1.
Faktor
apa saja yang menyebabkan kelahiran ilmu alamiah dasar
1) Kelahiran
alam semesta
Kelahiran alam
semesta di sebut sebagai faktor yang mempengaruhi Ilmu Alamiah Dasar karena
hampir semua pemikiran yang berkaitan dengan IAD menggunakan alamiah yang realitas
shingga faktor kelahiran alam semesta penting untuk menjadi faktor IAD.
2) Tata surya
Tata surya
dijadikan faktor yang mempengrauhi Ilmu Alamiah dasar karena tata surya telah
ada sebelum ilmu alamiah dasar itu ada dan karna tata surya itu adalah sebuah
temuan yang realita (nyata) sehingga dapat di simpulkan menjdi faktor penyebab
ilmu alamiah dasar.
3) Bumi
Salah satu
faktor yang mempengaruhi Ilmu Alamiah Dasar itu adalah bumi karena di bumi itu
makhluk hidup bertempat tinggal sehingga semua prinsip-prinsip atau
metode-metode realita yang diterpakan di Ilmu Alamiah dasar dapat di cari dan
dikembangkan di muka bumi.
4) Perkembagan
makhluk hidup (manusia)
Makhluk hidup
contohya seperti manusia (karena manusia berbeda dengan hewan dan tumbuhan yang
hanya mempunyai naluri/perasaan tpi tidak punya akal budi) mempunyai akal budi
dan kemauannya yang sangat kuat setiap kali dia berkembang,sehingga dapat
mengembangkan keinginannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dan karena keinginannya itu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan manusia dapat
melakukan atau membuat suatu metode atau prinsip yang realita dan dapat di
lihat oleh panca indra untuk suatu pemikiran ilmu almaiah.
5) Asal mula
kehidupan di bumi
Faktor ini salah
satu menjadi factor yang sangat-sangat mempengaruhi Ilmu Alamiah Dasar karena
Ilmu Alamiah Dasar itu selalu memakai metode-metode yang sifatnya realitas
sehingga sangat diprlukan keasal mula kehidupan dibumi untuk dijadikan sebuah
metode atau perinsip untuk membuat suatu pemikiran ilmiah.
2.
Objek kajian ilmu alamiah dasar mencakup adalah:
a.
Kelahiran Alam Semesta
b.
Masalah Tata Surya
c.
Asal Mula Kehidupan Di Bumi
d.
Perkembangan dan Variabilitas Makhluk Hidup
Tujuan ilmu
alamiah dasar adalah untuk :
a.
memahami sejarah ilmu alamiah dasar, dengan
mempelajarinya kita mampu belajar mengenai bagaimana terventuknya ilmu alamiah
dasar mulai dari yang sederhana hingga sekompleks sekarang.
b.
mengetahui perkembangan ilmu alamiah dasar
dengan mempelajarinya menjadi banyak percabangan ilmu pengetahuan. Ilmu alamiah
dasar menjadi inti pokok dari perkembangan aneka ilmu pengetahuan. Seperti ilmu
sosial yang bercabang menjadi sejarah, ekonomi dan lain sebagainya.
c.
memahami keterbatasan ilmu alamiah dasar. Ilmu
alamiah dasar selain juga bermanfaat bagi umat manusia juga memiliki
keterbatasan. Manusia yang mengembangkan ilmu pengetahuan, namuan ilmu
pengetahuan yang dikembangkan menjadi ilmu alamiah dasar memiliki keterbatasan
pemikiran. Sehingga, ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi tidak sempura
juga. Misalnya pengembangan nuklir. Nuklir yang juga mampu menolong umat
manusia lewat energi yang dihasilkannya namun kebocoran nuklir mampu memustakan
manusia itu sendiri.
d.
mengajari manusia untuk bertindak bijaksana.
