RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X/Ganjil dan Genap
Materi Pokok
: Bumi sebagai Ruang Kehidupan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 3 Jam
pelajaran @ 45 Menit
A.
Kompetensi Inti
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.4. Menganalisis dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan
|
·
Mengamati proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
·
Mendefinisikan tentang proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai
sumber/media
·
Mengidentifikasikan tentang
proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
·
Mengidentifikasi proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
·
Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
·
Mendeskripsikan tentang teori pembentukan planet Bumi
·
Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya
·
Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya Tata Surya
·
Mendeskripsikan Matahari sebagai pusat Tata Surya
·
Mendeskripsikan sejarah pembentukan bumi
·
Mengklasifikasikan tentang teori pembentukan planet Bumi
·
Menemukan data dan informasi tentang teori pembentukan planet Bumi
·
Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang teori pembentukan planet
Bumi
·
Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang dampak rotasi
dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
·
Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
·
Menganalisis teori tektonik lempeng
·
Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
·
Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
·
Berdiskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
·
Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang gerak dan
kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
·
Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
·
Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
·
Menjelaskan teori-teori tentang Tata Surya
·
Menjelaskan Planet sebagai anggota Tata Surya
·
Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
|
4.4. Menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan
dengan menggunakan peta, bagan,
gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
·
Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang gerak dan kedudukan
Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
·
Memverifikasi tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik
perlapisan bumi, dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk
kehidupan
·
Memverifikasi pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan
pengaruh revolusi bumi terhadap pergiliran musim tahunan
·
Memverifikasi hubungan teori pergeseran benua dengan pembentukan daratan
dan samudera dalam kala geologi
tertentu
·
Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang gerak dan kedudukan
Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
·
Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari,
Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Memahami proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai
sumber/media
2.
Memahami proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
3.
Memahami karakteristik lapisan bumi
4.
Memahami teori pembentukan planet Bumi
5.
Memahami pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya
6.
Memahami Matahari sebagai pusat Tata Surya
7.
Mendeskripsikan
sejarah pembentukan bumi
8.
Menganalisis teori
tektonik lempeng
9.
Menjelaskan pandangan
manusia mengenai Jagat Raya
10.
Menjelaskan satuan
jarak di Jagat Raya
11.
Menjelaskan
teori-teori tentang Tata Surya
12.
Menjelaskan Planet
sebagai anggota Tata Surya
13.
Menjelaskan
perkembangan bentuk muka bumi
14.
Memverifikasi
kesimpulan data dan informasi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan
Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
15.
Memverifikasi
tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik perlapisan bumi, dan
sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan
16.
Memverifikasi
pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan pengaruh revolusi
bumi terhadap pergiliran musim tahunan
17.
Memverifikasi hubungan teori pergeseran benua dengan pembentukan daratan
dan samudera dalam kala geologi tertentu
18.
Mempresentasikan
hasil verifikasi data tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi,
serta pengaruhnya terhadap kehidupan
19.
Menyampaikan
laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi,
serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
D.
Materi Pembelajaran
BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN
·
Teori
pembentukan
planet Bumi.
·
Perkembangankehidupan di Bumi.
·
Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi.
1. Fakta:
-
Jagat Raya
-
Satuan ukuran jarak Jagat Raya
-
Anggota Jagat Raya
-
Tata Surya
-
Matahari
-
Bagian-bagian Matahari
-
Planet
-
Bulan
-
komet, meteor, dan meteorite
-
Bumi
-
Lapisan Bumi
-
Gempa Bumi
-
Gunung
-
Lempeng
2.
Konsep:
-
Pengertian Jagat Raya
-
Macam-macam satuan ukuran jarak Jagat Raya
-
Bentuk-bentuk anggota Jagat Raya
-
Sifat-sifat anggota Jagat Raya
-
Pengertian Tata Surya
-
Planet sebagai anggota Tata Surya
-
Bulan sebagai satelit bumi
-
komet, meteor, dan meteorite sebagai anggota Tata
Surya
-
Pembentukan Bumi
-
Karakteristik lapisan bumi
-
Bentuk muka bumi
-
Persebaran gunung api
3. Prinsip:
-
Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya
-
Teori-teori
mengenai terjadinya Tata Surya
-
Matahari
sebagai pusat Tata Surya
-
Perubahan
pergerakan bulan terhadap bumi
-
Sejarah
pembentukan Bumi
-
Perkembangan
bentuk muka bumi
-
Teori
tektonik lempeng
4.
