Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Sel dan Stigma Tubuh Manusia



Sel terdiri atas dua bagian utama, yaitu sitoplasma dan nucleus membran plasma adalah semua sel eukaryotik dibungkus oleh membran pembatas yang terdiri dari fosfolipid, protein dan polisakarida. Berfungsi sebagai barrier yang mengatur secara selektif zat-zat yang kedalam dan ke luar sel (Pratiwi, 2000).
Retikulum endoplasmikum dan ribosom, tampak sebagai vesikel pipih atau bundar atau tubuler yang sering beranastomosis satu dengan yang lain Apparatus golgi, tampak sebagai vesikel pipih yang bertumpuk-tumpuk Lisosom, vesikel yang dibungkus membranyang mengandung semacam enzim litik yang fungsi utamanya berhubungan dengan pencernaan intrasitoplasmik. Mitokondria, umumnya disusun oleh suatu membran luar dan dalam mempunyai lipatan-lipatan ke bagian dalam, membentuk krista. Berperan membentuk energi. Nukleus, merupakan bagian bulat atau oval, biasanya di bagian tengah sel. Terdiri dari bungkus, kromatin, nukleolus dan nukleoplasma (Ethel, 2004).
Jaringan adalah struktur yang dibentuk oleh kumpulan sel-sel yang sering mempunyai sifat morfologik dan fungsi yang sama. Meskipun sangat kompleks, tubuh manusia hanya terdiri dari 4 jaringan utama : Epitel, Penyambung, Otot Dan Saraf (Sloane, 2004).
Jaringan penyambung ditendai dengan banyaknya bahan intrasel yang dihasilkan oleh sel-selnya. Jaringan otot terdiri atas sel panjang yang mempunyai fungsi khusus yaitu kontraksi. Jaringan saraf terdiri dari sel-sek dengan prosessus panjang yang menonjol dari badan sel dan berfungsi khusus yaitu menerima, membangkitkan, dan menghantarkan rangsang saraf (Lewis, 2000).
Jaringan epitel berfungsi :
1.      menutupi dan melapisi permukaan
2.      absorpsi/penyerapan
3.      sekresi/pengeluaran misal epitel kelenjar
4.      sensoris misal neuroepitel
5.      kontraktil misal mioepitel

Blog Archive