Menurut Purwanto (2007:4) dalam metodologi pengajaran Bahasa
Indonesia, menyebutkan bahwa bahasa memungkinkan manusia untuk saling
berhubungan (berkomunikasi), saling berbagi pengalaman, saling belajar dari
orang lain, memahami orang lain, menyatakan diri, dan meningkatkan kemampuan
intelektual. Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah program untuk mengembangkan
pengetahuan, mempertinggi kemampuan berbahasa, dan menumbuhkan sikap positif
terhadap Bahasa Indonesia.
Purwanto (2007:4) juga menyebutkan ruang lingkup
pembelajaran bahasa Indonesia meliputi: a) Penguasaan Bahasa Indonesia; b) Kemampuan
memahami; c) Keterampilan berbahasa/menggunakan bahasa untuk segala macam
keperluan; d) Apresiasi sastra.
Menurut
Purwanto (2007:5) pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki tujuan, antara lain:
1) Tujuan umum
- Siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara.
- Siswa memahami bahasa dari segi bentuk, makna, dan fungsi,
untuk bermacam tujuan/keperluan dan keadaan.
- Siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia
untuk meningkatkan kemampuan intelektual (berpikir kreatif, menggunakan
akal sehat, menerapkan pengetahuan yang berguna; memecahkan masalah,
kematangan emosional, dan sosial).
- Siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra
untuk mengembangkan kepribadian, memperluan wawasan kehidupan, serta
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
2) Tujuan khusus
- Tujuan khusus dalam lingkup kebahasaan
1)
Siswa memahami cara penulisan
kata-kata berimbuhan, kata ulang, dan tanda baca dalam kalimat.
2)
Siswa memahami bentuk dan makna
imbuhan.
3)
Siswa memahami ciri-ciri kalimat
berita dan kalimat perintah.
4)
Siswa memahami ucapan kalimat
langsung dan tidak langsung.
5)
Siswa memahami dan dapat
mengaplikasikan makna kata umum dan kata khusus.
6)
Siswa memahami dan dapat menggunakan
makna ungkapan dan peribahasa.
7)
Siswa memahami perbedaan dan dapat
menggunakan sinonim dan antonim.
8)
Siswa mampu membedakan bentuk puisi,
prosa, dan drama secara sederhana dan dapat menikmatinya.
9) Tujuan khusus dalam lingkup
pemahaman bahasa
Berdasarkan pengertian di muka, pembelajaran bahasa
mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa
digunakan manusia untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Pembelajaran
Bahasa Indonesia merupakan kegiatan untuk menambah pengetahuan/informasi dari
lingkungan sekitar dan membangun sifat positif terhadap Bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan.