RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Pengetahuan Dasar Pemetaan
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 3 Jam pelajaran @ 45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2. Memahami
dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
· Mengamati peta, citra
pengindraan jauh, dan hasil Sistem Informasi Geografis untuk mendapatkan
informasi geografis
· Mendefinisikan tentang
dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis
· Mengidentifikasikan tentang
dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis
· Mendeskripsikan tentang
dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis
· Mengklasifikasikan tentang
dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis
· Menemukan data dan
informasi tentang jenis peta dan penggunaannya
· Mengeksprolasi temuan data
dan informasi tentang jenis peta dan penggunaannya
· Mentabulasikan hasil
eksprolasi data dan informasi tentang jenis peta dan penggunaannya
· Menganalisis tabulasi data
dan informasi tentang jenis peta dan penggunaannya
· Menguraikan hasil analisa
data dan informasi tentang jenis peta dan penggunaannya
· Mengasosiasikan uraian data
dan informasi tentang teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis
(SIG).
· Mendiskusikan dan membuat
laporan tentang hasilinterpretasi peta, citra pengindraan jauh, dan Sistem
Informasi Geografis
· Menyimpulkan hasil asosiasi
data dan informasi tentang teori pengolahan data dalam Sistem Informasi
Geografis (SIG)
·
|
4.2. Membuat
peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia
berdasarkan peta rupa Bumi
|
· Memverifikasi kesimpulan
data dan informasi tentang teori pengolahan data dalam Sistem Informasi
Geografis (SIG)
· Mempresentasikan hasil
verifikasi data tentang teori pengolahan data dalam Sistem Informasi
Geografis (SIG)
· Praktik membuat peta
tematik tentang wilayah provinsi di daerahnya
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Memahami
dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis
2.
Memahami
dan mendeskripsikan teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis
(SIG).
Membuat
peta tematik tentang wilayah provinsi di daerahnya
D.
Materi
pembelajaran
Pengetahuan Dasar Pemetaan
·
Dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis.
·
Jenis peta dan penggunaannya.
·
Jenis citra Pengindraan Jauh dan
interpretasi citra.
·
Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi
Geografis (SIG).
Fakta : Peta,
Satelit,
Konsep : Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG).
Prinsip : Jenis
peta dan penggunaannya.
Jenis citra
Pengindraan Jauh dan interpretasi citra.
Prosedur : Dasar-dasar
pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
MediaPembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber Belajar
Ø Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Geografi, Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman peserta didik dan guru
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dasar-dasar
pemetaan dan pengindraan jauh yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dasar-dasar pemetaan dan
pengindraan jauh
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Dasar-dasar
pemetaan dan pengindraan jauh berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Dasar-dasar
pemetaan dan pengindraan jauh yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Dasar-dasar pemetaan
dan pengindraan jauh yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Dasar-dasar
pemetaan dan pengindraan jauh yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Dasar-dasar
pemetaan dan pengindraan jauh yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Dasar-dasar pemetaan dan
pengindraan jauh berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Dasar-dasar pemetaan dan pengindraan jauh yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Dasar-dasar pemetaan dan
pengindraan jauh
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Dasar-dasar
pemetaan dan pengindraan jauh kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi sistem
informasi geografis dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
sistem informasi geografis
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi sistem informasi geografis untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan sistem
informasi geografis
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait sistem informasi geografis
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
sistem informasi geografis oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi sistem informasi geografis yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
sistem informasi geografis yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi sistem
informasi geografis yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi sistem informasi geografis yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi sistem
informasi geografis
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi sistem informasi geografis yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri sistem informasi geografis sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi sistem informasi geografis yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi sistem informasi geografis
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi sistem
informasi geografis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi sistem informasi geografis dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi sistem
informasi geografis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
sistem informasi
geografis
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi sistem informasi
geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi sistem
informasi geografis yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi sistem
informasi geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran sistem informasi
geografis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
sistem informasi geografis yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
sistem informasi geografis yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran sistem informasi geografis
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran sistem
informasi geografis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Jenis
peta dan penggunaannya dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Jenis peta dan penggunaannya
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Jenis peta dan penggunaannya untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Jenis
peta dan penggunaannya
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Jenis peta dan penggunaannya
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Jenis
peta dan penggunaannya oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Jenis peta dan penggunaannya yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Jenis peta dan penggunaannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Jenis peta dan
penggunaannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Jenis peta dan penggunaannya yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Jenis
peta dan penggunaannya
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Jenis peta dan penggunaannya yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Jenis peta dan penggunaannya sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Jenis peta dan penggunaannya yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai materi Jenis peta dan penggunaannya
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Jenis peta dan penggunaannya
