Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

SENI KETERAMPILAN ANAK MELALUI : SENI MUSIK / BERMAIN ALAT MUSIK SEDERHANA


SENI KETERAMPILAN ANAK MELALUI :
SENI MUSIK / BERMAIN ALAT MUSIK SEDERHANA


I. Latar Belakang
            Dalam memenuhi kebutuhan perkembangan pada anak usia dini, khususnya dalam hal seni, hendaknya memperhatikan bakat dan kemampuan anak didik kita masing-masing. Salah satu bakat atau minat pada anak tersebut yang berhubungan dengan seni diantaranya seni musik.
Kecerdasan bermusik mencakup kepekaan dan penguasaan terhadap nada, irama, pola-pola ritme, tempo, instrumen, ekspresi musik, hingga seseorang dapat menyanyikan lagu, bermain musik dan menikmati musik.

II. Hakekat Pendidikan Seni :
  1. Pengertian seni secara umum adalah :
Hasil kreasi dan kreatifitas yang diolah secara halus dan sederhana. Perwujudan seni bergerak diwujudkan melalui ketekunan dan kehalusan budi yang sangat ditentukan oleh ilmu, moral, dan ketaqwaan manusianya terhadap Sang Pencipta.

  1. Manfaat/fungsi pendidikan seni adalah :
”Sebagai media untuk memenuhi perkembangan anak baik fisik maupun mental, serta meningkatkan kemampuan bidang keahliannya.”

  1. Jenis pendidikan seni :
” Seni rupa, seni musik, seni tari, seni sastra, seni drama” 

III. Pengelolaan Seni Keterampilan Anak
  1. Keterampilan Bermain Musik
·       Musik adalah : bagian dari kehidupan dan perkembangan jiwa manusia yang merupakan kekuatan dasar yang efektif untuk menenangkan dan mendatangkan inspirasi orang banyak.
·       Jenis-jenis musik:
a.      Musik Klasikal
b.     Musik Populer
c.      Musik Rock
Dalam pengimitasian alat musik dimaksudkan memberi kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi berbagai sumber bunyi instrumen dengan menggunakan bahan yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar kita, sehingga akan memperoleh beberapa alat musik sederhana.

  1. Perencanaan
-        Bahan dari apa yang akan dibuat keterampilan
Contoh : Botol bekas air mineral
-        Bentuk yang akan dibuat, botol mineral tadi diisi oleh batu-batuan/biji-bijian
-        Hasil dari seni keterampilan ini adalah alat musik sederhana yang menghasilkan bunyi yang berirama

  1. Pengadaan
-        Menyediakan bahan yang akan dibuat keterampilan
-        Memberikan petunjuk cara membuatnya dan menggunakannya

  1. a. Penggunaan :
-        Untuk mengenal alat musik sederhana
-        Untuk merangsang imajinasi anak
-        Untuk menghidupkan suasana
-        Mengenal dan membedakan benda ciptaan Tuhan
-        Memahami irama musik yang dibawakan
b. Evaluasi
-        Dengan menciptakan alat musik seperti ini anak diharapkan akan lebih kreatif, serta dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar kita.

IV. Pemilihan dan Pengembangan Seni Keterampilan Anak

1)     Pemilihan Seni Keterampilan Anak
Jenisnya        : Keterampilan bermain musik
                        Musik Populer Anak
                        Dengan menggunakan alat musik sederhana
Diiringi lagu : ”Pada Hari Jum’at”
                        Pada hari Jum’at kuturut Ayah ke Mesjid
                        Pakai baju koko, celana panjang dan kopeah
                        Ku duduk depan Pa Ustad yang sedang ceramah
                        Bercerita tentang Islam, betapa asiknya
                        Sik asik, asik, asik, asik, berjamaah
                        Sik asik, asik, asik, asik, sholah jum’at
2)     Pengembangan Seni Keterampilan Anak
-        Ada tiga aspek penunjang dalam pengembangan seni musik pada anak usia dini, adalah :
a.      Pengembangan fisik : baik motorik halus/kasar
b.     Pengembangan sosial : kegiatannya dilakukan bersama-sama serta memberikan kesempatan kepada anak mengenal keragaman budaya
c.      Pengembangan intelektual : melatih berfikir anak

3)     Prinsip Pembuatan dan Pemanfaatannya :
-        Belajar berhemat, memanfaatkan benda yang ada di sekitar, mengenal jenis musik yang dimainkan.
-        Pemanfaatannya adalah : dapat menunjang terhadap perkembangan seni musik pada anak

V. Pembuatan Seni Keterampilan Anak Melalui Alat Permainan Edukatif
1)        Pengertian APE : ”Berbagai kegiatan dalam penyampaian pengembangan pada anak dengan menggunakan alat bermain yang digunakan atau dimainkan di dalam kelas.”
Contoh : Puzzle, balok-balok, plastisin, alat musik, boneka, dsb.
2)        Tujuannya :
-        Anak mengenal dan menyebutkan alat permainan yang ada di dalam kelas.
-        Merangsang imajinasi anak saat memainkan alat permainan tersebut.
-        Dapat bersosialisasi dengan teman sewaktu bermain.
-        Memberikan kesempatan pada anak untuk memilih jenis alat permainan yang ada di dalam, yang dia sukai.

3)        Fungsinya :
-        Dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan pada anak
Seperti : pembiasaan, bahasa, kognitif, motorik halus/kasar, seni.

4)        Pembuatannya :
a.      Nama      : menciptakan alat musik sederhana

b.     Fungsinya :
-        Terampil menciptakan alat musik
-        Memanfaatkan benda di sekitar kita
-        Untuk merangsang imajinasi anak
-        Terampil memadukan musik dengan lirik lagu

c.      Bahan yang diperlukan
-        Mengumpulkan botol air mineral bekas dan galon bekas
-        Mengumpulkan biji-bijian dan batu kerikil

d.     Teknik Pembuatan
Setiap botol diisi dengan benda yang berbeda. Misalnya batuan, kerikil, biji-bijian ataupun kacang-kacangan.

e.      Cara Penggunaan
Botol yang sudah terisi dikocok dan yang tidak terisi dipukul.


5)        Praktek Pembelajarannya
-        Anak-anak disuruh membentuk lingkaran. Setelah rapi, guru membagikan botol yang sudah terisi. Ada yang isinya batu, ada isinya kerikil, ada yang isinya biji-bijian.
-        Pada setiap anak setelah memegang semua, barulah botol-botol tersebut digerakkan dengan cara dikocok-kocok dan yang kebagian botol galon caranya dipukul.
-        Dilakukannya baik bersama-sama ataupun bergantian, sesuai dengan jenis lagu yang dinyanyikannya.




Blog Archive