Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Makalah Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini


BAB I
PENDAHULUAN


I.1 Latar Belakang
            Dalam upaya menciptakan proses belajar mengajar yang menggairahkan anak didik, khususnya anak usia dini, pendidik atau guru harus memperhatikan salah satu komponen yang berpengaruh dalam pembelajaran ialah : pemilihan metode pembelajaran atau pada pendidikan anak usia dini biasa disebut metode pengembangan.
            Kemudian menurut pendapat ”SARDIMAN A.M.” bahwa metode berfungsi sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan belajar anak usia dini.
Dari latar belakang di atas penulis mempunyai pendapat bahwa, dalam penggunaan metode, guru harus menyesuaikan dengan kondisi, suasana kelas, jumlah anak dan tujuan instruksional.

I.2 Rumusan dan Batasan Masalah
            Rumusan dan batasan masalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Pengertian metode pengembangan bahasa anak usia dini.
  2. Prinsip-prinsip dalam metode pengembangan bahasa anak usia dini.
  3. Metode/tehnik dalam pengembangan bahasa anak usia dini.

I.3 Tujuan Penulisan Makalah
            Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui pengertian pengembangan bahasa anak usia dini.
  2. Mengetahui prinsip-prinsip dalam metode pengembangan anak usia dini.
  3. Mengetahui metode yang digunakan dalam pengembangan bahasa anak usia dini.


1
 
 

BAB II
PEMBAHASAN


II.1 Pengertian Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini
            Pengertian Metode pengembangan bahasa adalah : salah satu alat agar anak didik memiliki keterampilan dalam berkomunikasi secara lisan, dengan lingkungan sekitar anak, serta memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya.

II.2 Prinsip-prinsip Dalam Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini
            Adapun prinsip-prinsip dalam metode pengembangan bahasa adalah :
  1. Bahan latihan/percakapan disesuaikan dengan tema.
  2. Kegiatannya sesuai dengan tema.
  3. Memberikan kebebasan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan secara spontan.
  4. Komunikasi dilaksanakan secara akrab.
  5. Memberikan contoh teladan dalam berbahasa.

II.3 Metode/Tehnik Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini
            Dalam metode pengembangan bahasa ada beberapa metode/tehnik yang digunakan khususnya pada anak usia dini adalah :
1.     Metode Bercerita
Adalah      :  cara penyajian materi pelajarannya, guru membacakan buku cerita atau anak yang bercerita menurut pengalamannya secara sederhana.
Tujuannya : agar anak mampu mendengarkan, memiliki perbendaharaan kata serta memahami kalimat sederhana. 
2.     Metode Tanya Jawab
2
 
Adalah      :  cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, dari guru kepada anak atau sebaliknya.
Tujuannya       : melanjutkan / meninjau pelajaran  yang lalu, menyelingi pembicaraan agar tidak bosan dan memimpin pengamatan dan pemikiran anak.
3.     Metode Mengucap Syair
Adalah      :  cara  penyajian  pelajarannya, guru  mengucapkan sajak baik dengan ekspresi atau diambil dari berbagai lagu kemudian diikuti anak secara perlahan, serta bahasanya disesuaikan dengan kemampuan anak.
Tujuannya : agar  anak  mengenal,  mampu  dan  dapat  menampilkan sajak/syair sederhana.
4.     Metode Karyawisata
Adalah      :  cara penyajian pelajarannya, dengan mengajak anak ke suatu tempat/objek yang bersejarah dan memiliki nilai pengetahuan untuk anak.
Tujuannya : merangsang  kreativitas  anak  dalam  memanfaatkan lingkungan nyata.
5.     Metode Eksperimen
Adalah      :  cara   penyajiannya   dilakukan   dalam    pelajaran  tertentu terutama yang bersifat objektif.
Tujuannya : agar anak mengenal konsep-konsep sains sederhana.
6.     Metode Latihan (Drill)
Adalah      :  cara  penyajiannya, dengan  cara  memberikan latihan kepada anak agar pengetahuan dan kecakapan tertentu dapat dikuasai anak.
Tujuannya : memberikan umpan  balik  kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Agar pengetahuan dan daya fikirnya semakin baik.





3
 

BAB III
KESIMPULAN



            Dari pembahasan di atas penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan terhadap anak didik usia dini perlu didukung dengan adanya metode-metode pengembangan, khususnya pada metode pengembangan bahasa, diantaranya : metode bercerita, tanya jawab, mengucap syair, karyawisata, eksperimen, dan metode latihan (Drill).
            Dengan tidak lupa berpedoman kepada prinsip-prinsip dalam metode pengembangan bahasa, yaitu :
  1. Bahan latihan disesuaikan dengan tema.
  2. Kegiatan disesuaikan dengan tema.
  3. Memberikan kebebasan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan.
  4. Komunikasi secara akrab.
  5. 4
     
    Memberikan contoh teladan dalam berbahasa.

Blog Archive