Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Konsep Pembelajaran



1.     Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman.  Belajar  bukan  hanya  mengingat,  akan  tetapi  lebih  luas daripada itu yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan, melainkan perubahan kelakuan yang meliputi aspek-aspek seperti pengetahuan,   pemahaman,   kebiasaan,   apresiasi,   emosional,   hubungan sosial, jasmani, budi pekerti (etika), sikap dan lain-lain. Kalau seseorang telah melakukan perbuatan belajar, maka terjadi perubahan pada salah satu atau beberapa aspek tingkah laku tersebut (Hamalik, 2002: 36).
Darsono (2000: 24-25) secara umum menjelaskan pengertian pembelajaran sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik. Sedangkan secara khusus pembelajaran dapat diartikan sebagai berikut.
a.      Teori Behavioristik, mendefinisikan pembelajaran sebagai usaha guru membentuk tingkah laku yang diinginkan dengan menyediakan lingkungan (stimulus). Agar terjadi hubungan stimulus dan respon (tingkah laku yang diinginkan) perlu latihan, dan setiap latihan yang berhasil harus diberi hadiah dan atau reinforcement (penguatan).
b.     Teori  Kognitif,  menjelaskan  pengertian  pembelajaran  sebagai  cara guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir agar dapat mengenal dan memahami apa yang sedang dipelajari.
c.      Teori  Gestalt,  menguraikan  bahwa  pembelajaran  merupakan  usaha guru untuk memberikan  materi pembelajaran  sedemikian  rupa, sehingga siswa lebih mudah mengorganisirnya (mengaturnya) menjadi suatu gestalt (pola bermakna).
d.     Teori  Humanistik,   menjelaskan   bahwa  pembelajaran   adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih bahan pelajaran dan cara mempelajarinya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

2.     Ciri-ciri Pembelajaran
Darsono (2000: 65) menyebutkan ciri-ciri pembelajaran sebagai berikut.
a.      Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncana secara sistematis
b.     Pembelajaran   dapat  menumbuhkan   perhatian   dan  motivasi   siswa dalam belajar
c.      Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menantang bagi siswa
d.     Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menyenangkan bagi siswa
e.      Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa
f.      Pembelajaran  dapat membuat siswa menerima pelajaran, baik secara fisik dan psikologis.

3.     Tujuan Pembelajaran
Tujuan (goals) adalah rumusan yang luas mengenai hasil-hasil pendidikan yang diinginkan. Didalamnya terkandung tujuan yang menjadi target  pembelajaran dan menyediakan pilar untuk menyediakan pengalaman-pengalaman belajar. Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan  secara sadar dan sengaja. Oleh karena itu pembelajaran pasti mempunyai  tujuan. Tujuan pembelajaran adalah membantu pada siswa agar memperoleh berbagai pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laku siswa bertambah,  baik kuantitas maupun kualitas. Tingkah laku yang dimaksud meliputi pengetahuan, keterampilan, dan nilai atau norma yang berfungsi  sebagai pengendali sikap dan perilaku siswa (Darsono, 2000: 24-26).

Blog Archive