Prosedur:
-
Proses
terjadinya Jagat Raya
-
Menghitung
satuan ukuran jarak di Jagat Raya
-
Proses terjadinya anggota Jagat Raya
-
Proses
terjadinya Tata Surya
-
Kronologis
mengenai sejarah pembentukan Bumi
-
Kronologis
mengenai perkembangan bentuk muka Bumi
-
Teori
tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
JAGAT RAYA
- Pengertian
Jagat Raya
- Pandangan
Manusia tentang Jagat Raya
- Satuan Jarak
di Jagat Raya
-
Anggota Jagat Raya
Galaksi
§
Bentuk Galaksi
§
Macam-macam Galaksi
TATA SURYA
- Menjelaskan
pengertian Tata Surya
- Mendeskripsikan
proses terjadinya Tata Surya
- Mendeskripsikan
teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya
- Matahari
Pusat Tata Surya
- Planet-planet
1. Pengertian
planet
2. Hukum
tentang planet
3. Klasifikasi
planet
- Bulan
Satelit Bumi
- Komet,
Meteor dan Meteorit, serta Planetoid dan Asteroid
PEMBENTUKAN MUKA BUMI DAN PERKEMBANGANNYA
- Sejarah
Pembentukan Bumi
- Karakteristik
Lapisan Bumi
- Perkembangan
Bentuk Muka Bumi
- Teori
Tektonik Lempeng
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
MediaPembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan
penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan
teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber Belajar
Ø Buku Geografi
Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak
di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian dan proses terjadinya Jagat
Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat
Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system
jagat raya
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya oleh
guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang
sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian dan
proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya sesuai
dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian dan proses terjadinya
Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai
Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari
system jagat raya
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Pengertian dan
proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat
Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat
Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system
jagat raya dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia
mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian
dari system jagat raya
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Pengertian dan
proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Pengertian dan
proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Pengertian dan
proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Teori
pembentukan planet Bumi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Teori pembentukan planet Bumi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Teori pembentukan planet Bumi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan
di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Teori
pembentukan planet Bumi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Teori pembentukan planet Bumi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi Teori
pembentukan planet Bumi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Teori pembentukan planet Bumi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Teori pembentukan planet Bumi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Teori
pembentukan planet Bumi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Teori pembentukan planet Bumi yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Teori
pembentukan planet Bumi
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Teori pembentukan planet Bumi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Teori pembentukan planet Bumi sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Teori pembentukan planet Bumi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Teori pembentukan planet Bumi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari
berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Teori
pembentukan planet Bumi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Teori pembentukan planet Bumi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Teori
pembentukan planet Bumi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Teori pembentukan
planet Bumi
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Teori pembentukan
planet Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Teori
pembentukan planet Bumi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Teori
pembentukan planet Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Teori pembentukan planet
Bumi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Teori pembentukan planet Bumi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Teori pembentukan planet Bumi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Teori pembentukan planet
Bumi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Teori
pembentukan planet Bumi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Perkembangan kehidupan di Bumi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Perkembangan
kehidupan di Bumi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Perkembangan kehidupan di Bumi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Perkembangan kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Perkembangan kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Perkembangan kehidupan di Bumi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Perkembangan kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Perkembangan
kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Perkembangan kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Perkembangan kehidupan di Bumi sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Perkembangan kehidupan di Bumi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Perkembangan kehidupan di
Bumi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Perkembangan kehidupan di Bumi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Perkembangan
kehidupan di Bumi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Perkembangan kehidupan
di Bumi
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Perkembangan kehidupan
di Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Perkembangan
kehidupan di Bumi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Perkembangan
kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Perkembangan kehidupan di
Bumi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Perkembangan kehidupan di Bumi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Perkembangan kehidupan di Bumi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Perkembangan kehidupan di
Bumi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Perkembangan
kehidupan di Bumi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di
Bumi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap
kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dampak rotasi
dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan
di Bumi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan
di Bumi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi
terhadap kehidupan di Bumi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Dampak rotasi
dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap
kehidupan di Bumi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Dampak rotasi
dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Dampak rotasi
dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Dampak rotasi dan
revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Dampak rotasi dan revolusi
Bumi terhadap kehidupan di Bumi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Dampak rotasi
dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian
:
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas
Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta
didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa
mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah
dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata
bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara
online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar,
majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati langsung
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.