RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri
Nama Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Pembelajaran Aktivitas Air
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x 40 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
Aspek Sikap
Menunjukkan perilaku sportivitas, tanggung jawab, menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain, perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
2. Aspek
Pengetahuan
Memahami pengetahuan tentang keterampilan dasar
pembelajaran aktivitas air.
3. Aspek
Keterampilan
Mempraktekkan keterampilan dasar pembelajaran aktivitas
air
|
· Berperilaku sportivitas
dalam bermain.
· Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan
kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
· Menghargai perbedaan
karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
· Menunjukkan kemauan
bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
· Toleransi dan mau
berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
· Menjelaskan cara renang
gaya bebas dengan berbagai gerak dasar fundamental (gerakan kaki,gerakan
tangan,dan pengambilan napas) Pembelajaran aktivitas air dengan benar.
· Menjelaskan cara
Melakukan gerakan kaki renang gaya bebas dengan benar.
· Menjelaskan cara
melakukan gerakan tangan renang gaya bebas dengan benar.
· Menjelaskan cara
melakukan pengambilan napas,renang gaya bebas dengan benar
· Menjelaskan cara
perlombaan renang gaya bebas 25 meter dan 50 meter.
· Mempraktekkan gerak
dasar fundamental gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi benar
· Mempraktekkan teknik
gerakan tangan renang gaya bebas dengan benar
· Mempraktekkan gerak dasar melakukan
pengambilan napas,renang gaya bebas dengan benar
· Melakukan perlombaan
renang gaya bebas 25 meter dan 50 meter.
|
C. TUJUAN
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Menunjukkan
perilaku sportivitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
2.
Memahami
cara melakukan pengenalan di air di kolam renang dengan benar.
3.
Memahami
cara melakukan teknik gerakan kaki di kolam renang dengan benar.
4.
Memahami
cara melakukan teknik gerakan lengan renang gaya bebas dengan benar.
5.
Memahami
cara melakukan teknik gerakan mengambil napas renang gaya bebas dengan benar.
6.
Melakukan
pembelajaran teknik gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
7.
Melakukan
pembelajaran teknik gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang
baik.
8.
Melakukan
pembelajaran teknik gerakan mengambil napas renang gaya bebas dengan koordinasi
yang baik.
D. MATERI PEMBELAJARAN : Pembelajaran
aktivitas air (Renang Gaya bebas)
E. MEDIA PEMBELAJARAN
·
Kolam renang
·
Stop Wacth
·
Peluit
·
Formulir penilaian
G.
SUMBER BELAJAR
·
Media cetak
ü Buku pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas VIII Muhajir, Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
·
Berbaris, berdoa, berhitung
(presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Melakukan pemanasan pengenalan
air.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
· Membaca informasi dan membuat catatan
tentang konsep keselamatan dan keterampilan dasar renang gaya bebas
· Mencari informasi lain dan membuat catatan
tentang konsep keselamatan dan keterampilan dasar renang gaya bebas dan gaya bebas dari
berbagai sumber media cetak atau elektronik.
· Mengamati perlombaan renang secara
langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang konsep keterampilan
dasar renang gaya bebas.
Menanya
·
Mempertanyakan
tentang konsep keterampilan dasar renang
gaya bebas, misalnya ; apakah tingkat kecemasan mempengaruhi kemampuan
berenang?, apakah kemiringan tubuh di dalam air mempengaruhi
gaya mengapung? Apakah ayunan dan tarikan lengan mempengaruhi kecepatan renang.
Mengeksplorasi
·
Melakukan gerakan pengenalan air:
duduk di tepi kolam, kedua kaki dimasukkan dalam air, gerakan kaki menendang
dilakukan bersama-sama meningkatkan
disiplin, percaya diri, dan memiliki motivasi dengan menunjukkan keselamatan, kerja sama dan disiplin
·
Melakukan gerakan kaki renang gaya
bebas atau gaya bebas berpasangan kedua lengan dipegang teman dengan
menunjukkan keselamatan, kerja sama dan disiplin
·
Melakukan gerakan lengan renang gaya
bebas kedua kaki dipegang teman dengan menunjukkan keselamatan, kerja sama dan disiplin.
