Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pengertian Metode Menyanyi



Cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran salah satunya dengan metode pembelajaran. Karena keberhasilan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif salah satunya oleh metode yang digunakan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh guru merupakan alat untuk memudahkan mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Djamarah dan Zaim (1991: 72) :
Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila dia tidak menguasai satupun metode mengajar yang telah dirumuskan dan dikembangkan para ahli psikologi dan pendidikan.

Sedangkan menurut Sudjana  (2004: 76) metode pembelajaran adalah, “Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”. Sedangkan Sutikno (2004: 88) menyatakan, “Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”.
Adapun metode pembelajaran menurut Sanjaya (2008: 125) merupakan cara yang digunakan untuk melaksanakan strategi. Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode, model, serta berbagai sumber daya pembelajaran yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang telah dirumuskan dalam strategi pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan guru untuk membelajarkan anak agar mencapai kompetensi yang ditetapkan. Pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) menggunakan prinsip belajar, bermain, dan bernyanyi untuk menarik perhatian anak sehingga menyenangkan, gembira, aktif dan demokratis (Suyanto, 2005:133).
Dengan demikian metode adalah cara seorang guru yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru harus menguasai materi agar tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu peranan metode dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting, begitu pula dalam proses pembelajaran di TK.
Metode menyanyi adalah metode pengajaran yang dilakukan dengan cara berdendang, dengan menggunakan suara yang merdu, nada yang enak didengar dan kata-kata yang mudah dihapal. Nyanyian merupakan alat untuk mencurahkan pikiran dan perasaan untuk berkomunikasi. Nyanyian memiliki fungsi sosial selama nyanyian itu dikomunikasikan. Kekuatan nyanyian pada fungsi ini dapat kita lihat pada pendidikan. Melalui nyanyian, kita berupaya  membantu diri anak menuju kedewasaan dalam hal menumbuhkembangkan aspek fisik, intelegensi, emosi dan rasa sosial anak. Nyanyian yang sesuai untuk anak-anak, adalah antara lain :
a. Nyanyian yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan diri anak (aspek fisik, intelegensi, emosi, sosial).
b. Nyanyian itu bertolak dari kemampuan yang telah dimiliki anak :
1) Syair Lagu sesuai dengan dunia anak-anak
2) Bahasa yang digunakan sederhana
3) Luas wilayah nada sepadan dengan kesanggupan alat suara dan pengucapan
4) Tema lagu : mengacu pada GBPKBTK
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa metode menyanyi adalah penyampaian pelajaran dengan cara guru menyanyi / berdendang dengan suara yang merdu dan nada yang enak didengar sebagai suatu upaya untuk menyampaikan bermacam informasi dan pengetahuan.

Blog Archive