Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Tinjauan Tentang Materi Analisis Data Dan Probabilitas



Standar pembelajaran matematika untuk anak usia dini menurit NCTM dibagi menjadi dua kategori yaitu standar isi meliputi bilangan dan operasi bilangan, aljabar, bentuk geometri, pengukuran, analisis data dan probabilitas, dan standar proses meliputi pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian , kommmunikasi, koneksi, dan representasi (Sriningsih, 2008: 53). Analisis data  merupakan salah satu bagian dari standar isi dalam standar pembelajarn matematika untuk anak usia dini yang di rekomendasikan oleh NCTM.
   Kegiatan pembelajaran analisis data dan probabilitas sederhana sangat penting dikenalkan pada anak usia dini karena merupakan awal anak mengenal statistic sederhana atau dasar statistic. Kegiatan analisis data yang dilakukan untuk anak usia dini diantaranya membuat grafik data tentang makanan kesukaan anak-anak kendaraan yang di gunakan anak-anak pergi ke sekolah. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat melakukan penjumlahan dan berpikir logis seperti statistic (Sriningsih, 2009: 66).
Di dalam kamus Webster’s New World Dictionary salah satu arti dari analisis (analysis)adalah sebagai berikut : “ analysis, it means a separating of breaking up of any whole into its parts so as to find out their nature, propotion, function, relationship, etc”.  Jadi pada dasarnya membuat analisi berarti menguraikan lebih lanjut, misalnya dari suatu total menjadi sub total agar bias di bandingkan antara sub total satu dengan yang lainnya atau memperkirakan besarnya pengaruh perubahan satu atau beberapa variable tehadap variable lainnya atau memperkirakan besarnya pengaruh perubahan satu atau beberapa variable terhadap variable lainnya secara kuantitatif didalam rangka mencari variable yang mungkin menyebabkan suatu kejadian atau berubahnya nilai suatu variable.
Data adalah hasil pengukuran atau pengamatan yang di kumpulkan berupa angka-angka yang menggambarkan perbedaan atau persamaan suatu individu atau obyek dengan yang lain pada karakteristik yang sama.
Probabilitas adalah suatu ukuran seberapa besar suatu kejadian akan terjadi terhadap semua kejadian yang ada. 
“Probability is a measure of like hood of the occurrence of arandom event” jadi probabilitas merupakan nilai yang digunakan untuk mengukur tingkat kemungkinan terjadinya kejadian yang di acak. Suatu kejadian yang pasti akan terjadi mempunyai probabilitas 1 atu 100%, sedangkan yang pasti tidak akan tejadi (mustahil) mempunyai probabilitas nol dan yang belum tentu terjadi atau tidak terjadi, probabilitasnya terletak antara 0 dan 1.

Blog Archive