM
- JAM >< HARI
- HARI >< MINGGU
- MINGGU >< BULAN
- BULAN ><TAHUN
ANALOGI
(PADANAN HUBUNGAN)
Pada tes ini yang harus Anda cari
adalah kata atau kalimat penghubung yang dapat menghubungkan pasangan kata yang
tersedia di sebelah kiri sehingga pasangan tersebut mempunyai hubungan yang
sama atau serupa dengan pasangan kata yang ada di sebelah kanan. Jika pada
pilihan terdapat lebih dari satu jawaban berdasarkan cara ini, maka lihat jenis
katanya atau cari hubungan yang lebih spesifik. Peserta tes yang belum pernah
menghadapi soal tes seperti ini, tentu akan kebingungan dan mengatakan bahwa
soal ini cukup sulit. Tetapi, bagi mereka yang sudah pernah atau kenal dengan
tes ini, hal ini akan mudah dalam menjawabnya. Perlu Anda ketahui di sini bahwa
tes ini seluruhnya mengandalkan daya nalar Anda untuk mencari hubungan kata
yang tepat dan posisi kata pertama dan kedua tidak boleh terbolak-balik.
Contoh:
GERGAJI : KAYU =
A. sendok :
makan C. gunting : kertas
B. sepatu :
kaki D. baju : badan
Di sini, terdapat soal atau kata “GERGAJI” dan “KAYU”. Apa
hubungan antara kedua kata tersebut? Hubungannya adalah “gergaji digunakan
untuk memotong kayu”. Lalu, adakah hubungannya dengan pilihan jawaban atau
tidak ada hubungan sama sekali? Di sinilah letak persoalannya. Manakah dari
pilihan jawaban yang mempunyai padanan hubungan kata (analog) dengan soal.
Dalam hal ini, jawabannya adalah (C) gunting : kertas, mengapa? Karena,
”gunting digunakan untuk memotong kertas”. Dengan demikian, antara jawaban
dengan soal mempunyai suatu padanan hubungan, yaitu fungsi.
Beberapa model soal padanan kata
adalah sebagai berikut:
Model 1:
GURU : SEKOLAH = ... : ....
A. penebang
pohon : pabrik
B. musisi :
piano
C. pengacara :
panggung
D. petani :
lading
Model 2:
BULU HIDUNG : UDARA = ALIS : ...
A. hitam
B. keringat
C. kotor
D. debu
Model 3:
… berhubungan dengan KAPAL,
sebagaimana PESAWAT UDARA berhubungan dengan …
A. angkatan
laut – angkatan udara
B. pelaut –
penerbang
C. prajurit –
pilot
D. ikan –
polusi
Model 4:
PAKAIAN : … …. : BOTAK.
A. adat –
rambut
B. pewangi –
penyukur
C. tubuh –
kepala
D. jahit – cukur