RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X/Ganjil
Materi Pokok
: Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 3 Jam
pelajaran @ 45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan
terapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendefinisikan tentang ruang lingkup pengetahuan geografi
·
Mengidentifikasikan tentang objek studi dan aspek geografi
·
Mengidentifikasi objek studi geografi
·
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
·
Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
·
Mendeskripsikan tentang konsep esensial
geografi dan contoh terapannya
·
Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
·
Mengklasifikasikan tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi
·
Mencari informasi tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi
melalui berbagai sumber/media
·
Menemukan data dan informasi tentang prinsip geografi dan contoh
terapannya
·
Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang prinsip geografi dan
contoh terapannya
·
Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan
penerapan konsep dan prinsip geografi
·
Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang pendekatan
geografi dan contoh terapannya
·
Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang pendekatan geografi dan
contoh terapannya
·
Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di
permukaan bumi
·
Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang hubungan antara
suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·
Menguraikan konsep geografi
·
Menguraikan perkembangan ilmu geografi
·
Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang hubungan antara suatu
objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·
Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
·
Menjelaskan metode/pendekatan geografi
·
Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
·
Menjelaskan perbedaan aspek-aspek geografi
·
Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang hubungan antara
suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·
Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena
geosfer
·
Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
|
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar
geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
|
·
Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang hubungan antara suatu
objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·
Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang keterampilan geografi
·
Mempresentasikan tulisan tentang ruang lingkup pengetahuan dan
keterampilan geografi yang dilengkapi contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengkomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi
dengan gambar, tabel, atau grafik yang mendukung gagasan yang ditulis
·
Menyampaikan hasil kesimpulannya tentang ruang lingkup pengetahuan
geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan, dan
aspek geografi di depan kelas
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Mendefinisikan
ruang lingkup pengetahuan geografi
2.
Mengidentifikasikan
objek studi dan aspek geografi
3.
Mengidentifikasi
objek studi geografi
4.
Mengidentifikasi
prinsip-prinsip geografi
5.
Mengidentifikasi
aspek-aspek geografi
6.
Mengklasifikasikan
tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi
7.
Menganalisis
hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
8.
Menguraikan hasil
analisa data dan informasi tentang hubungan antara suatu objek dengan objek
lainnya di permukaan bumi
9.
Menguraikan konsep
geografi
10.
Menguraikan
perkembangan ilmu geografi
11.
Mengasosiasikan
uraian data dan informasi tentang hubungan antara suatu objek dengan objek
lainnya di permukaan bumi
12.
Merumuskan ruang
lingkup kajian geografi
13.
Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
14.
Menjelaskan
perbedaan prinsip-prinsip geografi
15.
Menjelaskan
perbedaan aspek-aspek geografi
16.
Memberikan contoh
aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
17.
Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
18.
Menerapkan prinsip
geografi dalam kajian gejala geosfer
19.
Mempresentasikan
tulisan tentang ruang lingkup pengetahuan dan keterampilan geografi yang
dilengkapi contoh dalam kehidupan sehari-hari
20.
Mengkomunikasikan
hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi dengan gambar, tabel,
atau grafik yang mendukung gagasan yang ditulis
21.
Menyampaikan hasil
kesimpulannya tentang ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial
geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan, dan aspek geografi di depan kelas
D.
Materi Pembelajaran
Pengetahuan Dasar Geografi
·
Ruang lingkup pengetahuan geografi.
·
Objek studi dan aspek geografi.
·
Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya.
·
Prinsip geografi dan contoh terapannya.
·
Pendekatan geografi dan contoh terapannya.
·
Keterampilan geografi.
