RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Langkah-langkah
Penelitian Geografi
Alokasi Waktu : 5 Minggu x 3 Jam pelajaran @ 45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3. Memahami
langkah-langkah penelitian ilmu geografi dengan menggunakan peta
|
·
Mengamati fenomena geografis
·
Mendefinisikan tentang fenomena geografis
·
Mengidentifikasikan tentang fenomena geografis
·
Mendeskripsikan tentang fenomena geografis
·
Mengklasifikasikan tentang fenomena geografis
·
Menemukan data dan informasi tentang fenomena geografis
·
Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang fenomena geografis
·
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
·
Mengumpulkan serta mengolah data geografis
·
Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang data geografis
·
Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang data geografis
·
Menganalisis data geografis
·
Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang data geografis
·
Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang data geografis
·
Merumuskan masalah penelitian
geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menentukan judul penelitian
geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menentukan tujuan penelitian
geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menyusun hipotesis penelitian
geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menetukan populasi dan penarikan sampel penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menentukan dan menggunakan metode analisis geografi pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menggunakan sarana ilmiah pada penelitian
geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menggunakan teknik-teknik pengumpulan data pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menggunakan teknik analisis data pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
·
Memilih dan menggunakan variable penelitian pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
·
Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang data geografis
·
Melakukan penelitian geografi sederhana dengan langkah-langkah penelitian
ilmiah sesuai dengan tema penelitian yang ditentukan oleh guru dan/atau
peserta didik
|
4.3. Menyajikan
hasil observasi lapangan dalam bentuk makalah yang dilengkapi dengan peta,
bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
·
Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang penelitian geografi
sederhana dengan langkah-langkah penelitian ilmiah sesuai dengan tema
penelitian yang ditentukan oleh guru dan/atau peserta didik
·
Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang penelitian geografi
sederhana dengan langkah-langkah penelitian ilmiah sesuai dengan tema
penelitian yang ditentukan oleh guru dan/atau peserta didik
·
Menyajikan hasil laporan penelitian geografi sederhana dilengkapi peta,
tabel, grafik, foto, dan/atau video
·
Membuat laporan penelitian
·
Mempublikasikan hasil penelitian geografi pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera dalam
bentuk laporan observasi lapangan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Mengidentifikasi fenomena geografis
2.
Mengumpulkan serta mengolah data geografis
3.
Mengolah dan Menganalisis tabulasi data geografis
4.
Menguraikan hasil analisa data dan informasi
tentang data geografis
5.
Merumuskan masalah penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
6.
Menentukan judul penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
7.
Menentukan tujuan penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
8.
Menyusun hipotesis penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
9.
Menetukan populasi dan penarikan sampel
penelitian geografi terhadap fenomena
geosfera
10. Menentukan dan menggunakan metode analisis geografi pada
penelitian geografi terhadap fenomena
geosfera
11. Menggunakan sarana ilmiah pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
12. Menggunakan teknik-teknik pengumpulan data pada
penelitian geografi terhadap fenomena
geosfera
13. Menggunakan teknik analisis data pada penelitian geografi terhadap fenomena geosfera
14. Memilih dan menggunakan variable penelitian pada
penelitian geografi terhadap fenomena
geosfera
15. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang
data geografis
16. Melakukan penelitian geografi sederhana dengan langkah-langkah
penelitian ilmiah sesuai dengan tema penelitian yang ditentukan oleh guru
dan/atau peserta didik
17. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang
penelitian geografi sederhana dengan langkah-langkah penelitian ilmiah sesuai
dengan tema penelitian yang ditentukan oleh guru dan/atau peserta didik
18. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang penelitian
geografi sederhana dengan langkah-langkah penelitian ilmiah sesuai dengan tema
penelitian yang ditentukan oleh guru dan/atau peserta didik
19. Menyajikan hasil laporan penelitian geografi sederhana
dilengkapi peta, tabel, grafik, foto, dan/atau video
20. Membuat laporan penelitian
21. Mempublikasikan hasil penelitian geografi pada
penelitian geografi terhadap fenomena
geosfera dalam bentuk laporan observasi lapangan
D. Materi Pembelajaran
Langkah-langkah
Penelitian Geografi
·
Mengamati fenomena geografis.
·
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi.
·
Mengumpulkan serta mengolah data geografis.
·
Menganalisis data geografis.
·
Membuat laporan penelitian.
FAKTA
Penelitian Geografi
-
Penelitian Kualitatif
-
Penelitian
Kuantitatif
Pendekatan Analisis
Studi Geografi
-
Pendekatan Keruangan
-
Pendekatan
Kelingkungan
-
Pendekatan Kompleks
Wilayah
KONSEP
Langkah-langkah
Penelitian Geografi
-
Perumusan Masalah
-
Judul Penelitian
1.1.
Keterjangkauan
1.2.
Ketersediaan Data
1.3.
Signifikasi judul
yang dipilih
-
Tujuan Penelitian
-
Penyusunan Hipotesis
Penelitian
a.
Hipotesis harus
mendukung judul dan tujuan penelitian
b.
Hipotesa harus dapat
diuji berdasarkan data empiirs
c.
Hipotesis harus
bersifat spesifik
-
Penentuan Populasi
dan Penarikan Sampel
a.
Probability Sarnpling
1)
sampel acak sederhana
2)
Sampel Sistematik
3)
Sampel acak berstrata
4)
Sampel Gugus
5)
Sampel Daerah
b.
Non Probability
Sampling
1)
SampelPurposif
2)
Sampel Kuota.
3)
Sampel Bola Salju.
4)
Sampel rute Acak
PRINSIP
Langkah-langkah
Penelitian Geografi
-
Metode Analisis
Geografi
a.
Studi Lapangan
b.
Pemetaan
c.
Wawancara
d.
