Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Bentuk Metode Menyanyi



a. Menyanyi secara lisan
Bentuk menyanyi ini adalah dengan cara guru berdendang / menyanyi secara langsung dengan mengunakan suara yang merdu dan nada yang enak didengar sebagai suatu cara penyampaian pelajaran/penyampaian bermacam informasi tentang pengetahuan, nilai dan sikap untuk dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu anak dapat pula diikutsertakan dalam kegiatan menyanyi.
b. Melalui kaset/Compact Disk (CD)
Pemilihan menyanyi dengan menggunakan media kaset akan dapat lebih menarik perhatian anak. Dunia kehidupan anak itu penuh dengan kegembiraan, maka kegiatan menyanyi diusahakan dapat memberikan perasaan senang dan mengasyikkan, sehingga nantinya dengan teknik menyanyi ini diharapkan akan berfungsi dengan baik.
Pemilihan metode menyanyi dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menarik perhatian dan menambah rasa kegembiraan pada anak. Dengan menyanyi anak akan lebih terlihat semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Selain itu dengan menyanyi anak akan secara tidak sadar sedang belajar khususnya tentang belajar berhitung.
Bentuk metode menyanyi yang dilakukan disesuaikan dengan kondisi di kelas. Adapun bentuk metode yang digunakan dapat salah satu atau bahkan dua-duanya yaitu menyanyi langsung dan menyanyi dengan menggunakan kaset/CD. Pemilihan bentuk tersebut dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Kombinasi antara keduanya dilakukan sebagai salah satu upaya agar anak menjadi tidak cepat bosan.


Blog Archive