Ilmu alamia dasar yang terus saja berkembang seiring dengan pertumbuhan jumlah
manusia dan sumber daya alam yang semakin berkurang. Untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan manusia dituntut untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan sehemat
mungkin, bukan dengan menggunakan secara boros.
e.
mengajarkan manusia untuk belajar menanggulangi
kerusakan lingkungan akibar tindakan manusia. Ilmu alamiah dasar mengajari
manusia untuk bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya. Ekplorasi yang
terjadi secara berlebihan menjadikan banyak bencana alam dan kerusakan
lingkungan alam yang terjadi. Dengan ilmu alamiah dasar manusia belajar bahwa
manusia tidak akan ada artinya tanpa adanya lingkungan yang mendukung segala
macam aktivitasnya yakni alam. Segala kehidupan manusia bersumber dari alam dan
jika alam mengalami kerusakan maka manusia juga mengalami gangguan. Misalnya :
reboisasi, penghijauan dan lain sebagainya.
f.
mengajari bagaimana ilmu alamiah dasar sangat
berperan bagi umat manusia. Dengan ilmu alamiah dasar kita mampu mengembangkan
pikiran, menjawab segala pertanyaan yang timbul dari manusia, sekaligus ilmu
alamiah dasar juga mampu memberikan kenyamanan dan juga kesenangan dengan
lingkungannya. Dengan itulah manusia menggunakan ilmu alamiah dasar.
3.
Semua keahlian berdasarkan dalam empat pandangan
utama yaitu matematika, fisika, biologi dan ilmu sosial. Jelaskanlah objek dari
masing-masing ilmu tersebut ?
Semua keahlian
ilmu berdasarkan dalam empat pandangan utama yaitu Matematika, Fisika, Biologi,
dan ilmu sosial. Matematika menelaah hubungan antara bilangan, bentuk dan
lambang logis lainnya. Ilmu fisika menelaah bagian-bagian alam semesta yang
tidak bernyawa. Biologi menelaah tentang hidup, materi kehidupan. Ilmu sosial
menelaah tentang perilaku manusia baik kolektif maupun individual.
Dari keempat
pandangan tersebut bukan merupakan bidang tertutup, tetapi berkaitan satu sama
lain. Kecenderungan saling mengisi satu sama lain akan tampak jelas dengan
munculnya ilmu-ilmu interdisiplin misalnya biostronaotika merupakan suatu
hibrid antara biologi, astronotika dan fisika. Ruang angkasa dipelajari akibat
perjalanan keruang angkasa pada tubuh manusia.
Bila ditinjau
dari segi konsep-konsep IPA, menjelang permulaan abad ke-20, terjadi
perkembangan fundamental yaitu dari IPA klasik menjadi IPA modern.
Konsep-konsep IPA modern diturunkan dari sistem mikroskopis yaitu sistem yang
mempelajari dalam skala kecil seperti molekul, atom, elektron dsb
4.
Jelaskan pengaruh ilmu pengetahuan alam dana teknologi tidak dapat dipisahkan satu
sama lain karena keduanya mempunyai hubungan yang erat satu sama lain dimana
IPA sebagai sebuah ilmu yang dapat menimbulkan hal-hal baru berupa teknologi
berdasarkan hasil kerja keras para scientist dalam meneliti dan menganalisa
sebuah ilmu. Hasilnya sangat berperan bagi kehidupan manusia dalam
melangsungkan kehidupannya
Penemuan
teknologi akibat penelitian IPA tlah membawa manusia meninggalkan kehidupan
traditional yang kolot. Teknologi yang telah mengikat manusia seakan seperti
hama yang terus mengikuti kemanapun kehidupan manusia. Teknologi tidak akan
pernah punah dan terus berkembang sampai dunia ini berakhir.
5.
Teori relativitas dari Einstein tentang
perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya pada ilmu Fisika terbagi 2 macam yaitu
umum dan khusus.
Relativitas umum
adalah teori gravitasi yang dikembangkan oleh Einstein pada tahun 1907-1915.