Mengasosiasi
·
Menemukan
hubungan penggunaan gaya renang dengan kecepatan berenang
·
Menemukan
hubungan aktivitas renang dengan kesehatan tubuh
·
Menemukan hubungan tata tertib di kolam renang dengan kesehatan dan
keselamatan
Mengomunikasikan
·
Berenang
gaya bebas dengan menerapkan konsep
keterampilan berenang serta menunjukkan sportif, kerja sama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan renang
·
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan renang gaya bebas
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·
Melakukan refleksi dan tanya-jawab
materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang
tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan
dipelajari pada minggu yang akan datang.
·
Guru menugaskan kepada peserta
didik untuk mencatat gerakan renang gaya bebas yang telah dipelajari dalam buku
tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·
Berbaris dan berdoa, kembali ke
kelas dengan penuh disiplin.
Pada proses pembelajarannya dapat digunakan strategi pelaksanaan dengan
menggunakan metode penugasan dan resiprokal/timbal-balik, sebagai berikut :
Ø Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan metode tugas/penugasan
ü Guru membuat dua kartu tugas yang
berisi deskripsi materi yang akan dipelajari peserta didik pada minggu
berikutnya. Satu kartu tugas untuk dokumen guru, kartu tugas yang satunya
ditempelkan di papan pengumuman, guru menugaskan peserta didik untuk membuat
kartu tugas dengan cara mencontoh kartu tugas yang dipasang di papan
pengumuman. Kartu tugas yang dibuat peserta didik setelah selesai dipelajari
harus dikumpulkan untuk dinilai kerajinan, kerapian, dan kebersihannya, sebagai
nilai portofolio.
ü Pada setiap memulai kegiatan inti,
guru meminta peserta didik mengambil kartu tugas yang telah dibuat, kemudian
menyimak kartu tugas masing-masing sambil mendengarkan penjelasan dan contoh
gerakan yang diberikan oleh guru.
ü Peserta didik kemudian mempelajari
tugas pembelajaran dan indikator keberhasilannya yang ada dalam kartu tugas
tersebut.
ü Peserta didik memperkirakan waktu
yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas pembelajaran tersebut.
ü Peserta didik melaksanakan tugas
pembelajaran sesuai dengan indikator dan target waktu yang telah ditentukan
sendiri.
ü Bagi peserta didik yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
ü Bagi peserta didik yang telah
berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka
diberi kesempatan untuk mencoba tugas berikutnya.
Ø Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan metode resiprokal/timbal-balik
ü Guru mengatur peserta didik agar
berpasang-pasangan.
ü Guru membagikan bahan pembelajaran
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan.
ü Peserta didik mempelajari tugas dan
indikator keberhasilannya.
ü Peserta didik membagi tugas, siapa
yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
ü Peserta didik melaksanakan tugas dan
berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil melakukan tugas sesuai dengan
indikator yang telah ditentukan.
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
A. Teknik
dan Bentuk Penilaian
1. Penilaian
Pengetahuan
a. Petunjuk
Penilaian
Setelah mempelajari materi renang, tugaskan kepada
peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh rasa
tanggung jawab. Tugas kelompok ini dapat dikerjakan di rumah dan dikumpulkan
dalam bentuk portofolio!
b. Butir Soal Pengetahuan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
Kriteria
Pensekoran
|
Nilai
Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
|||
1
|
Jelaskan cara melakukan pembelajaran gerakan
kaki renang gaya
bebas!
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan cara melakukan pembelajaran gerakan
lengan renang gaya
bebas!
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan cara melakukan pembelajaran gerakan
mengambil napas
renang gaya bebas!
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan cara melakukan pembelajaran koordinasi
gerakan kaki, ayunan lengan dan mengambil napas renang gaya bebas!
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan cara melakukan perlombaan renang gaya bebas menempuh jarak 50
meter!
|
|
|
|
|
|
|
c. Kriteria
Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
• Skor 4 :
jika peserta didik mampu
menjelaskan tentang teknik gerakan kaki, ayunan lengan, dan mengambil napas
renang gaya bebas.
• Skor 3 : jika peserta didik mampu
menjelaskan dua pertanyaan di atas.
• Skor 2 : jika peserta didik
mampu menjelaskan salah satu pertanyaan di atas.
