Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Aplikasi Link and Match Pendidikan Islam



Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa link secara harfiah berarti  pertautan, keterkaitan atau hubungan interaktif. Sedangkan match berarti kecocokan atau kesesuaian. Jika dihubungkan dengan pendidikan islam akan menjadi sebuah teori yang bermakna aplikatif, karena merujuk pada kebutuhan (needs, demands). Yaitu hubungan keterkaitan dan kecocokan pendidikan dengan dunia kerja serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam nuansa penanaman nilai-nilai Islam.
Dari pemahaman diatas dapat ditarik suatu pandangan bahwa konsep link and match merupakan konsepsi Aplikasi yang bukan hanya sebuah teori belaka, tetapi merupakan acuan yang bisa diterapkan dalam dunia pendidikan secara bertahap baik di sekolah umum, maupun di sekolah yang berbasis agama terlebih lagi di sekolah kejuruan.
Sebagai contoh nyata ialah, kita bisa melihat bahwa konsepsi ini bisa diterapkan di sekolah – sekolah, termasuk di Madrasah Aliyah. Caranya yaitu dengan memberi sentuhan pendidikan keterampilan untuk melengkapi bekal hidup para lulusannya dalam memenuhi tuntutan kehidupan yang obyektif, dengan dmikian lulusan madrasah secara bertahap dan terprogram bisa menyebabkan pada cita-cita ideal yakni memenuhi tuntutan normatif Islam juga mampu menjawab tantangan masyarakat modern.
Bentuk sentuhan itu bisa berwujud antara lain :
1)   Membangun kemitraan antara pihak Madrasah dengan dunia kerja dapat diwujudkan kerja sama dalam penanganan sistem pelatihan secara bersama. Jadi konkretnya Madrasah seyogyanya menjadikan balai latihan kerja (BLK), dunia industri, lembaga pendidikan, lembaga pendidikan kejuruan, politeknik dan sejenisnya sebagai mitra kerja.
2)   Membuat inovasi terhadap kurikulum muatan lokal dan memperkaya bekal keterampilan.
3)   Mencari format ekstrakurikuler yang produktif, yaitu selain kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat pendidikan formal seperti olah raga, musik, dan lain-lain juga menyajikan kegiatan ekstra yang bersifat keterampilan praktis seperti komputer, tata boga, tata rias, manajemen dan lain sebagainya.



Blog Archive