Metode Bercerita adalah :
1.
Merupakan
salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan membawakan cerita
kepada anak secara lisan.
2.
Suatu
teknik cara yang digunakan oleh pendidik atau orang dewasa untuk menyampaikan
isi cerita kepada anak didik.
3.
suatu
cara pemberian pelajaran dengan penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru
terhadap kelas.
Tujuan Metode Bercerita
Melatih daya tangkap, melatih daya
konsentrasi membantu perkembangan fantasi, menciptakan suasana senang dalam
kelas, membangkitkan minat semangat sikap dan apresiasi pada anak.
MOTIVASI
Motivasi merupakan energi dasar yang
terdapat dalam diri seseorang, tiap tingkah laku didorong oleh suatu energi
dasar yang disebut instink.
Motivasi diartikan sebagai daya upaya
yang mendorong seseorang untuk melaksanakan sesuatu dan merupakandaya penggerak
dari dalam diri anak untuk melaksanakan aktivitas tertentu demi tercapai suatu
tujuan.
Jadi
metode dan Motivasi sangat berkaitan sekali hubungannya saling bermanfaat.
Berdasarkan keterangan di atas maka jelaslah Metode Bercerita sangat penting
untuk memotivasi anak mengembangkan kemampuan Bahasa karena metode tersebut
sangat disenangi oleh anak, dengan menyenangi isi cerita, akan terdorong untuk
bersemangat belajar. Dengan semangat itulah anak akan mengembangkan fantasinya
dan imajinasinya.
Maka
sebagai guru Taman Kanak-Kanak, dituntut harus pandai memainkan isi cerita
dengan imajinasi dan perasaan gembira, senang, sedih dan seterusnya karena
dunia anak adalah dunia dongeng. Dengan demikian maka jelaslah peranan Metode
Bercerita sangat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan,
keterampilan dan sikap.
Peranan Metode dan Motivasi
1.
Anak
akan termotivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, karena metode
bercerita di TK sangat disenangi anak.
2.
Anak
akan termotivasi untuk mengembangkan imajinasi dan fantasi karena ada
rangsangan dorongan dari guru.
3.
Anak
akan termotivasi untuk semangat belajar karena ada dorongan dari luar untuk
mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK.
4.
Dengan
metode bercerita anak akan melatih daya tangkap untuk mengembangkan pengetahuan
dalam kemampuan berbahasa.
5.
Dengan
Metode Bercerita anak akan terdorong untuk membangkitkan minat, semangat untuk
belajar.
Dalam upaya ini tugas guru adalah memotivasi anak
untuk lebih semangat belajar, dengan prinsip bermain sambil belajar, belajar
seraya bermain. Sebagai guru yang baik, dituntut untuk kreatif, inovatif dan
imajinatif. Agar tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan, maka gurulah yang
paling utama untuk memberikan harapan dan semangat anak untuk belajar, dengan
kasih sayang tanpa melihat sebelah mata, sehingga anak akan lebih nyaman,
senang, gembira karena guru selalu memberikan motivasi kepada anak untuk lebih
maju dengan menggunakan berbagai metode.
Dengan
demikian jelaslah hubungan Metode dan Motivasi dalam meningkatkan kemampuan
berbahasa menjadi tujuan agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan
dengan lingkungannya. Oleh karena itu berkomunikasi memiliki peran yang sangat
penting dalam kegiatan bersosialisasi dengan orang lain.
Hubungan
Metode Bercerita dalam upaya meningkatkan motivasi penggunaan kemampuan
berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Metode Bercerita adalah merupakan salah satu
pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan memberikan cerita kepada anak
secara lisan.