• Skor 1 : jika tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan.
2. Penilaian Keterampilan
a. Petunjuk
Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diberikan dalam dua
bentuk, yaitu penilaian terhadap kesempurnaan/keterampilan sikap/cara melakukan
suatu proses gerakan (penilaian sikap) dan penilaian produk dari gerakan
tersebut (diambil ketepatan waktu melakukan gerakan).
b. Butir
Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
1) Lakukan pembelajaran gerakan renang gaya bebas
menempuh jarak 25 meter dan 50 meter! Unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan kecepatan
melakukan gerakan (penilaian produk).
Penilaian
Keterampilan Gerak
|
Nilai
Akhir
|
Keterangan
|
||||||||||
Penilaian
Proses
|
Penilaian Produk
(Tes renang gaya bebas)
|
|||||||||||
Sikap awalan gerakan
(Skor 3)
|
Proses melakukan gerakan
(Skor 4)
|
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kriteria
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
1) Kriteria Penilaian
Proses
Kriteria skor
: Pelaksanaan renang gaya bebas
menempuh jarak 25 meter (Proses)
• Gerakan kaki
Skor
4 jika
(1) bila ada aba-aba “Siap” peserta didik
mengangkat kedua kakinya ke atas ke arah permukaan air bersama-sama badan,
sehingga badan dan kaki lurus pada permukaan air dengan sikap terlentang.
(2)
pada aba-aba “Ya” peserta didik
menggerakkan atau menyepak-nyepakkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke
bawah.
(3)
gerakan kaki dimulai dari pangkal paha,
lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan kibasan ujung kaki.
(4)
gerakannya harus lemas dan tidak kaku,
gerakan yang ke atas lebih kuat daripada gerakan yang ke bawah.
Skor 3 : jika
tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2 : jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 : jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
• Gerakan
lengan
Skor 4 jika
(1)
sikap badan tengkurap, muka menghadap ke
bawah.
(2)
lengan secara bergantian diayunkan ke atas
air melampaui kepala dan masuk ke air dalam di depan kepala agak ke samping.
(3)
setelah tangan masuk ke dalam air, maka
dimulailah gerakan menekan dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus
di sisi badan.
(4)
untuk memperoleh hasil yang lebih baik
hendaknya jari-jari tangan dirapatkan.
Skor 3 : jika
tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2 : jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 : jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
• Gerakan
meluncur
Skor 4 jika
(1)
posisi tubuh tengkurap, sejajar dengan
permukaan air dan posisi kaki sedikit di bawah permukaan air.
(2)
posisi kepala dan wajah menghadap ke bawah,
sehingga pandangan membentuk arah diagonal dengan kaki.
(3)
wajah berada sedikit di atas permukaan
air.
(4)
dada, bahu dan panggul terendam air dan
tetap sejajar dengan permukaan air.
Skor 3 : jika
tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2 : jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 : jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
2) Kriteria Penilaian Produk
Contoh
penilaian produk/prestasi renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter).
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pensekoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putra
|
Putri
|
||
………
< 15 detik
|
………
< 20 detik
|
100
%
|
Sangat
baik
|
16 –
20 detik
|
21 –
25 detik
|
90 %
|
Baik
|
21 –
25 detik
|
26 –
30 detik
|
80 %
|
Cukup
|
26 –
30 detik
|
31 –
35 detik
|
70 %
|
Kurang
|
………..
> 30 detik
|
………..
> 35 detik
|
60 %
|
Kurang
sekali
|
3. Penilaian Perilaku
1) Petunjuk
Penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan
pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses
penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan aktivitas air. Aspek-aspek
yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin,
dan toleransi.
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1
sampai dengan 3. (Baik = 3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).
2) Rubrik
Penilaian Perilaku
Perilaku Yang Dinilai
|
CEK (√ )
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
1.
Kerja sama
|
|
|
|
2.
Tanggung jawab
|
|
|
|
3.
Menghargai teman
|
|
|
|
4.
Disiplin
|
|
|
|
5.
Toleransi
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal = 15
|
REKAPITULASI PENILAIAN
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek-Aspek Penilaian
|
Keterangan
|
|||
Spiritual
|
Sosial
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|