Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

MENANGKAP WAWASAN MARKETING




1         MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MEMINDAI LINGKUNGAN

1.1        Komponen dari Sistem Informasi Pemasaran modern

Meskipun setiap manajer dalam suatu organisasi perlu mengamati lingkungan luar, tanggung jawab utama untuk mengidentifikasi perubahan pasar yang signifikan jatuh ke pemasar perusahaan. Mereka memiliki dua keuntungan: mereka memiliki metode disiplin untuk mengumpulkan informasi, dan mereka menghabiskan banyak waktu daripada orang lain berinteraksi dengan pelanggan dan mengamati kompetisi dan perusahaan luar lainnya dan kelompok.
Beberapa perusahaan telah mengembangkan sistem informasi pemasaran yang menyediakan manajemen dengan detail yang kaya tentang pembeli , preferensi, dan perilaku.
Pemasar juga memiliki informasi yang luas tentang bagaimana pola konsumsi bervariasi di seluruh negara. Pada basis per kapita di Eropa Barat, misalnya, Swiss mengkonsumsi banyak coklat, orang-orang Yunani paling banyak mengkonsumsi keju, orang Irlandia yang paling banyak minum teh, dan Austria paling banyak perokok .
Namun demikian, banyak perusahaan bisnis yang tidak canggih tentang pengumpulan informasi. Banyak yang tidak memiliki departemen riset pemasaran. Lainnya memiliki departemen yang membatasi kerja untuk peramalan rutin, analisis penjualan, dan survei sesekali. Setiap perusahaan harus mengatur dan mendistribusikan aliran kontinu informasi kepada manajer pemasaran. Sebuah sistem informasi pemasaran (MIS) terdiri dari orang-orang, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan diperlukan, tepat waktu, dan informasi yang akurat kepada pembuat keputusan pemasaran. Sebuah sistem informasi pemasaran mengandalkan catatan internal perusahaan, kegiatan intelijen pemasaran, dan riset pemasaran. Kita akan membahas dua topik pertama di sini, dan yang ketiga di bab berikutnya.

1.2        Catatan internal dan intelejen pemasaran

Manajer pemasaran mengandalkan laporan internal pesanan, penjualan, harga, biaya, tingkat persediaan, piutang, hutang, dan sebagainya. Dengan menganalisis informasi ini, mereka bisa melihat peluang penting dan masalah.

1.3        Orde untuk Siklus Pembayaran

Departemen penjualan mempersiapkan faktur, mentransmisikan salinan ke berbagai departemen, dan pesanan kembali keluar dari stok barang. Item dikirim melalui pengiriman dan penagihan dokumen ke berbagai departemen.
Perusahaan saat ini perlu melakukan langkah-langkah cepat dan akurat, karena pelanggan mendukung perusahaan-perusahaan yang bisa menjanjikan pengiriman tepat waktu. Peningkatan jumlah perusahaan yang menggunakan internet dan ekstranet untuk meningkatkan kecepatan, akurasi, dan efisiensi untuk siklus pembayaran. Cisco Connection Online memungkinkan pemimpin-jaringan komputer untuk menghubungkan dengan segala pemasok, produsen, pelanggan, dan reseller online. Dengan mengurangi siklus pembayaran untuk pemasok, menghilangkan pembelian berbasis kertas, dan mengurangi tingkat persediaan, Cisco disimpan lebih dari $ 24 juta dalam biaya bahan dan $ 51 juta biaya tenaga kerja per tahun pada tahun-tahun pertama operasi program.

1.4        Sistem Informasi Penjualan

Manajer pemasaran membutuhkan laporan tepat waktu dan akurat tentang penjualan saat ini. Wal-Mart beroperasi dalam penjualan dan persediaan gudang data yang menangkap data pada setiap item, untuk setiap pelanggan, untuk setiap toko, setiap hari dan bahkan setiap jam.

1.5        Sistem Intelijen Pemasaran

Data hasil persediaan sistem catatan internal, tetapi sistem intelijen pemasaran memasok data yang terjadi. Sebuah sistem intelijen pemasaran adalah serangkaian prosedur dan sumber manajer digunakan untuk memperoleh informasi sehari-hari tentang perkembangan di lingkungan pemasaran. Manajer pemasaran mengumpulkan intelijen pemasaran dengan membaca buku, surat kabar, dan publikasi perdagangan; berbicara dengan pelanggan, pemasok, dan distributor; pemantauan "media sosial" di Internet melalui kelompok diskusi online, daftar e-mail dan blog; dan pertemuan dengan manajer perusahaan lain.
Sebuah perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas intelijen pemasaran, yaitu :
1.   Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan baru. Perusahaan harus "menjual" tenaga penjualan pada kepentingan mereka sebagai pengumpul intelijen. Sebagai contoh : beberapa pelanggan yang menggunakan bahan waterproofing Kasih karunia kedap suara mobil mereka dan sepatu bot Patch dan tenda. Tujuh ide-ide baru-produk muncul, bernilai jutaan dalam penjualan.
2.   Memotivasi distributor, pengecer, dan perantara lain untuk menyampaikan intelijen penting. Banyak perusahaan mempekerjakan spesialis untuk mengumpulkan intelijen pemasaran. Penyedia layanan dan pengecer menilai kebersihan fasilitas, kualitas produk, dan cara karyawan memperlakukan pelanggan.
3.   Jaringan eksternal. Perusahaan dapat membeli produk pesaing; menghadiri open house dan pameran dagang; membaca laporan pesaing diterbitkan; menghadiri pertemuan pemegang saham; berbicara dengan karyawan, dealer, distributor, pemasok, dan agen kargo; mengumpulkan iklan pesaing; dan mencari berita tentang pesaing.
4.   Mengatur panel penasehat pelanggan. Anggota mungkin termasuk pelanggan perwakilan pelanggan terbesar perusahaan atau pelanggan yang paling vokal atau canggih.
5.   Mengambil keuntungan dari sumber daya pemerintah data. 2000 Sensus AS memberikan pandangan mendalam pada ayunan populasi, kelompok demografis, migrasi regional, dan cha ing struktur keluarga dari 281.421.906 orang.
6.   Pembelian informasi dari pemasok luar. Perusahaan penelitian tersebut mengumpulkan data pelanggan panel dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada perusahaan bisa mengelola sendiri.

