Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI





A. Pengertian Sains,Teknologi, dan Seni (IPTEKS)
1.         Sains
SAINS Yaitu Ilmu yang teratur (sistematis) yang dapat di uji atau di buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal fisika, kimia, biologi). Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Sains merupakan satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakekat mahluk, untuk menerangkan hukum-hukum alam.
2.  Teknologi
            Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.” Pengertian teknologi secara umum adalah:
·       Proses yang meningkatkan nilai tambah
·       Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
·       Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
3. Seni
            Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. Sedangkan menurut Kamus B.Indonesia, seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dll), seperti tari, lukis, ukir, dll. Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesame secara beradab, di mana pihak kesatu secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secara manusiawi yaitu orang perorang. Oleh karena itu, budi bahasapun adalah suatu seni.
B. Makna Sains, Teknologi , dan Seni bagi manusia
1.    Perkembangan Teknologi
  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  dapat mendatangkan keuntungan dan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya hal tersebut pula, muncul berbagai cabang-cabang  ilmu pengetahuan, seperti misalnya:
· Penggunaan teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan zat-zat radioaktif, dimana zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud damai. Misalnya, untuk keperluan bidang kesehatan (sinar rontgen), dibidang pertanian untuk memperbaiki bibit, untuk mendapatkan energi tinggi.
· Penggunaan teknologi hutan. Hutan mempunyai banyak fungsi: kertas, industri kayu lapis/ bahan bangunan, untuk tempat penyimpanan air, objek pariwisata, dan lain-lain.

2.   IPTEK dan Nilai
  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam menghadapi era teknologi modern dan industrialisasi, maka dituntut adanya keahlian untuk menggunakan, mengelola, dan senantiasa menyesuaikan dengan teknologi-teknologi dan ilmu pengetahuan yang baru. Selain itu sikap mental dan nilai hidup yang harus mengarah terhadap nilai tersebut.
Dengan adanya kemajuan teknologi, terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya dengan bijak, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun di pihak lain, baik di Negara maju maupun berkembang, teknologi justru dapat berdampak buruk seperti, sumber-sumber daya alam akan habis, pembawa polusi atau pencemaran, dan mengakibatkan meningkatnya  pengangguran.
Teknologi mempunyai dua  komponen utama, yaitu:
      Hardware aspect, meliputi peralatan yang memberikan bentuk pola teknologi sebagai objek fisikal atau material.
      Software aspect, meliputi sumber informasi yang memberikan penjelasan mengenai hal-hal peralatan fisik atau material tersebut.

C.  Manusia Sebagai Subjek Dan Objek Iptek
     Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, anatara lain :
1.  Dalam bidang pertaniaan, peternakan, dan perikanan
a.      Mampu menciptakan alat pertanian yang maju. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih efektif dan efisien.
b.     Produk pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah, demikian juga dengan produk pesstisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil.
c.      Teknik-teknik pemulian dapat meningkatkan produk pangan.
2. Dalam bidang kedokteran dan kesehatan
Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagoniskan berbagai penyakit. Contoh obat yang mengandung unsur radioaktif adalah isoniazid yang mengandung radioaktif, sangat radioaktif, sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC.
3. Dalam bidang telekomunikasi
Manusia telah membuat televisi, radio, telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh.
4. Dalam bidang pertahanan dan keamanan
Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.

D.   Dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan
Pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia :
Ø  Kegiatan-kegiatan industri
Ø  Kegiatan pertambangan
Ø  Kegiatan transportasi
Ø  Kegiatan pertanian
Suatu zat dikatakan polutan bila :
o   Kadar melebihi batas normal.
o   Berada padat tempat yang tidak semestinya.
o   Berada pada waktu yang tidak tepat.
Sifat-sifat polutan :
o   Merusak untuk sementara
o   Merusak setelah jangka waktu tertentu
3.    Bagian  bencana polusi
o   Yang langsung menggaungu kesehatan manusia
o   Efek tak langsung pada manusia
o   Efek langsung yang mengancam kualitas kehidupan manusia
o   Efek tak langsung terhadap masyarakat
Pencemaran lingkungan dapat berupa :
v  Pencemaran air tanah
o  Zat kimia seperti limbah industri
o  Sampah plastik
o  Zat-zat limbah industri
o  Berbagai sampah organik yang dibuang di sungai
o  Pembusukan yang berlebihan di perairan
o  DDT
v  Pencemaran  udara
o    Pembakaran bahan  bakar yang tidak sempurna dari pabrik
o    Asap rokok
o    Gas-gas yang merupakan pencemaran udara : CO,CO2,NO,NO2,SO, dan SO2

Blog Archive