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Jenis peta dan penggunaannya dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Jenis peta
dan penggunaannya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Jenis peta dan
penggunaannya
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Jenis peta dan
penggunaannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Jenis peta dan
penggunaannya yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Jenis peta dan
penggunaannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Jenis peta dan
penggunaannya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Jenis peta dan penggunaannya yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Jenis peta dan penggunaannya yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Jenis peta dan penggunaannya
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Jenis peta dan
penggunaannya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Jenis
citra Pengindraan Jauh dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Jenis citra Pengindraan Jauh
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Jenis citra Pengindraan Jauh untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Jenis
citra Pengindraan Jauh
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Jenis citra Pengindraan Jauh
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Jenis
citra Pengindraan Jauh oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Jenis citra Pengindraan Jauh yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Jenis citra Pengindraan Jauh yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Jenis citra
Pengindraan Jauh yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Jenis citra Pengindraan Jauh yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Jenis
citra Pengindraan Jauh
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Jenis citra Pengindraan Jauh yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Jenis citra Pengindraan Jauh sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Jenis citra Pengindraan Jauh yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai materi Jenis citra Pengindraan Jauh
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Jenis citra Pengindraan Jauh
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Jenis citra Pengindraan Jauh dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Jenis citra
Pengindraan Jauh yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Jenis citra
Pengindraan Jauh
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Jenis citra Pengindraan
Jauh yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Jenis citra
Pengindraan Jauh yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Jenis citra
Pengindraan Jauh yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Jenis citra Pengindraan
Jauh berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Jenis citra Pengindraan Jauh yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Jenis citra Pengindraan Jauh yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Jenis citra Pengindraan Jauh
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Jenis citra
Pengindraan Jauh kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
||
5.
|
Pertemuan Ke-5 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Interpretasi citra dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Interpretasi citra
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Interpretasi citra untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Interpretasi citra
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Interpretasi citra
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi
Interpretasi citra oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Interpretasi citra yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Interpretasi citra yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Interpretasi
citra yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Interpretasi citra yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Interpretasi citra
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Interpretasi citra yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Interpretasi citra sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Interpretasi citra yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Interpretasi citra
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Interpretasi
citra berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Interpretasi citra dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Interpretasi
citra yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Interpretasi citra
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Interpretasi citra yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Interpretasi
citra yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Interpretasi
citra yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja
yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Interpretasi citra
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Interpretasi citra yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Interpretasi citra yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Interpretasi citra
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Interpretasi
citra kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
6.
|
Pertemuan Ke-6 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis
(SIG) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Teori pengolahan data dalam Sistem
Informasi Geografis (SIG)
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui
kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan
seksama materi Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Teori pengolahan
data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi
Geografis (SIG) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Teori pengolahan
data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua
informasi tentang materi Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi
Geografis (SIG) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari
materi Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Teori pengolahan data dalam Sistem
Informasi Geografis (SIG)
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Teori pengolahan data dalam Sistem
Informasi Geografis (SIG) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang akan selesai
dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Teori pengolahan data
dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Teori pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Teori pengolahan data dalam
Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Teori
pengolahan data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin
dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya
pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan
kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap
bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari
penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian
menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format
penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih
dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x
100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 :
400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi
pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x
100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :
500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap
Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian
unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang
sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.