Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pembelajaran Seni Rupa



1. Konsep Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu proses yang mengandung serentetan perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Kegiatan pembelajaran dapatlah berjalan di sekolah apabila terjadi usaha menciptakan sistem kondisi dan lingkungan yang mampu memungkinkan tercapainya tujuan-tujuan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran terdapat sejumlah tujuan yang hendak dicapai. Pembelajaran dalam hal ini merupakan suatu kumpulan yang terdiri dari komponen-komponen pembelajaran yang saling berinteraksi, berintegrasi satu sama lainnya. Oleh karenanya jika salah satu komponen tidak dapat terinteraksi, maka proses dalam pembelajaran akan menghadapi banyak kendala yang mengaburkan pencapaian tujuan pembelajaran.
Dengan demikian proses pembelajaran terjadi timbal-balik antara guru dan murid, guru memberi materi atau bahan sedangkan murid yang menerima. Bisa dikatakan dalam proses pembelajaran terjadi interaksi antara murid belajar dan guru mengajar. Sementara itu, Darsono (2000: 14) mengemukakan bahwa belajar diartikan sebagai perubahan tingkah laku pada individu berkat adanya interaksi antara individu  dengan yang lain, di antara individu dengan lingkungannya. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi dalam proses belajar. Perubahan tingkah laku seseorang terjadi akibat interaksi dengan orang lain. Proses belajar pada anak sangat dipengaruhi dari pihak keluarga, pergaulan sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitarnya. Baik dan buruknya tingkah laku yang terjadi di keluarga akan membawa dampak dalam tingkah laku pergaulan sekolah dan lingkungan sekitarnya. Begitu pula sebaliknya, tingkah laku pergaulan sekolah dan lingkungan masyarakat sekitarnya akan terbawa di kehidupan keluarganya.
Menurut Sujana (1988: 21) belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan.
Tingkah laku baru ini misalnya dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti. Adanya perubahan baru dalam sikap, kebiasaan-kebiasaan, keterampilan, kesungguhan menghargai, perkembangan sifat sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani. Sifat ingin tahu seseorang sangat besar, sehingga mendorong untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya. Cara-cara mempelajari diawali dengan menirukan sesuatu yang dilakukan dengan kebiasaan atau cara lain yang berbeda-beda, tergantung pada hal-hal yang menguntungkan dan mampu dilakukan.
Berdasarkan pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa belajar mampu membawa suatu perubahan pada individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan melainkan juga dalam bentuk kecakapan, kebiasaan, sikap pengertian, penghargaan, minat, penyesuaian diri, pendeknya mengenai segala pribadi seseorang. Karena itu seseorang yang sedang belajar tidak sama lagi dibandingkan dengan saat sebelumnya karena lebih sanggup menghadapi kesulitan memecahkan masalah atau menyesuaikan diri dengan keadaan. Ia tidak hanya menambah pengetahuan saja, akan tetapi dapat menerapkan pengetahuannya itu dalam situasi hidupnya.
Hakikat belajar adalah penemuan hubungan tingkah laku dari yang tidak tahu, dari tidak biasa menjadi biasa tergantung dari proses yang ditempuh guna mendapat respon lebih cepat atau lambat dari hasil pembelajaran itu juga biasa diakibatkan oleh besar atau tidaknya motivasi yang dimiliki masing-masing individu. Motivasi yang sehat perlu ditumbuhkan secara integral, dengan bantuan dan pengarahan guru yang berpengalaman dengan menggunakan berbagai metode yang terprogram akan mencapai hasil yang maksimal.
Bertolak dari berbagai pendapat itu penulis katakan pengertian belajar secara umum adalah suatu usaha dengan proses yang aktif untuk mendapat suatu pengetahuan atau pengalaman yang dapat mengubah tingkah laku pada waktu seseorang menghadapi situasi tertentu untuk dapat mengembangkan dirinya ke arah kemajuan yang lebih baik.
Belajar dan mengajar adalah dua proses yang mempunyai hubungan sangat erat dalam dunia pengajaran. Belajar biasanya dikhususkan kepada siswa dan mengajar kepada guru. Keduanya baik guru maupun siswa biasa melakukan kedua hal itu, baik belajar maupun mengajar atau dalam perkataan saling belajar dan saling mengajar. Belajar dan mengajar terjadi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Di sekolah dalam arti formal, sedangkan di luar sekolah biasa berupa bimbingan lanjutan dari sekolah atau terlepas dari sekolah.
2. Pembelajaran Seni Rupa dalam Konteks Kurikulum
Dalam kurikulum 2004, pendidikan seni rupa di Sekolah Dasar dilaksanakan melalui mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian (Kertangkes). Kertangkes pada Sekolah Dasar meliputi : seni rupa, seni musik, seni tari. Kerajinan Tangan dan Kesenian bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan rasa keindahan (estetika) dan artistik sehingga membentuk sikap kreatif, apresiatif dan kritis. Muara dari tujuan tersebut adalah usaha ke arah pengembangan budaya bangsa. Pendidikan seni rupa pada Sekolah Dasar lebih diutamakan pada pembentukan kesadaran estetis terhadap diri dan lingkungannya melalui kegiatan seni yang ekspresif kreatif.
Dalam kurikulum 2004, pendidikan seni rupa memiliki kompetensi standar sebagai berikut:
1.   siswa mampu menggunakan kepekaan inderawi dan intelektual dalam
2.   memahami, mempresentasi tentang keragaman gagasan, teknik, materi dan keahlian berkarya seni rupa dua dimensi (berukuran bidang) dan tiga dimensi (berukuran ruang/isi) baik karya seni Nusantara maupun mancanegara.
3.   siswa mampu menggunakan rasa estetika dalam mempersepsi, memahami, menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi karya seni rupa Nusantara dan mancanegara sesuai dengan konteks sosial dan budaya.
4.   siswa mampu berekspresi karya seni rupa dengan beragam teknik dan media seni rupa Nusantara dan mancanegara.
5.   siswa mampu mengkomunikasikan gagasan, teknik, materi, dan keahlian berkarya seni rupa Nusantara dan mancanegara melalui kegiatan pameran dan pagelaran.
Dalam pelaksanaannya kurikulum pendidikan seni rupa masih adanya keterbatasan-keterbatasan dalam pelaksanaannya, baik menyangkut kemampuan guru maupun kebijaksanaan sekolah dalam melaksanakan mata pelajaran KTK. Meskipun secara jelas dinyatakan bahwa pembelajaran seni rupa menyangkut tiga aspek namun dalam pelaksanaannya sangat menekankan kepada aspek psikomotorik yaitu dengan lebih banyak kompetensi berkarya.
3. Tujuan Pendidikan Seni Rupa di SD
Tujuan pendidikan seni rupa di sekolah dasar di Indonesia tercantum pada GBPP, yaitu siswa memiliki pengetahuan, pengalaman dan kemauan keras berkarya dan berolah seni, serta kepekaan artistik sebagai dasar berekspresi pada budaya bangsa. Tujuan tersebut pada dasarnya adalah menyiapkan anak untuk berpengetahuan, berkecakapan dan berkemampuan dalam tingkat dasar agar kelak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bila tidak dapat melanjutkan mereka harus mampu terjun ke masyarakat dengan keterampilan yang telah diperolenya dari sekolah
4. Pembelajaran Seni Rupa di SD
Setiap siswa yang kita hadapi, selain merupakan individu, juga suatu totalitas yang kompleks. Pada diri siswa dapat dikenali sejumlah kecakapan, yang biasanya terwujud dalam bentuk kekurangan ataupun kelebihannya. Dalam kegiatan pembelajaran, kecakapan-kecakapan inilah yang harus dilatih. Bagi siswa yang lemah perlu dicermati, yang memiliki kelebihan perlu diarahkan dan dikembangkan. Kecakapan-kecakapan tersebut antara lain : (a). kecakapan nalar, (b). kecakapan yang bersifat indrawi, (c). kecakapan afektif, (d). kecakapn sosial, dan (e). kecakapan religius. Seluruh kecakapan tersebut mewakili aspek personal kehidupan manusia (a-c), dan sejajar dengan apa yang disajikan karya sastra pada umumnya (a-e) (Sumardi, 1992:200)
Pada pembelajaran seni rupa, pengembangan kecakapan-kecakapan dilaksanakan secara terpadu melaui sebuah proses penggarapan rupa dari awal pelatihan hingga sebuah cerita seni rupa dipentaskan. Kecakapan-kecakapan tersebut hendaknya dikembangkan dengan pertimbangan berbagai aspek sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Peran guru tidak semata sebagai orang yang serba tahu, melainkan sebagai mediator dalam memberikan arahan pemeranan terhadap siswa.
Efektivitas pembelajaran seni rupa, terutama ditentukan oleh corak jalinan komunikasi antara guru dan siswanya. Jika upaya untuk menjalin komunikasi tersebut berhasil (positif), maka terbukalah kepercayaan siswa terhadap guru,  yang selanjutnya siswa akan membuka diri secara lugas. Inilah yang dapat dipakai sebagai model berharga dalam pembelajaran seni rupa.

Blog Archive