1.6        Menganalisis lingkungan makro

Perusahaan yang sukses mengenali dan menanggapi menguntungkan untuk kebutuhan yang tidak terpenuhi dan tren.

1.6.1       Kebutuhan dan Tren

Perusahaan berhasil menciptakan solusi baru untuk kebutuhan yang tak terpenuhi. FedEx diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman surat hari berikutnya.
Sebuah tren adalah arah atau urutan peristiwa yang memiliki beberapa momentum dan daya tahan. Tren yang lebih dapat diprediksi dan tahan lama dibandingkan mode. Sebuah tren mengungkapkan bentuk masa depan dan memberikan banyak kesempatan. Misalnya, persentase orang yang menghargai kebugaran fisik dan kesejahteraan telah meningkat terus selama bertahun-tahun, terutama pada kelompok bawah-3D, perempuan muda, konsumen kelas atas, dan orang-orang yang tinggal di Barat.
Sebuah peluang pasar baru tidak menjamin kesuksesan, bahkan jika produk secara teknis layak. Sebagai contoh, beberapa perusahaan menjual portable "buku elektronik" atau "e-book"; tapi mungkin tidak ada dalam jumlah yang memadai orang tertarik membaca buku di layar komputer atau bersedia membayar harga yang diperlukan. Inilah sebabnya mengapa riset pasar diperlukan untuk menentukan potensi keuntungan kesempatan ini.
Untuk membantu pemasar melihat pergeseran budaya yang mungkin membawa peluang atau ancaman baru, beberapa perusahaan menawarkan prakiraan sosial budaya. Wawancara Yankelovich Memantau 2.500 orang secara nasional setiap tahun dan telah dilacak 35 tren sosial sejak tahun 1971, seperti "anti-ukuran besar," "mistisisme," "hidup untuk hari ini," "jauh dari harta," dan "sensuousness."

1.7        Mengidentifikasi Angkatan Major

Perusahaan dan pemasok mereka, perantara pemasaran, pelanggan, pesaing, dan publik semua beroperasi di lingkungan makro kekuatan dan tren, semakin global, bahwa kesempatan bentuk dan menimbulkan ancaman. Kekuatan ini merupakan "noncontrollables," perusahaan yang harus memantau dan yang harus merespon.
Awal abad baru membawa serangkaian tantangan baru: penurunan curam pasar saham, yang mempengaruhi tabungan, investasi, dan dana pensiun, pengangguran meningkat, skandal korporasi, dan tentu saja, munculnya terorisme. Peristiwa dramatis disertai dengan kelanjutan dari tren yang ada yang telah sangat mempengaruhi lanskap global.
Dalam gambaran global yang berubah dengan cepat, perusahaan harus memantau enam kekuatan utama: demografi, ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum. Kami akan menjelaskan kekuatan-kekuatan ini secara terpisah, tetapi pemasar harus memperhatikan interaksi mereka, karena ini akan menimbulkan peluang dan ancaman baru. Misalnya, pertumbuhan penduduk eksplosif (demografi) menyebabkan penipisan sumber daya lebih dan polusi (alam), yang mengarah konsumen untuk panggilan untuk hukum yang lebih (politik-hukum), yang merangsang solusi teknologi baru dan produk (teknologi), yang, jika mereka terjangkau (ekonomi), benar-benar dapat mengubah sikap dan perilaku (sosial-budaya). "Pemasaran terobosan: Google" menjelaskan bagaimana perusahaan yang telah berhasil memanfaatkan lingkungan pemasaran baru.

1.8        Demografi Lingkungan

Ada sedikit alasan untuk menjadi terkejut oleh perkembangan demografis. The Singer Perusahaan seharusnya tahu selama bertahun-tahun bahwa bisnis mesin jahit yang akan dirugikan oleh keluarga yang lebih kecil dan istri lebih kerja, namun lambat dalam merespon.
Kekuatan demografi utama yang memonitor pemasar adalah populasi, karena orang membuat pasar. Pemasar sangat tertarik dalam ukuran dan tingkat pertumbuhan penduduk di kota-kota, daerah, dan negara-negara, distribusi usia dan campuran etnis, tingkat pendidikan, pola rumah tangga, dan karakteristik daerah dan gerakan.