Pengembangan relativitas umum dimulai dengan asas ekivalensi, di mana keadaan
gerak dipercepat dan diam pada sebuah medan gravitasi (contohnya, ketika berada
pada pada permukaan bumi) yang identik secara fisik. Hasilnya adalah jatuh
bebas adalah gerak inersia: objek yang sedang jatuh bebas akan jatuh karena
itulah bagaimana objek bergerak ketika tidak ada gaya yang diberikan pada benda
tersebut, bukan akibat gaya gravitasi seperti pada kasus mekanika klasik. Maka
hal ini tidak cocok dengan mekanika klasik dan relativitas khusus karena pada
teori ini objek yang bergerak inersia tidak dapat mempercepat terhadap satu
sama lain, namun objek yang jatuh bebas dapat. Untuk menyelesaikan masalah ini,
Einstein mengajukan bahwa ruang-waktu adalah kelengkungan. Tahun 1915, ia
merancang persamaan medan Einstein yang menghubungkan kelengkungan ruang-waktu
terhadap massa, energi, dan momentum.
Beberapa akibat
relativitas umum adalah:
·
Jam akan bergerak semakin lambat pada lubang
gravitasi yang makin dalam. Hal ini disebut dilatasi waktu gravitasi.
·
Presesi orbit dengan cara yang tidak sama dengan
teori gravitasi Newton. (Hal ini telah diamati pada orbit Merkurius dan binary
pulsar).
·
Sinar cahaya berbelok dengan adanya medan
gravitasi.
·
Massa berotasi "menyeret" sepanjang
ruang-waktu di sekitarnya, fenomena yang dikenal dengan
"frame-dragging".
·
Meluasnya alam semesta, dan bagian yang jauh bergerak
dari kita lebih cepat dari kecepatan cahaya
Relativitas
khusus adalah teori mengenai struktur ruang-waktu. Diperkenalkan oleh Einstein
melalui karyanya tahun 1905, Tentang Elektrodinamika Benda Bergerak (untuk
kontribusi fisikawan lainnya lihat Sejarah relativitas khusus). Relativitas
khusus menunjukkan bahwa jika dua pengamat berada dalam kerangka acuan lembam
dan bergerak dengan kecepatan sama relatif terhadap pengamat lain, maka kedua
pengamat tersebut tidak dapat melakukan percobaan untuk menentukan apakah
mereka bergerak atau diam. Bayangkan ini seperti saat Anda berada di dalam
sebuah kapal selam yang bergerak dengan kecepatan tetap. Anda tidak akan dapat
mengatakan apakah kapal selam tengah bergerak atau diam. Teori relativitas
khusus disandarkan pada postulat bahwa kecepatan cahaya akan sama terhadap
semua pengamat yang berada dalam kerangka acuan lembam.
Postulat lain
yang mendasari teori relativitas khusus adalah bahwa hukum fisika memiliki
bentuk matematis yang sama dalam kerangka acuan lembam manapun. Dalam teori
relativitas umum, postulat ini diperluas untuk mencakup tidak hanya kerangka
acuan lembam, namun menjadi semua kerangka acuan.
Teori ini
juga menyebabkan banyak kejutan. Beberapa diantaranya adalah:
·
Relativitas simultanitas: 2 kejadian yang
simultan untuk 1 pengamat, mungkin tidak simultan bagi pengamat lainnya jika ia
bergerak relatif.
·
Dilatasi waktu: Jarum jam akan bergerak lebih
lambat daripada jam pengamat yang "diam".
·
Massa relativistik
·
Kontraksi panjang: Objek akan memendek pada arah
di mana mereka bergerak dalam kaitannya dari pengamat.
·
Ekivalensi massa–energi: E = mc2, energi dan
massa ekivalen dan dapat berubah satu sama lain.
·
Kecepatan maksimum terbatas: Tidak ada objek,
pesan, atau garis medan dapat bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya di
ruang hampa.
·
Efek gravitasi hanya dapat berpindah melalui
ruang hampa pada kecepatan cahaya, tidak lebih cepat atau seketika.