Kuantitatif
-
Penggunaan Sarana
Ilmiah
-
Teknik Pengumpulan
Data Geografi
·
Penggolongan data
a.
Berdasarkan Sifatnya
1.3.1. Data kuantitatif
1.3.2. Data kualitatif
b.
Berdasarkan Sumbernya
1)
Data Primer
2)
Data Sekunder
·
Cara dan teknik
pengumpulan data
a.
Data Primer
1)
Observasi
2)
Wawancara
3)
Angket
4)
Dokumentasi
5)
Rating Scale
b.
Data Sekunder
-
Teknik Analisis Data
Geografi
a.
Analisis Data secara
Statistik
b.
Analisis Data dengan
Pengindraan Jauh
c.
Analisis Data dengan
Komputer
d.
Analisis Data secara
Deskriptif
PROSEDUR
Langkah-langkah
Penelitian Geografi
-
Variabel Penelitian
-
Publkasi Hasil
Penelitian Geografi
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. MediaPembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan
penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan
teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
Ø Buku Geografi
Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Mengamati fenomena geografis dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Mengamati fenomena geografis
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Mengamati fenomena geografis untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Mengamati fenomena geografis
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Mengamati fenomena geografis
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Mengamati fenomena geografis oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Mengamati fenomena geografis yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Mengamati fenomena geografis yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Mengamati
fenomena geografis yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Mengamati fenomena geografis yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Mengamati fenomena geografis
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Mengamati fenomena geografis yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Mengamati fenomena geografis sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Mengamati fenomena geografis yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai materi Mengamati fenomena geografis
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Mengamati fenomena geografis
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Mengamati fenomena geografis dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Mengamati
fenomena geografis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Mengamati fenomena
geografis
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Mengamati fenomena
geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Mengamati
fenomena geografis yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Mengamati
fenomena geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Mengamati fenomena
geografis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Mengamati fenomena geografis yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Mengamati fenomena geografis yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Mengamati fenomena geografis
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Mengamati
fenomena geografis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Merumuskan pertanyaan penelitian geografi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Merumuskan
pertanyaan penelitian geografi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Merumuskan pertanyaan penelitian geografi sesuai dengan
pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Merumuskan pertanyaan penelitian
geografi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Merumuskan
pertanyaan penelitian geografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Merumuskan
pertanyaan penelitian geografi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Merumuskan
pertanyaan penelitian geografi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Merumuskan
pertanyaan penelitian geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Merumuskan pertanyaan penelitian
geografi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Merumuskan pertanyaan
penelitian geografi
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Merumuskan
pertanyaan penelitian geografi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Mengumpulkan serta mengolah data geografis dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Mengumpulkan serta mengolah data geografis
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Mengumpulkan serta mengolah data geografis untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Mengumpulkan serta mengolah data geografis
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Mengumpulkan serta mengolah data
geografis
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Mengumpulkan serta mengolah data geografis oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Mengumpulkan
serta mengolah data geografis yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Mengumpulkan serta mengolah data geografis
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri
Mengumpulkan serta mengolah data geografis sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Mengumpulkan serta mengolah data
geografis
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Mengumpulkan
serta mengolah data geografis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Mengumpulkan serta mengolah data geografis
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Mengumpulkan
serta mengolah data geografis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Mengumpulkan serta
mengolah data geografis
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Mengumpulkan serta
mengolah data geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Mengumpulkan
serta mengolah data geografis yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Mengumpulkan
serta mengolah data geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Mengumpulkan serta mengolah
data geografis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Mengumpulkan serta mengolah data geografis yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Mengumpulkan serta mengolah
data geografis
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Mengumpulkan
serta mengolah data geografis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Menganalisis data
geografis
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Menganalisis data geografis dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Menganalisis data geografis
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Menganalisis data geografis untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Menganalisis data geografis
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Menganalisis data geografis
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Menganalisis data geografis oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Menganalisis data
geografis
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Menganalisis data
geografis
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Menganalisis data geografis yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Menganalisis data geografis yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Menganalisis
data geografis yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Menganalisis data geografis yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Menganalisis data geografis
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Menganalisis data geografis yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Menganalisis data geografis sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Menganalisis data
geografis
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Menganalisis data
geografis
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Menganalisis data geografis yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Menganalisis data geografis
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Menganalisis data
geografis
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Menganalisis data geografis
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Menganalisis data
geografis
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Menganalisis data geografis dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Menganalisis
data geografis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Menganalisis data
geografis
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Menganalisis data
geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Menganalisis
data geografis yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Menganalisis
data geografis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Menganalisis data
geografis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Menganalisis data geografis yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Menganalisis data geografis yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Menganalisis data geografis
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Menganalisis
data geografis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
5.
|
Pertemuan Ke-5 (3 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Membuat
laporan penelitian dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Membuat laporan penelitian
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Membuat laporan penelitian untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Membuat laporan penelitian
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Membuat laporan penelitian
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Membuat laporan penelitian oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Membuat laporan penelitian yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Membuat laporan penelitian yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Membuat
laporan penelitian yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Membuat laporan penelitian yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Membuat
laporan penelitian
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Membuat laporan penelitian yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Membuat laporan penelitian sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Membuat laporan penelitian yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Membuat laporan penelitian
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Membuat laporan penelitian
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Membuat laporan penelitian dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Membuat
laporan penelitian yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Membuat laporan
penelitian
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Membuat laporan
penelitian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Membuat
laporan penelitian yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Membuat
laporan penelitian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Membuat laporan
penelitian berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Membuat laporan penelitian yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Membuat laporan penelitian yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Membuat laporan penelitian
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Membuat laporan
penelitian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian
:
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri
kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas
Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta
didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa
mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah
dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata
bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara
online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar,
majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati langsung
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.