1.9        Pertumbuhan Populasi di seluruh dunia

Populasi dunia menunjukkan pertumbuhan eksplosif: itu mencapai 6,1 miliar pada tahun 2000 dan akan melebihi 7,9 miliar pada tahun 2025,25 Berikut adalah gambar yang menarik:
Jika dunia adalah desa 1.000 orang, itu akan terdiri dari 520 perempuan dan 480 laki-laki, 330 anak-anak, 60 orang di atas usia 65, 10 lulusan perguruan tinggi, dan 335 orang dewasa yang buta huruf. Desa akan berisi 52 Amerika Utara, 55 Rusia, 84 Amerika Latin, 95 Timur dan Eropa Barat, 124 orang Afrika, dan 584 orang Asia. Komunikasi akan sulit karena 165 orang akan berbicara Mandarin, 86 Inggris, 83 Hindi / Urdu, 64 Spanyol, 58 Rusia, dan 37 Arab, dan sisanya akan berbicara salah satu dari lebih dari 200 bahasa lain. Akan ada 329 orang Kristen, 178 Muslim, Hindu 132, 62 Buddha, 3 orang Yahudi, 167 nonreligius, 45 ateis, dan 84 others.26
Ledakan penduduk telah menjadi sumber perhatian utama. Selain itu, pertumbuhan penduduk tertinggi di negara-negara dan masyarakat yang paling mampu membelinya. Daerah yang kurang berkembang di dunia saat ini mencapai 76% dari populasi dunia dan tumbuh sebesar 2% per tahun, sedangkan populasi di negara-negara yang lebih maju tumbuh pada hanya 0,6% per tahun. Di negara berkembang, angka kematian telah jatuh sebagai akibat dari obat modern, tetapi angka kelahiran tetap cukup stabil. Makan, pakaian, dan mendidik anak-anak, meskipun juga dapat meningkatkan standar hidup, hampir mustahil di negara-negara tersebut.
Pertumbuhan penduduk eksplosif memiliki implikasi besar untuk bisnis. Sebuah pertumbuhan populasi tidak berarti pasar berkembang, kecuali pasar ini memiliki daya beli yang cukup. Meskipun demikian, perusahaan yang hati-hati menganalisis pasar mereka dapat menemukan peluang besar.

1.10     Penduduk Umur Mix

Populasi nasional bervariasi dalam campuran usia mereka. Penduduk terekstrim adalah Meksiko, negara dengan populasi yang sangat muda dan pertumbuhan penduduk yang cepat. Pada ekstrim yang lain adalah Jepang, sebuah negara dengan salah satu populasi tertua di dunia. Susu, popok, perlengkapan sekolah, dan mainan akan produk yang lebih penting di Meksiko daripada di Jepang. Secara umum, ada kecenderungan global menuju populasi yang menua. Pada tahun 2005, populasi orang berusia 60 atau lebih melampaui proporsi balita, dan tidak mungkin bahwa ada akan pernah lagi menjadi lebih balita dari senior.
Pemasar umumnya membagi populasi menjadi enam kelompok umur: anak prasekolah, anak-anak usia sekolah, remaja, dewasa muda usia 20 sampai 40, orang dewasa setengah baya usia 40-65, dan orang dewasa yang lebih tua usia 65 dan ke atas. Beberapa pemasar ingin fokus pada kohort. Kohort adalah kelompok individu yang lahir selama periode waktu yang sama dan perjalanan melalui kehidupan bersama-sama.

1.11     Etnis dan lain Pasar

Negara juga bervariasi dalam etnis dan ras makeup. Penduduk terekstrim adalah Jepang, di mana hampir semua orang Jepang; dan lainnya adalah Amerika Serikat, di mana orang-orang datang dari hampir semua negara.
Menurut sensus 2000, penduduk AS dari 276.200.000 adalah 72% Putih. Afrika Amerika merupakan 13%, dan 11% Hispanik. Populasi Hispanik telah tumbuh cepat, dengan subkelompok terbesar dari Meksiko (5,4%), Puerto Rico (1,1%), dan Kuba (0,4%) keturunan. Pada tahun 2020, Hispanik diharapkan untuk membuat 18,9% ofthe populasi. Amerika Asia merupakan 3,8% dari penduduk AS, dengan Cina sebagai kelompok terbesar, diikuti oleh Filipina, Jepang, India Asia, dan Korea, dalam urutan itu. Konsumen Hispanik dan Amerika Asia awalnya terkonsentrasi di bagian barat jauh dan selatan negara itu, tetapi meningkatkan penyebaran berlangsung. Selain itu, hampir 25 juta orang yang tinggal di Amerika Serikat-lebih dari 9% dari populasi-lahir di negara lain.
Makanan beberapa, pakaian, dan furniture perusahaan telah diarahkan produk dan promosi mereka untuk satu atau lebih kelompok etnis. Namun pemasar harus berhati-hati untuk tidak lebih menggeneralisasikan.

1.12     Grup pendidikan

Populasi dalam setiap masyarakat jatuh ke dalam lima kelompok pendidikan: buta huruf, putus sekolah tinggi, diploma sekolah tinggi, gelar sarjana, dan gelar profesional. Lebih dari dua pertiga dari 785 juta orang dewasa yang buta huruf di dunia ditemukan di hanya delapan negara (India, Cina, Bangladesh, Pakistan, Nigeria, Ethiopia, Indonesia, dan Mesir), dari semua orang dewasa buta huruf di dunia, dua pertiga adalah HIV.34 Amerika Serikat memiliki salah satu persentase tertinggi di dunia dari warga berpendidikan tinggi, sekitar 36%. Jumlah besar orang berpendidikan di Amerika Serikat mantra permintaan yang tinggi untuk buku-buku berkualitas, majalah, dan perjalanan, dan pasokan yang tinggi keterampilan.

1.13     Pola rumah tangga

The "rumah tangga tradisional" terdiri dari suami, istri, dan anak-anak (dan kadang-kadang kakek-nenek). Namun, pada tahun 2010, hanya satu dari lima rumah tangga AS akan terdiri dari pasangan menikah dengan anak-anak di bawah usia 18. Lain diproyeksikan komposisi rumah tangga tunggal (27%), keluarga orang tua tunggal (8%), pasangan menikah tanpa anak (32%), hidup dengan nonrelatives hanya (5%). dan struktur keluarga lainnya (8%). 35
Lebih banyak orang yang bercerai atau memisahkan, memilih untuk tidak menikah, menikah nanti, atau menikah tanpa niat untuk memiliki anak. Setiap kelompok memiliki seperangkat khas kebutuhan dan kebiasaan membeli. Misalnya, orang-orang dalam kelompok SSWD (tunggal, dipisahkan, janda, bercerai) perlu apartemen kecil; murah dan lebih kecil peralatan, furnitur, dan perabot; dan paket makanan-ukuran yang lebih kecil.

1.14     Pergeseran geografis dalam Populasi

Ini adalah periode pergerakan migrasi besar antara dan di dalam negara. Meskipun Amerika Serikat mengalami rebound pedesaan di tahun 1990-an ketika negara non metropolitan menarik sejumlah besar pengungsi urban, abad kedua puluh satu melihat pasar perkotaan berkembang lebih pesat lagi, karena tingkat yang lebih tinggi kelahiran, tingkat kematian yang lebih rendah, dan pertumbuhan yang cepat dari imigrasi asing.
Gerakan ke negara-negara Sunbelt telah mengurangi permintaan untuk pakaian dan peralatan pemanas rumah hangat dan meningkatkan permintaan untuk AC. Mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti New York, Chicago, dan San Francisco account untuk sebagian besar penjualan bulu mahal, parfum, koper, dan karya seni. Kota ini juga mendukung opera, balet, dan bentuk lain dari budaya.

1.15     lingkungan Makro Utama Lainnya

Pasukan lingkungan makro lainnya sangat mempengaruhi nasib pemasar. Di sini kita meninjau perkembangan lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum.

1.15.1    Lingkungan ekonomi

Daya beli yang tersedia dalam suatu perekonomian tergantung pada pendapatan saat ini, harga, tabungan, utang, dan ketersediaan kredit. Pemasar harus perhatikan tren yang mempengaruhi daya beli, karena mereka dapat memiliki dampak yang kuat pada bisnis, terutama bagi perusahaan yang produknya ditujukan untuk berpenghasilan tinggi dan konsumen sensitif terhadap harga.
DISTRIBUSI PENDAPATAN Ada empat jenis struktur industri :  ekonomi subsisten seperti Papua Nugini, dengan beberapa peluang bagi pemasar; ekonomi bahan baku-ekspor seperti Republik Demokratik Kongo (tembaga) dan Arab Saudi (minyak), dengan pasar yang baik untuk peralatan, peralatan, perlengkapan, dan barang-barang mewah untuk orang kaya; industrialisasi ekonomi seperti India, Mesir, dan Filipina, di mana kelas kaya baru dan permintaan kelas menengah yang tumbuh jenis baru barang; dan ekonomi industri seperti negara-negara di Eropa Barat, yang merupakan pasar kaya untuk segala macam barang.
Pemasar sering membedakan negara menggunakan lima pola distribusi pendapatan yang berbeda: (1) pendapatan sangat rendah; (2) pendapatan sebagian besar rendah; (3) sangat rendah, pendapatan yang sangat tinggi; (4) rendah, sedang, tinggi pendapatan; dan (5) pendapatan sebagian besar media. Mempertimbangkan pasar untuk Lamborghini, mobil biaya lebih dari $ 150.000. Pasar akan sangat kecil di negara-negara dengan jenis (1) atau (2) pola pendapatan. Salah satu pasar tunggal terbesar untuk Lamborghini ternyata Portugal (pola penghasilan 3), salah satu dari negara-negara miskin di Eropa Barat, tetapi satu dengan keluarga kaya yang cukup untuk membeli mobil mahal.
Selama tiga dekade terakhir di Amerika Serikat, orang kaya telah tumbuh lebih kaya, kelas menengah telah menyusut, dan orang miskin tetap miskin. Dari tahun 1973 hingga 1999, pendapatan untuk rumah tangga AS di atas 5% dari distribusi pendapatan tumbuh 65%, dibandingkan dengan pertumbuhan 11% untuk tengah seperlima dari rumah tangga selama periode yang sama.
TABUNGAN, HUTANG, DAN pengeluaran KREDIT konsumen dipengaruhi oleh tabungan, utang, dan ketersediaan kredit. Konsumen AS memiliki rasio utang terhadap pendapatan tinggi, yang sJows bawah pengeluaran lebih lanjut tentang perumahan dan besar-tiket item. Kredit sudah tersedia di Amerika Serikat tetapi pada suku bunga yang cukup tinggi, terutama untuk peminjam berpenghasilan rendah. Masalah ekonomi semakin penting bagi banyak konsumen AS menganggur adalah migrasi produsen dan pekerjaan layanan lepas pantai.

1.15.2    Budaya sosial Lingkungan

Masyarakat membentuk keyakinan, nilai-nilai, dan norma-norma yang sebagian besar menentukan selera konsumen dan preferensi. Orang menyerap, hampir tidak sadar, pandangan dunia yang mendefinisikan hubungan mereka untuk diri mereka sendiri, orang lain, organisasi, masyarakat, dengan alam, dan alam semesta.
1.       Dilihat dari diri mereka. Di Amerika Serikat selama tahun 1960-an dan 1970-an, "pencari kesenangan" mencari menyenangkan, perubahan. dan melarikan diri. Lainnya dicari "realisasi diri." Orang-orang membeli mobil impian dan liburan impian dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan kesehatan (jogging, tenis), dalam introspeksi, dan dalam seni dan kerajinan (lihat Tabel 3.3 untuk ringkasan kegiatan waktu luang atas konsumen dan bagaimana mereka telah berubah selama masa lalu dekade). Hari ini, beberapa orang yang mengadopsi perilaku yang lebih konservatif dan ambisi.
2.       Dilihat dari orang lain. Orang-orang khawatir tentang tunawisma, kejahatan dan korban, dan masalah sosial lainnya. Pada saat yang sama, mereka mencari "semacam sendiri" mereka untuk orang asing yang serius dan tahan lama hubungan dan menghindari. Kecenderungan ini menandakan pasar yang berkembang untuk produk dan layanan yang mempromosikan hubungan langsung antara manusia, seperti klub kesehatan, kapal pesiar, dan kegiatan keagamaan sosial-dukungan. Mereka juga menyarankan pasar yang berkembang untuk "pengganti sosial" seperti televisi, home video game, dan chat room di Internet.
3.       Dilihat dari organisasi. Setelah gelombang perampingan perusahaan dan skandal akuntansi perusahaan, telah terjadi penurunan keseluruhan loyalty.44 organisasi Banyak orang saat ini melihat pekerjaan bukan sebagai sumber kepuasan, tetapi sebagai tugas yang diperlukan untuk mendapatkan uang untuk menikmati jam nonwork mereka. Perusahaan perlu menemukan cara baru untuk memenangkan kembali kepercayaan konsumen dan karyawan. Mereka perlu memastikan bahwa mereka adalah warga perusahaan yang baik dan bahwa pesan konsumen mereka honest.45
4.       Dilihat dari masyarakat. Beberapa orang membela masyarakat (preservers), beberapa menjalankannya (pembuat), beberapa mengambil apa yang mereka dapat dari itu (pengambil), beberapa ingin mengubahnya (penukaran), beberapa mencari sesuatu yang lebih dalam (pencari). dan yang lain ingin meninggalkan itu (escapers) 0,46 Pola konsumsi sering mencerminkan sikap sosial. Pembuat cenderung berprestasi tinggi yang makan, pakaian, dan hidup dengan baik. Changers biasanya hidup lebih hemat, mengendarai mobil kecil, dan memakai pakaian sederhana. Escapers dan pencari adalah pasar utama untuk film, musik, berselancar, dan berkemah.
5.       Pemandangan alam. Orang-orang telah terbangun kerapuhan alam dan finiteness sumber dayanya. Bisnis telah menanggapi peningkatan minat untuk menjadi selaras \ <\! Engan dan mengalami alam dengan memproduksi varietas yang lebih luas dari berkemah, hildng, berperahu, dan alat tangkap seperti sepatu, tenda, ransel, dan aksesoris.
6.       Dilihat dari alam semesta. Kebanyakan warga AS yang monoteistik, meskipun keyakinan dan praktik keagamaan telah berkurang selama bertahun-tahun. Gerakan evangelis tertentu menjangkau untuk membawa orang kembali ke agama. Beberapa ofthe dorongan keagamaan telah diarahkan ke kepentingan dalam agama-agama Timur, mistisisme, okultisme, dan gerakan potensi manusia.
Karakteristik budaya lainnya yang menarik untuk pemasar adalah kegigihan nilai-nilai budaya inti dan keberadaan subkultur. Mari kita lihat kedua.

1.16     lingkungan Makro Utama Lainnya

Pasukan lingkungan makro lainnya sangat mempengaruhi nasib pemasar. Di sini kita meninjau perkembangan lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum.

1.17     Lingkungan ekonomi

Daya beli yang tersedia dalam suatu perekonomian tergantung pada pendapatan saat ini, harga, tabungan, utang, dan ketersediaan kredit. Pemasar harus perhatikan tren yang mempengaruhi daya beli, karena mereka dapat memiliki dampak yang kuat pada bisnis, terutama bagi perusahaan yang produknya ditujukan untuk berpenghasilan tinggi dan konsumen sensitif terhadap harga.
DISTRIBUSI PENDAPATAN Ada empat jenis struktur industri: ekonomi subsisten seperti Papua Nugini, dengan beberapa peluang bagi pemasar; ekonomi bahan baku-ekspor seperti Republik Demokratik Kongo (tembaga) dan Arab Saudi (minyak), dengan pasar yang baik untuk peralatan, peralatan, perlengkapan, dan barang-barang mewah untuk orang kaya; industrialisasi ekonomi seperti India, Mesir, dan Filipina, di mana kelas kaya baru dan permintaan kelas menengah yang tumbuh jenis baru barang; dan ekonomi industri seperti negara-negara di Eropa Barat, yang merupakan pasar kaya untuk segala macam barang.
Pemasar sering membedakan negara menggunakan lima pola distribusi pendapatan yang berbeda: (1) pendapatan sangat rendah; (2) pendapatan sebagian besar rendah; (3) sangat rendah, pendapatan yang sangat tinggi; (4) rendah, sedang, tinggi pendapatan; dan (5) pendapatan sebagian besar media. Mempertimbangkan pasar untuk Lamborghini, mobil biaya lebih dari $ 150.000. Pasar akan sangat kecil di negara-negara dengan jenis (1) atau (2) pola pendapatan. Salah satu pasar tunggal terbesar untuk Lamborghini ternyata Portugal (pola penghasilan 3), salah satu dari negara-negara miskin di Eropa Barat, tetapi satu dengan keluarga kaya yang cukup untuk membeli mobil mahal.
Selama tiga dekade terakhir di Amerika Serikat, orang kaya telah tumbuh lebih kaya, kelas menengah telah menyusut, dan orang miskin tetap miskin. Dari tahun 1973 hingga 1999, pendapatan untuk rumah tangga AS di atas 5% dari distribusi pendapatan tumbuh 65%, dibandingkan dengan pertumbuhan 11% untuk tengah seperlima dari rumah tangga selama periode yang sama. Hal ini mengarah ke pasar dua-tier AS, dengan orang-orang kaya menghabiskan lebih hati-hati, berbelanja di toko diskon dan mal factory outlet, dan memilih merek toko lebih murah.
Pengecer konvensional barang menengah-harga yang tawarkan adalah yang paling rentan terhadap perubahan ini. Perusahaan yang menanggapi tren dengan menyesuaikan produk dan pitches untuk dua Americas sangat berbeda ini mereka berdiri untuk mendapatkan. Menyadari bahwa hal itu bisa terjebak dalam "tanah tak bertuan," mengingat strategi channel yang menekankan pengecer seperti Sears menjual terutama untuk kelas menengah, Levi-Strauss memperkenalkan lini premium seperti Levi Modal E ke pengecer kelas atas Bloomingdales, Barney New York, dan lain-lain whiJe juga memperkenalkan lebih murah Levis Strauss Signature line untuk pengecer pasar massal seperti Wal-Mart.
TABUNGAN, HUTANG, DAN pengeluaran KREDIT konsumen dipengaruhi oleh tabungan, utang, dan ketersediaan kredit. Konsumen AS memiliki rasio utang terhadap pendapatan tinggi, yang sJows bawah pengeluaran lebih lanjut tentang perumahan dan besar-tiket item. Kredit sudah tersedia di Amerika Serikat tetapi pada suku bunga yang cukup tinggi, terutama untuk peminjam berpenghasilan rendah. Masalah ekonomi semakin penting bagi banyak konsumen AS menganggur adalah migrasi produsen dan pekerjaan layanan lepas pantai. Dari India, Infosys menyediakan jasa outsourcing untuk Cisco, Nordstrom, Microsoft, dan lain-lain. 15.000 karyawan yang $ 1,6 bilJion perusahaan yang berkembang pesat menyewa setiap tahun menerima pelatihan di $ 120.000.000 fasilitas Infosys 'luar Bangalore. Di sana mereka belajar keterampilan teknis serta "lembut" keterampilan mengenai team building, komunikasi interpersonal, dan pentingnya menjadi duta merek yang mereka layani.

1.18     Lingkungan alami

Kerusakan lingkungan alam merupakan masalah global utama. Ada kekhawatiran besar tentang "gas rumah kaca" di atmosfer akibat pembakaran bahan bakar fosil; tentang penipisan lapisan ozon akibat bahan kimia tertentu dan pemanasan global; dan tentang tumbuh kekurangan air. Di Eropa Barat, "hijau" pihak telah penuh semangat ditekan untuk aksi publik untuk mengurangi polusi industri. Di Amerika Serikat, para ahli telah mendokumentasikan kerusakan ekologi, dan kelompok-kelompok pengawas seperti Sierra Club dan Friends of the Earth membawa masalah ini ke dalam tindakan politik dan sosial.
Peraturan baru memukul industri tertentu sangat sulit. Perusahaan baja dan utilitas publik harus berinvestasi miliaran dolar dalam peralatan polusi kontrol dan lebih bahan bakar ramah lingkungan. Industri sabun meningkat biodegradasi produknya '. Peluang besar menanti perusahaan dan pemasar yang dapat menciptakan solusi yang mendamaikan kesejahteraan dengan perlindungan lingkungan. Pertimbangkan bagaimana industri otomotif telah disesuaikan dengan masalah lingkungan.
Konsumen sering muncul konflik tentang keputusan produk yang mempengaruhi lingkungan alam. Satu penelitian menunjukkan bahwa meskipun 80% dari konsumen AS mengatakan keamanan lingkungan mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk, hanya sedikit lebih dari setengah menegaskan bahwa mereka dibeli daur ulang atau products.49 lingkungan aman Orang-orang muda khususnya lebih mungkin merasa bahwa tidak ada yang mereka lakukan pribadi membuat perbedaan dalam memecahkan masalah lingkungan. Meningkatkan jumlah produk hijau yang mereka beli membutuhkan konsumen untuk mematahkan kebiasaan loyalitas mereka, mengatasi skeptisisme tentang motif di balik pengenalan produk dan tingkat kualitas mereka, dan mengubah sikap mereka tentang peran produk seperti bermain dalam perlindungan lingkungan. (Lihat "Pemasaran Insight: Pemasaran Hijau.")

1.19     Teknologi Lingkungan

Salah satu kekuatan yang paling dramatis membentuk kehidupan masyarakat adalah teknologi. Selama bertahun-tahun, teknologi telah merilis keajaiban seperti penisilin, operasi jantung terbuka, dan pil KB, dan kengerian seperti bom hidrogen, gas syaraf, dan senapan mesin ringan. Hal ini juga dirilis seperti berkat campuran seperti ponsel dan video game.
Setiap teknologi baru merupakan kekuatan untuk "penghancuran kreatif." Transistor merugikan industri tabung vakum, xerografi menyakiti bisnis karbon-kertas, autos menyakiti rel kereta api, dan televisi menyakiti koran. Alih-alih pindah ke teknologi baru, banyak industri tua berjuang atau mengabaikan mereka, dan bisnis mereka menurun. Namun itu adalah inti dari kapitalisme pasar menjadi dinamis dan mentolerir merusak kreatif teknologi sebagai harga kemajuan.
Jumlah teknologi baru utama kami menemukan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. Sayangnya, penemuan teknologi tidak muncul secara merata melalui waktu-industri kereta api menciptakan banyak investasi, dan kemudian investasi mereda sampai industri otomotif muncul. Dalam waktu antara inovasi besar, ekonomi bisa stagnan. Sementara itu, inovasi kecil mengisi kesenjangan: kopi beku-kering, kombinasi sampo dan kondisioner, antiperspirant dan deodoran, dan sejenisnya. Mereka membutuhkan lebih sedikit risiko, tetapi mereka juga dapat mengalihkan upaya penelitian dari terobosan besar.
Teknologi baru juga menciptakan konsekuensi besar jangka panjang yang tidak selalu mendatang. Pil kontrasepsi, misalnya, membantu memimpin keluarga yang lebih kecil, istri lebih kerja, dan kebijaksanaan yang lebih besar pendapatan-mengakibatkan pengeluaran yang lebih tinggi tentang wisata liburan, barang tahan lama, dan barang-barang mewah. Ponsel, video game, dan internet tidak hanya mengurangi perhatian media tradisional, mereka mengurangi interaksi sosial tatap muka sebagai orang mendengarkan musik, menonton film di ponsel mereka, dan sebagainya. Teknologi juga bersaing satu sama lain. Pemasar harus memantau empat tren berikut teknologi: laju percepatan perubahan, peluang tak terbatas untuk inovasi, berbagai anggaran R & D, dan peraturan peningkatan perubahan teknologi.
PERCEPATAN DAN PERUBAHAN Banyak produk umum hari ini yang tidak tersedia 40 tahun yang lalu. Peneliti elektronik sedang membangun chip cerdas untuk membuat mobil, rumah, dan kantor terhubung dan lebih responsif terhadap perubahan kondisi. Ide lebih dari sebelumnya dalam karya, dan waktu antara munculnya ide-ide baru dan keberhasilan pelaksanaan mereka semua tapi menghilang. Jadi waktu adalah antara pengenalan dan puncak produksi
PELUANG TIDAK TERBATAS UNTUK INOVASI Beberapa pekerjaan yang paling menarik saat ini sedang berlangsung di bidang bioteknologi, komputer, mikroelektronika, telekomunikasi, robotika, dan bahan desainer. Proyek Genom Manusia berjanji untuk mengantar Biologi Century sebagai pekerja biotek membuat obat baru medis, makanan baru, dan bahan baru. Para peneliti sedang bekerja pada vaksin AIDS, kontrasepsi benar-benar aman, dan nonfattening makanan. Mereka merancang robot untuk pemadam kebakaran, eksplorasi bawah laut, dan panti jompo.
BERVARIASI R & D APBD sebagian agrowing US R & D pengeluaran yang terjadi ke sisi pengembangan R & D sebagai lawan ke sisi penelitian, meningkatkan kekhawatiran tentang apakah Amerika Serikat dapat mempertahankan keunggulannya dalam ilmu dasar. Banyak perusahaan yang konten untuk menaruh uang mereka ke dalam menyalin produk pesaing dan membuat fitur dan gaya minor perbaikan. Bahkan perusahaan riset dasar seperti DuPont, Bell Laboratories, dan Pfizer adalah melanjutkan dengan hati-hati, dan lebih konsorsium dari perusahaan tunggal yang mengarahkan upaya penelitian mereka terhadap terobosan besar.
MENINGKAT PERATURAN TEKNOLOGI GANTI Pemerintah telah memperluas kekuasaan badan-badannya 'untuk menyelidiki dan melarang produk yang berpotensi tidak aman. Di Amerika Serikat, Federal Food and Drug Administration harus menyetujui semua obat sebelum mereka bisa dijual. Peraturan keselamatan dan kesehatan juga meningkat di bidang makanan, mobil, pakaian, peralatan listrik, dan konstruksi.

1.20     Lingkungan politik-hukum

Lingkungan politik dan hukum terdiri dari hukum, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu. Kadang-kadang hukum-hukum ini juga menciptakan peluang baru untuk bisnis. Dua tren utama dalam lingkungan politik-hukum adalah peningkatan dalam undang-undang bisnis dan pertumbuhan kelompok kepentingan khusus.
KENAIKAN undang-undang LEGISLASI BISNIS Bisnis memiliki empat tujuan utama: untuk melindungi perusahaan dari persaingan tidak sehat, untuk melindungi konsumen dari praktek-praktek bisnis yang tidak adil, untuk melindungi kepentingan masyarakat dari perilaku bisnis yang tak terkendali, dan untuk mengisi bisnis dengan biaya sosial yang dibuat oleh produk atau produksi mereka proses. Meskipun setiap hukum baru mungkin memiliki alasan yang sah, hal itu juga mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan dari melemahnya inisiatif dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.
Undang-undang yang mempengaruhi bisnis telah meningkat terus selama bertahun-tahun. Komisi Eropa telah aktif dalam membangun kerangka kerja baru hukum meliputi perilaku kompetitif, standar produk, kewajiban produk, dan transaksi komersial untuk 25 negara anggota Uni Eropa. Amerika Serikat memiliki banyak undang-undang tentang buku yang coveling isu-isu seperti kompetisi, productsafetyand kewajiban, perdagangan yang adil dan praktik kredit, dan kemasan dan pelabelan.
Beberapa negara telah pergi lebih jauh dari Amerika Serikat pada meloloskan undang-undang perlindungan konsumen yang kuat. Norwegia melarang beberapa bentuk perangko promosi penjualan-perdagangan, kontes, premi-sebagai tidak patut atau "tidak adil" instrumen untuk mempromosikan produk. Thailand membutuhkan makanan prosesor menjual merek nasional untuk memasarkan merek-harga rendah juga, sehingga konsumen lowincome dapat menemukan merek perekonomian. Di India, perusahaan makanan perlu persetujuan khusus untuk meluncurkan merek yang menduplikasi apa yang sudah ada di pasar, seperti minuman cola lain atau merek beras.
Perusahaan umumnya menetapkan ulasan prosedur hukum dan menyebarluaskan standar etika untuk membimbing manajer pemasaran mereka, dan sebagai bisnis yang lebih terjadi di dunia maya, pemasar harus menetapkan parameter baru untuk melakukan bisnis elektronik etis.
PERTUMBUHAN KELOMPOK KHUSUS-BUNGA komite aksi politik (PAC) pejabat pemerintah lobi dan eksekutif bisnis tekanan untuk lebih memperhatikan hak-hak, hak-hak perempuan, warga senior 'konsumen hak, hak-hak minoritas, dan hak-hak gay.
Banyak perusahaan telah membentuk departemen urusan publik untuk menangani kelompok-kelompok ini dan isu-isu. Kekuatan penting yang mempengaruhi bisnis adalah konsumerisme gerakan-gerakan yang terorganisir warga dan pemerintah untuk memperkuat hak dan kekuatan pembeli dalam hubungan dengan penjual. Consumerists telah menganjurkan dan memenangkan hak untuk mengetahui biaya bunga sejati pinjaman, biaya sebenarnya per unit standar merek bersaing (harga unit), bahan dasar dalam produk, kualitas gizi makanan, kesegaran produk, dan manfaat sebenarnya dari produk.
Perusahaan yang bijaksana membangun urusan konsumen departemen untuk membantu merumuskan kebijakan dan menyelesaikan dan menanggapi keluhan konsumen.
Jelas, undang-undang baru dan meningkatnya jumlah kelompok penekan telah menempatkan lebih pengekangan pada pemasar. Pemasar harus membersihkan rencana mereka dengan hukum, hubungan masyarakat perusahaan, urusan publik, dan departemen urusan konsumen. Perusahaan asuransi secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi desain detektor asap; kelompok ilmiah mempengaruhi desain produk semprot. Pada intinya, banyak transaksi pemasaran swasta telah pindah ke domain publik.

Blog Archive