Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Makalah Study Tour sebagai salah satu Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Pendidikan secara langsung berkaitan dengan nilai. Pendidikan harus terlebih dahulu menentukan nilai mana yang akan dianut sebelum menentukan kegiatannya. Hal ini berarti bahwa nilai terletak dalam tujuan. Nilai-nilai pendidikan terletak di dalam rumusan dan uraian tentang tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan dari suatu masyarakat pada hakikatnya merupakan perwujudan dari cita-cita ideal suatu masyarakat tersebut.
          Nilai-nilai ideal tersebut akan dimanifestasikan dalam perilaku kehidupan setiap warga dari masyarakat. Perilaku setiap orang dari suatu masyarakat merupakan gambaran atau cerminan dari nilai-nilai ideal tersebut yang telah menyatu dalam setiap diri pribadi seseorang sebagai suatu hasil proses pendidikan.
          Tujuan pendidikan nasional pada hakikatnya merupakan perwujudan cita-cita ideal bangsa Indonesia. Tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia pembangunan yang bertanggung jawab sebagai masyarakat Pancasila.
           Untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam proses pembelajaran yang dilakukan khususnya di sekolah dasar dilakukan berbagai upaya baik dalam bentuk teknik atau metode pembelajaran yang tepat, sarana, media dan lain-lain.
          Dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang sebagian besar materinya berisikan berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan, perlu dilakukan metode pembelajaran yang berupa tindakan langsung terhadap objek materi pelajaran tersebut. Diantara metode tersebut misalnya study tour ke tempat-tempat yang menunjukkan konsep materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
         
B. Masalah

          Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis membuat makalah dengan tema “Study Tour sebagai salah satu Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar”. Dari tema tersebut dapatlah difokuskan yaitu sejauhmana peranan study tour  dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. 

C. Prosedur Pemecahan Masalah

          Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai salah satu materi pelajaran yang disampaikan di tingkat sekolah dasar menyajikan materi yang berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan. Hal ini diperlukan sebagai salah satu sarana dalam mempersiapkan peserta didik untuk terjun ke masyarakat kelak.
          Dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan agar peserta didik memahami konsep sosial budaya yang ada di masyarakat sehingga nantinya peserta didik akan mampu beradaptasi dengan lingkungan masyarakatnya. Berbagai macam metode dapat dilakukan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial salah satunya Study Tour.
          Dengan menggunakan study tour sebagai salah satu metode dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat menimbulkan respon positif dari peserta didik dalam memahami materi pelajaran.

D. Sistematika Uraian

          Dalam penulisan makalah ini, penulis membagi dalam beberapa bagian dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Masalah
C. Prosedur Pemecahan Masalah
D. Sistematika Uraian

BAB II ISI
A.   Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
B.   Peranan Study Tour dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

BAB III KESIMPULAN
  


BAB II
ISI


A. Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Sekolah Dasar merupakan satu bentuk satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar yang menyelenggarakan program pendidikan enam tahun. Keberadaannya adalah sangat urgen bagi kepentingan pengembangan sumber daya manusia, sebab mulai pendidikan di sekolah dasar seseorang dikembangkan untuk menguasai berbagai kemampuan dasar sebagai bekal dirinya bagi pendidikan selanjutnya.   
Tujuan dari proses pendidikan di sekolah dasar adalah agar para siswa mampu memahami potensi diri, peluang dan tuntutan lingkungan serta merencanakan masa depan melalui pengambilan serangkaian keputusan yang paling mungkin bagi dirinya.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka diadakan berbagai macam mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar, salah satunya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Materi yang diajarkan dalam mata pelajaran IPS mencakup materi geografi, sejarah, ekonomi, kebudayaan, sosiologi, antropologi yang kemudian materi tersebut akan diperdalam di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Materi pembelajaran IPS di Sekolah Dasar lebih ditekankan pada pengetahuan mengenai situasi dan kondisi masyarakat yang ada di sekitar. Misalnya tentang pasar, lingkungan, lokasi suatu daerah dan lain-lain. Materi tersebut disampaikan terbatas agar siswa mengetahui hal-hal yang ada di sekitarnya yang berhubungan dengan hubungan sosial kemasyarakatan.
Penyampaian materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar biasanya disampaikan secara klasikal yaitu guru menyampaikan materi pelajaran di kelas dengan bersumber pada buku pelajaran tersebut. Sedangkan siswa mendengarkan dengan cara seksama materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

B.  Peranan Study Tour  dalam  Proses  Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Study tour merupakan kegiatan perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu yang memiliki hubungan atau mengandung nilai-nilai pendidikan. Misalnya tempat-tempat bersejarah seperti Museum, monumen misalnya Monas, Lubang Buaya dan lain-lain.
Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu metode dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Metode ini dilakukan sebagai alternatif selain metode klasikal yang selama ini dilakukan oleh guru.
Kegiatan study tour memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dalam memahami suatu kejadian di masyarakat. Misalnya apabila mengunjungi museum Satria Mandala, maka siswa akan dapat mengetahui hal-hal serta kejadian-kejadian yang berhubungan dengan sejarah bangsa. Siswa akan melihat secara langsung patung-patung para pahlawan bangsa serta dapat melihat biorama/minatur kejadian-kejadian dalam sejarah bangsa Indonesia.
Apabila mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, siswa akan melihat miniatur kebudayaan bangsa Indonesia yang terwujud dalam bentuk berbagai anjungan yang berasal dari seluruh propinsi di Indonesia. Selain itu, di Taman Mini Indonesia Indah, dapat pula dikunjungi Mueum Keprajuritan, Museum IPTEK, Museum Olahraga, dan tempat lainnya.
Selain study tour dengan mengunjungi tempat-tempat yang sengaja dibangun tersebut misalnya museum, siswa juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang terbentuk secara alami misalnya kawasan gunung seperti gunung Tangkuban Perahu, gunung Krakatau. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut siswa dapat mempelajari hal-hal mengenai gunung, sejarahnya, lokasinya yang mengandung bahan belerang dan lain-lain.
Kemudian ada juga tempat-tempat yang merupakan peninggalan masa lalu seperti kawasan kota tua di Jakarta, Mesjid Agung di Banten, dan lain-lain. Tempat-tempat ini dapat menjadi bahan pelajaran bagi siswa mengenai sejarah masa lalu bangsa yang menjadi kekayaan bangsa yang mesti dilestarikan. Dengan mempelajari sejarah bangsa tersebut diharapkan siswa dapat mengambil hkmah yang ada di tempat tersebut.
Dengan melakukan kegiatan study tour tersebut maka siswa dapat menambah pengetahuan langsung terutama yang berhubungan dengan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Selain itu, dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, akan menambah pengetahuan siswa serta menambah rasa cinta kepada bangsa dan negara Indonesia.
                   
           




BAB III
KESIMPULAN


          Proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah dasar dapat dilakukan dengan berbagai macam metode pembelajaran. Hal ini disesuaikan dengan materi pelajaran yang disampaikan dan kemampuan sekolah masing-masing.
          Study tour sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dilakukan khususnya dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Kegiatan ini dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti kota tua, tempat-tempat yang sengaja dibuat seperti museum, TMII, dan tempat-tempat alam seperti gunung Tangkuban Perahu atau Danau seperti Danau Toba.
          Kegiatan study tour ini dilakukan sebagai salah satu upaya menanamkan rasa cinta tanah air kepada siswa sejak dini dengan mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai historis dan keindahan. Siswa akan merasa bangga bahwa bangsanya memiliki kekayaan alam yang tidak ternilai sebagai anugerah yang besar dari Sang Pencipta. Kekayaan alam yang tidak ternilai ini hendaknya senantiasa dipelihara bahkan dilestarikan untuk kepentingan anak cucu di kemudian hari.
          Dengan mengunjungi tempat-tempat seperti museum, siswa akan melihat langsung patung-patung para pahlawan, serta biorama/miniatur kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu yang merupakan nilai-nilai sejarah yang tidak akan hilang sepanjang masa.

 

 


Blog Archive