BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Agama Kristen memiliki peran yang penting dalam kehidupan
manusia terlebih kepada PAUD. Karena pendidikan agama Kristen menekankan pada
pemahaman dan pelaksanaan ajaran agama untuk mewujudkan kehidupan yang bermaknda,
damai dan bermartabat sesuai ajaran Kristen. Karena itu, agama harus
diinternalisasikan dalam kehidupan pribadi dan anak-anak setiap umat Kristen
melalui Pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pendidikan Agama Kristen sejak awal memiliki tempat yang sentral dalam
perkembangan dinamika dan perkembangan komunitas Kristen. Melalui Pendidikan
Agama Kristen, Tuhan berkenan mengajar,
membina, mendidik dan mengembangkan komnitas umat-Nya melalui pengajar yang
memiliki integritas Kristen.
Dalam mewujudkan pengembangan agama Kristen, Direktorat Jenderal
Bimbingan Masyarakat Kristen Departemen Agama RI mendukung dan memfasilitasi
upaya-upaya pembangunan melalui peningkatan Pendidikan Agama Kristen. Upaya
yang dilakukan diawali dengan mendukung pelaksanana kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan mulai tahuan ajaran 2007/2008 yang berfokus pada pencapaian
Kompetensi peserta didik.
B.
Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah sebagai
berikut :
1. Untuk
pengembangan budi pekerti yang luhur demi sebuah kehidupan yang lebih baik,
khususnya bagi pertumbuhan moral anak usia dini yang masih membutuhkan
bimbingan dalam pertumbuhan iman mereka
2. Untuk
perkembangan iman bagi para anak usia dini dan proses yang harus didukung oleh
para pengajar maupun orang tua
BAB
II
PEMBAHASAN
- Pengertian
Pendidikan Agama Kristen (PAK)
Makalah ini membahas mengenai Penddikan Moral dan agama yang disesuaikan
dengan Pendidikan Anak Usia Dini yang pembahasannya terdiri dari tiga Bab. Bab
I Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, tujuan
pemabhasan/tujuan makalah dan embahasan. Bab II berisi tentang tema yang
dibahas dalam makalah ini yaitu metode moral-moral agama Kristen dalam
Pendidikan Anak Usia Dini. Bab III berisi kesimpulan.
Oleh karena itu, moral-moral agama Kristen sangat berguna bagi anak-anak
usia dini. Moral sangat penting di dalam pembelajaran agama. Pendidikan Agama
Kristen salah sat yang digunakan bagi pengembangan moral, budi pekerti yang
luhur demi sebuah kehidupan yang lebih baik, khususnya bagi pertumbuhan anak
usia dini yang masih membutuhkan bimbingan moral dan tata karma dalam kehidupan
sehari-hari baik itu di rumah, lingkungan masyarakat, dan sekolah mereka.
Moral-moral agama Kristen sangat erat hubungannya dengan pendidikan anak
usia dini. Di dalam pendidikan kita bisa mengajari anak usia dini bagaimana
cara berbicara yang sopan, bagaimana kita berdoa kepada Tuhan dengan benar dan
kita juga bisa mengajar kepada anak didik kita bahwa melalui doa yang benar
kita dapat berbicara kepada Allah, Bapa di Surga. Moral yang kita ajarkan
kepada anak usia dini di dalam pendidikan sangat berkaitan, bagaimana cara kita
bertata karma kepada guru pada saat pembelajaran, bagaimana anak bertata karma
kepada teman-teman mereka, bagaimana anak-anak diajarkan saling bertoleransi
pada teman-teman sebaya mereka.
Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi moral anak :
- Bahasa-bahasa
yang tidak bagus yang sering anak lontarkan biasanya anak-anak mendengar
dari teman-teman yang lain/lingkungan masyarakat.
- Anak
biasanya meng”Aku” kan dan tidak mau bergaul dengan teman-teman yang lain.
- Pemecahan
Masalah
Adapun prosedur pemecahan masalah
di atas adalah dengan cara-cara sebagai berikut :
a. Menerangkan kepada anak bahwa Tuhan tidak
suka pada anak yang tidak punya moral agama dna Tuhan akan jauh dan tidak tetap
tinggal di hati anak-anak tersebut.
b. Menerangkan pada anak bahwa Tuhan suka pada
anak yang baik dna berteman pada teman-teman yang lain.
c. Menerangkan cara doa yang baik dan benar.
d. Membacakan ayat renungan di dalam Alkitab.
- Pegangan
Agama Kristen
Adapun peganagna hidup orang Kristen adalah Firman Tuhan (Alkitab),
karena Firman Tuhan adalah kebenaran dan napas-napas hidup orang Kristen. Anak
usia dini sangat perlu dibimbing untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan
tersebut, agar anak-anak usia dini akan dekat dan lebih mengenal Tuhan. Melalui
Firman Tuhan juga anak-anak usia dini mengetahui bahwa Tuhan sangat mengasihi
semua umat manusia yang ada di dunia ini. Anak-anak usia dini juga harus tahu
bahwa isi dari Firman Tuhan adalah perkataan/suara dari Tuhan.
Oleh karena itu anak-anak harus tahu bahwa Tuhan adalah juru selamat umat
manusia yang telah rela mati menebus dosa kita semua.
- Pedoman Agama Kristen
Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa pegangan hidup orang Kristen adalah
Firman Tuhan, maka pedoman orang Kristen adalah perkataan-perkataan yang ada di
alKitab, karena kita hidup dari perkataan-perkataan Tuhan Yesus, karena
perkataan Tuhan adalah Ya dan Benar.
Selain Firman Tuhan, pedoman hidup agama Kristen adalah berdoa dan lewat
doa kita bisa komunikasi dengan Tuhan dan kita akan peka akan maksud dan tujuan
Tuhan untuk hidup kita.
- Aturan yang ada di Agama Kristen
Adapun aturan-aturan yang ada di agama Kristen adalah ada di dalam Alkitab
keluaran 20:1-17, menerangkan bahwa tidak ada Tuhan lain selan Aku, Jangan
membuat patung/menyembah patung, jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan
sembarangan, kuduskanlah hati Sabat-(Minggu), kita harus menghormati orang tua
supaya lanjut umur kita, jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri,
jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu, dan jangan mengingini rumah
sesamamu, jangan menginginkan isterinya.
Oleh karena itu, anak usia dini harus dijelaskan tentang kesepuluh Firman
Tuhan tersebut, supaya anak-anak usia dini mengerti dan tahu bahwa Tuhan tidak
suka ada orang-orang Kristen/anak-anak Tuhan melanggar Kesepuluh Firman
Tuhan/semua perkataan-perkataan yang ada di Alkitab.
BAB
IV
KESIMPULAN
Pada anak usia dini sebaiknya telah
ditanamkan pengajaran mengenai agama dan nilai-nilai moral yang terkandung di
dalamnya. Hal ini penting sebagai upaya untuk membentuk kepribadian anak yang
sesuai dengan ajaran agama dan nilai-nilai moral yang berlaku dan berkembang di
masyarakat. Pada anak usia dini secara psikologis masih dalam tahap
perkembangan sehingga masih cenderung mudah untuk ditanamkan nilai-nilai agama
dan moral etika yang diarahkan pada tingkah laku mereka dalam kehidupan baik di
lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.
Dengan memberikan pendidikan dan
pengajaran agama dan nilai-nilai moral pada anak usia dini diharapkan akan
memberikan dampak positif bagi perkembangan anak tersebut hingga dewasa dari
aspek kepribadian, tabiat dan tingkah lakunya dalam menjalani kehidupan di
masyarakat.