Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Makalah Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
           Perkembangan peradaban manusia di dunia telah mengalami perubahan yang begitu cepat. Era globalisasi telah melanda seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Globalisasi terjadi dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah di bidang teknologi komunikasi dan informasi.
          Teknologi komunikasi dan informasi berkembang cukup pesat. Begitu banyak sarana dan prasarana teknologi komunikasi dan informasi yang dikembangkan sebagai salah satu upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada televisi, radio, komputer, telepon (mulai dari telepon rumah sampai telepon seluler/ponsel) dan lain-lain.
          Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari peranan dunia pendidikan. Mulai dari level terendah sampai pendidikan tinggi. Proses pendidikan dilakukan dalam ruang lingkup pembelajaran dengan berbagai macam teknik dan metode pembelajaran.
          Metode pembelajaran yang dilakukan dapat berbagai bentuk misalnya metode klasikal, metode diskusi, metode observasi, dan lain-lain. Selain itu dapat pula dilakukan metode pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan sarana teknologi komunikasi dan informasi yaitu dengan media audio visual.
          Pendidikan IPS sebagai salah satu materi pembelajaran di Sekolah Dasar memiliki peran yang cukup signifikan dalam menkondisikan peserta belajar agar mampu bersosialisasi di lingkungannya kelak. Selain itu, dengan mempelajari IPS, siswa akan mengetahui situasi dan kondisi lingkungan yang ada disekitarnya. Dalam pelajaran IPS, siswa dibekali pengetahuan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan. Untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang materi IPS diperlukan metode yang tepat sehingga siswa dapat dengan mudah menyerap materi yang diajarkan.

B. Masalah
          Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis mencoba mengangkat masalah Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

C. Prosedur Pemecahan Masalah
          Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik dan metode yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan belajar. Selain itu, juga dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas/sarana pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah.
          Salah satu sarana yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar adalah penggunaan media Audio Visual. Dengan menggunakan media audio visual diharapkan siswa akan lebih mudah untuk dapat menyerap materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diajarkan oleh guru.
          Penggunaan media audio visual yang diterapkan disesuaikan dengan keberadaan sarananya di sekolah. Sarana media audio visual yang dapat digunakan mulai dari yang sederhana dapat digunakan radio, kemudian televisi berupa video player sampai penggunaan komputer dengan menggunakan software khusus materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

D. Sistematika Uraian

          Dalam penulisan makalah ini, penulis membagi dalam beberapa bagian dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
B.   Masalah
C.   Prosedur Pemecahan Masalah
D.   Sistematika Uraian
BAB II ISI
A.   Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
B.   Media Audio Visual
C.   Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
BAB III KESIMPULAN



BAB II
ISI

A. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan  Sosial di Sekolah Dasar

          Sekolah Dasar merupakan satu bentuk satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar yang menyelenggarakan program pendidikan enam tahun. Keberadaannya adalah sangat urgen bagi kepentingan pengembangan sumber daya manusia, sebab mulai pendidikan di sekolah dasar seseorang dikembangkan untuk menguasai berbagai kemampuan dasar sebagai bekal dirinya bagi pendidikakn selanjutnya. 
Tujuan dari proses pendidikan di sekolah dasar adalah agar para siswa mampu memahami potensi diri, peluang dan tuntutan lingkungan serta merencanakan masa depan melalui pengambilan serangkaian keputusan yang paling mungkin bagi dirinya. Seperi tertuang dalam kurukulum nasional bahwa tujuan akhir pendidikan dasar adalah diperolehnya pengembangan pribadi anak didik yang :
1.    membangun dirinya dan ikut serta bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa;
2.    mempu melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi
3.    mampu hidup di masyarakat dan mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan lingkungannya.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka diadakan berbagai macam mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar, salah satunya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Materi yang diajarkan dalam mata pelajaran IPS mencakup materi geografi, sejarah, ekonomi, kebudayaan, sosiologi, antropologi yang kemudian materi tersebut akan diperdalam di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Materi pembelajaran IPS di Sekolah Dasar lebih ditekankan pada pengetahuan mengenai situasi dan kondisi masyarakat yang ada di sekitar. Misalnya tentang pasar, lingkungan, lokasi suatu daerah dan lain-lain. Materi tersebut disampaikan terbatas agar siswa mengetahui hal-hal yang ada di sekitarnya yang berhubungan dengan hubungan sosial kemasyarakatan.

B. Media Audio Visual

          Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perubahan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari diciptakannya berbagai sarana berupa alat-alat/mesin yang diciptakan sebagai usaha untuk memudahkan pekerjaan/tugas manusia.
          Pada abad ke-21 sekarang memasuki era teknologi komunikasi dan informasi. Di mana arus informasi akan mengalir cukup deras memasuki suatu wilayah/daerah. Informasi dari luar wilayah Indonesia akan dapat dengan mudah diketahui oleh penduduk Indonesia dengan melihat berbagai informasi tersebut di media baik media cetak. maupun media elektronik.
          Penciptaan alat-alat teknologi informasi yang beredar sekarang merupakan salah satu wujud dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mulai dari penciptaan radio, televisi, surat kabar, telepon hingga komputer. Alat-alat tersebut merupakan sarana dalam pengembangan dan penyebarluasan informasi yang dapat digunakan oleh siapa saja.
          Bentuk media yang diciptakan pada awalnya hanya berupa media audio seperti radio, kemudian media cetak seperti Koran, majalah hingga tercipta media audio visual seperti televisi dan komputer.
          Penggunaan alat-alat teknologi informasi saat ini semakin diperlukan dan bahkan sudah menjadi kebutuhan hidup manusia. Kita dapat melihat di jalan-jalan orang sudah tidak asing lagi menggunakan telepon seluler (ponsel/HP) baik yang digunakan untuk komunikasi maupun digunakan untuk mencari dan membaca informasi.
          Televisi juga sudah menjadi kebutuhan dalam rumah tangga setiap penduduk. Hampir setiap rumah tangga sekarang memiliki telivisi yang digunakan sebagai media informasi sekaligus sebagai media hiburan.
          Penggunaan komputer juga sudah menjadi suatu kebutuhan dalam mengerjakan berbagai tugas/pekerjaan manusia. Hampir seluruh aktivitas manusia sekarang tidak terlepas dari komputer mulai membuat surat sampai membaca informasi dan transaksi perdagangan dalam bursa efek. Akses informasi dari berbagai penjuru dunia dapat diakses melalui internet sehingga penyebaran informasi dapat berlangsung dengan cepat. Suatu peristiwa di belahan bumi lain, dapat seketika diketahui oleh orang lain yang berada di belahan bumi lainnya. Suatu peristiwa di Meksiko yang berbeda 12 jam dari Indonesia akan dengan cepat diketahui oleh masyarakat Indonesia.
                  
C. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

          Proses pembelajaran yang dilakukan di lingkungan sekolah khususnya sekolah dasar pada umumnya berlangsung secara klasikal yaitu guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara membacakan teks pelajaran yang ada dalam buku sumber. Kemudian guru memperdalam materi tersebut dengan menuliskan di papan tulis dan menerangkan maksud materi tersebut.
           Penggunaan sarana atau alat belajar lainnya masih belum banyak dikembangkan oleh guru sebagai penyampai materi pelajaran. Salah satu sarana yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Ada berbagai macam sarana media audio visual yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Misalnya yang sederhana seperti radio baik dari radio dengan menggunakan kaset ataupun dengan mendengarkan siaran radio. Saat ini banyak stasiun radio yang menampilkan program-program yang berkaitan dengan pendidikan dan pengetahuan. Selain itu juga dapat memutar kaset yang berisi materi pendidikan.
          Selain radio, dapat pula digunakan media audio visual lainnya yaitu televisi. Dengan menggunakan televisi dapat menggunakan video recorder atau langsung melihat siaran televisi yang ditayangkan oleh stasiun televisi. Saat ini telah tersedia kaset berbentuk CD  yang dapat diputar pada Video Player yang berisi berbagai macam materi pendidikan/pelajaran. Selain melalui kaset CD juga dapat mengikuti siaran televisi langsung yang ditayangkan/diproduksi oleh stasiun televisi tentang acara yang berisi materi pelajaran.
          Media audio visual lainnya yang dapat digunakan adalah komputer. Dengan menggunakan komputer juga dapat dilakukan seperti apa yang dapat dilakukan oleh radio maupun televisi. Karena dengan komputer semua fungsi alat tersebut telah tersedia. Selain dapat menggunakan fasilitas seperti radio maupun televisi, dengan komputer juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu dengan fasilitas internet.
          Selain dengan menggunakan fasilitas internet, juga di komputer dapat dibuat suatu program (software) yang berhubungan dengan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Program tersebut berisi materi-materi yang akan diajarkan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Guru hanya bertindak sebagai fasilitator dengan mengoperasikan komputer tersebut. 
         
BAB III
KESIMPULAN


          Proses pembelajaran yang dilakukan di lingkungan sekolah khususnya sekolah dasar merupakan salah satu unsur pendukung tercapainya tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah. Proses pembelajaran yang tepat diharapkan bahwa tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran akan tercapai.
          Teknik dan metode dalam proses pembelajaran merupakan cara-cara yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Ada berbagai macam teknik dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran mulai yang klasikal sampai dengan memanfaatkan media hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
          Ada berbagai media yang dapat digunakan seperti media cetak, media elektronik yang berupa media audio visual. Berbagai macam media seperti radio, televisi sampai komputer. Media-media tersebut dapat digunakan sebagai metode dalam proses pembelajaran yang dilakukan.
          Penggunaan media-media seperti yang telah diuraikan sebelumnya diharapkan sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sebagaimana ada dalam kurikulum. Guru sebagai fasilitator pembelajaran diharapkan dapat mengoptimalkan segala sumber daya yang ada di lingkungan sekolahnya. Media audio visual tentunya akan lebih menarik siswa sekolah dasar yang secara psikologis akan lebih mudah menerima sesuatu yang dapat didengar dan dilihat termasuk materi pelajaran khususnya pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.


Blog Archive