Fakta : Ruang lingkup pengetahuan geografi
Konsep : Konsep
esensial geografi dan contoh terapannya
§ Pengertian geografi
§ Perkembangan ilmu geografi
§ Konsep esensial geografi
Obyek studi Geografi
Prinsip : Prinsip
geografi dan contoh terapannya
·
Prinsip persebaran
·
Prinsip timbal balik
·
Prinsip korologi
·
Prinsip penggambaran
Prosedur : Pendekatan geografi dan contoh terapannya
·
Metode/pendekatan keruangan
·
Metode/pendekatan kompleks kewilayahan
·
Metode/pendekatan ekologi
Aspek Geografi
·
Aspek fisik (alamiah): gejala-gejala alam yang timbul
·
Aspek sosial (kehidupan): dengan segala interaksi,
penyebaran, maupun relasinya
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan
penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan
teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber Belajar
Ø Buku Geografi
Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Ruang lingkup pengetahuan geografi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Ruang lingkup pengetahuan geografi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Ruang lingkup pengetahuan geografi
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ruang lingkup
pengetahuan geografi yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Ruang lingkup pengetahuan geografi sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ruang lingkup pengetahuan geografi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Ruang lingkup
pengetahuan geografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ruang lingkup pengetahuan geografi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Ruang lingkup
pengetahuan geografi
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Ruang lingkup
pengetahuan geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Ruang lingkup
pengetahuan geografi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Ruang lingkup
pengetahuan geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Ruang lingkup pengetahuan
geografi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Ruang lingkup pengetahuan geografi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Ruang lingkup pengetahuan geografi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Ruang lingkup pengetahuan
geografi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Ruang lingkup
pengetahuan geografi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Objek
studi dan aspek geografi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Objek studi dan aspek geografi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Objek studi dan aspek geografi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Objek
studi dan aspek geografi
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Objek studi dan aspek geografi
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Objek
studi dan aspek geografi oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Objek studi dan aspek geografi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Objek studi dan aspek geografi yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan
atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca
yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Objek studi dan aspek
geografi yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Objek studi dan aspek geografi yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Objek
studi dan aspek geografi
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Objek studi dan aspek geografi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Objek studi dan aspek geografi sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Objek studi dan aspek geografi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Objek studi dan aspek geografi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Objek studi dan
aspek geografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Objek studi dan aspek geografi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Objek studi
dan aspek geografi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Objek studi dan aspek
geografi
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Objek studi dan aspek
geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Objek studi
dan aspek geografi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Objek studi
dan aspek geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Objek studi dan aspek
geografi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Objek studi dan aspek geografi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Objek studi dan aspek geografi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Objek studi dan aspek
geografi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Objek studi dan
aspek geografi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Konsep esensial geografi dan contoh
terapannya
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
Konsep esensial geografi dan contoh
terapannya oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Konsep esensial geografi dan contoh
terapannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Konsep esensial geografi
dan contoh terapannya sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Konsep esensial geografi
dan contoh terapannya yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep esensial geografi dan contoh terapannya dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Konsep esensial geografi dan contoh terapannya yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Konsep esensial geografi dan contoh terapannya yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Konsep esensial geografi dan contoh terapannya berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Konsep esensial geografi dan
contoh terapannya yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Konsep esensial geografi dan
contoh terapannya yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Prinsip geografi dan contoh terapannya
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Prinsip geografi dan contoh terapannya untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Prinsip geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Prinsip geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
Prinsip geografi dan contoh terapannya oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Prinsip geografi dan contoh terapannya yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Prinsip geografi dan contoh terapannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Prinsip geografi dan contoh terapannya yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Prinsip geografi dan contoh terapannya yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Prinsip geografi dan contoh terapannya sesuai dengan
pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Prinsip geografi dan contoh terapannya yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prinsip geografi dan contoh
terapannya
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prinsip geografi dan contoh terapannya dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Prinsip geografi dan
contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Prinsip geografi dan
contoh terapannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Prinsip
geografi dan contoh terapannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Prinsip geografi dan
contoh terapannya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Prinsip geografi dan contoh terapannya yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Prinsip geografi dan contoh terapannya yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Prinsip geografi dan contoh
terapannya
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Prinsip
geografi dan contoh terapannya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
5.
|
Pertemuan Ke-5 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Pendekatan geografi dan contoh terapannya dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Pendekatan geografi dan contoh terapannya
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pendekatan geografi dan contoh terapannya untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pendekatan
geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Pendekatan geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
Pendekatan geografi dan contoh terapannya oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pendekatan
geografi dan contoh terapannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Pendekatan geografi dan contoh terapannya
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pendekatan geografi dan contoh terapannya sesuai dengan
pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pendekatan geografi dan contoh
terapannya
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Pendekatan
geografi dan contoh terapannya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pendekatan geografi dan contoh terapannya
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Pendekatan
geografi dan contoh terapannya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Pendekatan geografi
dan contoh terapannya
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Pendekatan geografi dan
contoh terapannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Pendekatan
geografi dan contoh terapannya yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Pendekatan
geografi dan contoh terapannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Pendekatan geografi dan
contoh terapannya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pendekatan geografi dan contoh terapannya yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pendekatan geografi dan
contoh terapannya
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Pendekatan
geografi dan contoh terapannya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
6.
|
Pertemuan Ke-6 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Keterampilan geografi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Keterampilan geografi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Keterampilan geografi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Keterampilan geografi
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Keterampilan geografi
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
Keterampilan geografi oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Keterampilan geografi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Keterampilan geografi yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Keterampilan
geografi yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Keterampilan geografi yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Keterampilan geografi
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Keterampilan geografi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri
Keterampilan geografi sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Keterampilan geografi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Keterampilan geografi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan
data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Keterampilan
geografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Keterampilan geografi dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi
tentang materi Keterampilan geografi
yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Keterampilan geografi
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Keterampilan geografi
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Keterampilan
geografi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Keterampilan
geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Keterampilan geografi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Keterampilan geografi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Keterampilan geografi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Keterampilan geografi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Keterampilan
geografi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian
:
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri
kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas
Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta
didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa
mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah
dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah
kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan
menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan
Pertama
b. Pertemuan
Kedua
c. Pertemuan
Ketiga
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi
kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan
misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah
hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan
soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang
relevan.
2) Mencari informasi secara online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta berita
online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4) Mengamati langsung tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada
di lingkungan sekitar.