Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

FUNGSI KEBUDAYAAN BAGI MASYARAKAT





A.    Pengertian Kebudayaan
Kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata “buddhi” yang berarti budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-halyang bersangkutan dengan budi dan akal.
Adapun istilah culture yang merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata Latin ”colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau bertani. Dari asal arti tersebut yaitu ”colere” kemudian ”culture” diartikan sebagai daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.
Kebudayaan mencakup pengertian yang meliputi bidang yang luasnya seolah-olah tidak ada batasnya, sehingga sukar sekali untuk mendapatkan pembatasan pengertian atau definisi yang tegas dan terperinci yang mencakup segala sesuatu yang seharusnya termasuk dalam pengertian tersebut. Dalam pengertian sehari-hari istilah kebudayaan sering diartikan sama dengan kesenian, terutama seni suara dan seni tari. (Soekanto, 1982:166)
4
 
Budaya suatu masyarakat bukan ciri khas individu secara perorangan yang lepas dari konteks masyarakatnya, melainkan merupakan atribut yang melekat dalam diri individu sebagai anggota dari suatu komunitas. Budaya tidaklah diartikan sebagai kumpulan kebiasaan dan keyakinan yang sifatnya asal-asalan melainkan suatu sistem berpola dan terpadu dengan dukungan pola kebiasaan, pranata, sistem religi, dan sistem nilai sosial budaya yang dianut oleh sebagian besar komunitasnya.
 Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan mencakup kesemuanya yang didapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Masyarakat sebagai wadah dan budaya sebagai isi merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan dua komponen yang bersatu. Setiap masyarakat memiliki budaya dan setiap budaya pasti ada masyarakat yang memilikinya. Masing-masing masyarakat seringkali memiliki budaya yang bersifat khas, yaitu hanya dimiliki oleh masyarakat tersebut.

B.    Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat
Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Bermacam-macam kekuatan yang harus dihadapi masyarakat dan anggota-anggota masyarakat, seperti misalnya kekuatan alam dimana dia bertempat tinggal maupun kekuatan-kekuatan lainnya di dalam masyarakat itu sendiri,yang tidak selalu baik bagi dirinya.
Manusia dan masyarakat memerlukan kepuasan, baik di bidang spiritual maupun di bidang materiil. Kebutuhan-kebutuhan masyarakat tersebut di atas, untuk sebagian besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri.
Hasil karya dari masyarakat, menimbulkan teknologi atau kebudayaan kebendaan yang mempunyai kegunaan utama di dalam melindungi masyarakat terhadap lingkungan alamnya. Teknologi pada hakekatnya meliputi paling sedikit tujuh unsur, yaitu :
      1. alat-alat produktif
      2. senjata
      3. wadah
      4. makanan dan minuman
      5. pakaian dan perhiasan
      6. tempat berlindung dan perumahan
      7. alat-alat transpor
Dalam tindakan-tindakannya untuk melindungsi diri terhadap lingkungan alam, pada taraf permulaan, manusia bersikap menyerah dan semata-mata bertindak di dalam batas-batas untuk melindungi dirinya. Taraf tersebut masih banyak dijumpai pada masyarakat-masyarakat yang hingga kini masih rendah taraf kebudayaannya.
Karsa masyarakat, mewujudkan norma-norma dan nilai-nilai kemasyarakatan yang sangat perlu untuk mengadakan tata tertib dalam pergaulan kemasyarakatan. Karsa merupakan daya upaya manusia untuk melindungi diri terhadap kekuatan-kekuatan lain di dalam masyarakat. Kekuatan-kekuatan yang tersembunyi dalam masyarakat, tidak selamanya baik, dan untuk menghadapi kekuatan-kekuatan yang buruk, manusia terpaksa melindungi dirinya dengan cara menciptakan norma-norma atau kaedah-kaedah yang pada hakekatnya merupakan petunjuk-petunjuk tentang bagaimana manusia harus bertindak, berbuat, menentukan sikapnya kalau mereka berhubungan dengan orang lain.
Khusus dalam mengatur hubungan antar manusia, kebudayaan dinamakan pula suatu struktur normatif. Artinya kebudayaan adalah suatu garis-garis pokok tentang perikelakuan yang menetapkan peraturan-peraturan mengenai apa yang harus dilakukan, apa yang dilarang.
Kaedah-kaedah kebudayaan, berarti peraturan tentang tingkah laku atau tindakan yang harus dilakukan dalam suatu keadaan yang tertentu. Dengan demikian, maka kaedah-kaedah sebagai bagian kebudayaan mencakup tujuan kebudayaan, maupun cara-cara yang dianggap baik untuk mencapai tujuan tersebut. Kaedah-kaedah kebudayaan mencakup peraturan-peraturan yang beraneka warna yang mencakup bidang yang luas sekali, akan tetapi untuk kepentingan penelitian masyarakat, maka secara sosiologis dibatasi empat hal yaitu ;
1.      kaedah-kaedah yang dipergunakan secara luas dalam suatu kelompok manusia yang tertentu.
2.      kekuasaan yang memperlakukan kaedah-kaedah tersebut
3.      unsur-unsur formil kaedah-kaedah itu
4.      hubungannya dengan lain-lain ketentuan-ketentuan hidup.
Berlakunya ssesuatu kaedah dalam suatu kelompok manusia, tergantung daripada kekuatan kaedah tersebut sebagai petunjuk tentang bagaimanaseseorang harus berlaku, dalam arti sampai berapa jauh kaedah-kaedah tersebut dierima oleh anggota-anggota kelompok tadi, sebagai petunjuk perikelakuan yang pantas.
Apabila manusia sudah dapat mempertahankan diri dan menyesuaikan diri pada alam,juga kalau dia telah dapat hidup dengan manusia-manusia lain dalam suasana damai, maka timbullah keinginan manusia untuk menciptakan sesuatu untuk menyatakan perasaan dan keinginannya kepada orang lain, halmana juga merupakan fungsi daripada kebudayaan. Misalnya kesenian yang dapat berwujud seni suara, seni musi, seni tari, seni lukis, dan lain sebagainya, bertujuan untuk mengatur hubungan antara manusia, akan tetapi untuk mewujudkan perasaan-perasaan seseorang. Dengan demikian fungsi kebudayaan adalah sangat besar bagi manusia, yaitu untuk melindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan antar manusia dan sebagai wadah daripada segenap perasaan manusia.        



Blog Archive