RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok :
Variasi dan Kombinasi Permainan Bola Basket
Alokasi Waktu : 2 Kali Pertemuan ( 6 JP )
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayat ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percayadiri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Sikap Religius
Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut
dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan
dengan:
a.
Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran.
b.
Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
c. Membiasakan berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
·
Memanjatkan doa sebelum dan sesudah pelajaran
a.
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan.
b.
Mengungkapkan kekaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
c.
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
·
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
Sikap sosial :
2.1
Berperilaku sportif dalam
bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap
keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menunjukkan kemauan bekerja sama
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Toleransi dan mau berbagi
dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.5
Disiplin selama melakukan
berbagai aktivitas fisik.
|
2.1.1. Mengikuti aktivitas
dengan taat pada peraturan yang berlaku.
2.1.2. Menghormati sesama teman
dalam melakukan aktivitas.
2.1.3. Tidak menyalahkan teman yang lain apabila
terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
2.1.4. Berani meminta maaf jika
melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
2.1.5.
Menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada
dalam melakukan aktivitas jasmani.
2.2.1 Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
2.2.2.
Berani menerima
resiko atas tindakan yang dilakukan.
2.2.3.
Mengembalikan barang
yang dipinjamkan dari orang lain.
2.3.1. Sebagai
anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
2.3.2. Sebagai
anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
2.4.1. Tidak mengganggu peserta didik yang lain.
2.4.2.
Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.
2.5.1 Hadir tepat waktu.
2.5.2 Menggunakan pakaian
olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
2.5.3. Mengikuti seluruh proses
pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
2.5.4. Mengerjakan tugas yang
diberikan tepat waktu.
|
3.1
Memahami
konsep variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola besar.
4.1. Mempraktikkan
variasi dan kom-binasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan
koordinasi yang baik.
|
3.1.1.
Mengidentifikasikan
berbagai variasi dan
kombinasi keterampilan gerak melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
3.1.2.
Menjelaskan
berbagai variasi dan
kombinasi keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
3.1.3.
Menjelaskan
cara melakukan berbagai variasi
dan kombinasi keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
4.1.1.
Melakukan
berbagai variasi dan
kombinasi keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
4.1.2.
Menggunakan
berbagai variasi dan
kombinasi keterampilan gerak
melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket dalam bentuk permainan bola basket yang dimodifikasi.
|
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pertemuan kesatu
a.
Variasi
dan kombinasi menembak
bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang
didahului dengan operan dari teman.
b.
Variasi
dan kombinasi menembak
bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang
didahului dari menggiring bola.
2.
Pertemuan kedua
a.
Variasi
dan kombinasi bermain
bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3.
b.
Variasi
dan kombinasi bermain
bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4.
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris, memberi salam, berdoa
dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.
Guru mempertanyakan keadaan
dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik
bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada
di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru meminta salah seorang
peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan
antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik
untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan
pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta
didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian
(sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan
manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk
mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko
cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak
persendian lebih luas.
4.
Melakukan
aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling
mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.
Guru mempertanyakan “Siapa pemain
bola basket idola kalian?”, Apa jenis keterampilan gerak permainan bola
basket?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan
gerak menembak lay up permainan bola
basket.
7. Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui
selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar
Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan
penilaian).
|
20 menit
|
Inti
|
Melakukan rangkaian kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan Scientific
dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.
Mengamati
1) Peserta didik
mengamati variasi dan
kombinasi menembak
bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang
didahului dengan operan dari teman melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan
peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Peserta didik
mengamati variasi dan
kombinasi menembak
bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang
didahului dari menggiring bola melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan
peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)
b.
Menanya
1)
Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi menembak bola ke
ring basket dengan tembakan
lay-up yang didahului dengan operan
dari teman, yang dimediasi oleh guru?
2)
Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi menembak bola ke
ring basket dengan tembakan
lay-up yang didahului dari
menggiring bola, yang dimediasi oleh guru?
a.
Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)
Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi menembak bola ke
ring basket dengan tembakan
lay-up yang didahului dengan operan
dari teman secara berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan
di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas
peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)
Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi menembak bola ke
ring basket dengan tembakan
lay-up yang didahului dari
menggiring bola secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru
menyampaikan arti penting kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
b.
Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara berkelompok menemukan hubungan
jenis variasi dan kombinasi menembak bola ke
ring basket dengan tembakan
lay-up dengan
jarak sasaran tembakan.
c.
Mengomunikasikan
1)
Peserta didik menerapkan
keterampilan menembak bola ke ring basket dalam bermain bola basket
dengan peraturan dimodifikasi (setengah lapangan) menggunakan keterampilan
gerak tembakan lay up dengan
menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama bermain (yang diamati
adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis tembakan lay up yang
digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh
peserta didik akan menembak dengan tembakan sambil meloncat, jika sasarannya jarak
dekat maka peserta didik akan menembak dengan tembakan lay-up.
2) Guru mengamati jalannya permainan, bila ada peserta didik yang
curang (misalnya bola ditendang dan peserta didik tidak mengakui, melakukan
permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting
sportifitas selama bermain.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Salah satu peserta didik di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2.
Guru menyampaikan kemajuan
yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih
sering timbul saat melakukan praktik.
3.
Guru menginformasikan kepada
peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola
basket.
4. Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak menembak bola ke ring basket dalam permainan bola basket,
otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bola basket, manfaat permainan
bola basket terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik
dijadikan sebagai tugas portofolio.
5. Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan
salam.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris, memberi salam,
berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.
Guru mempertanyakan keadaan
dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik
bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada
di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru meminta salah seorang
peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan
antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik
untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan
pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta
didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian
(sambil memberhentikan pemanasan sementara).
4.
Melakukan
aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling
mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan 2, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan
gerak melempar, menangkap,
menggiring, dan menembak bola ke ring basket.
6. Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui
selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar
Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan
penilaian).
|
20 menit
|
Inti
|
Melakukan rangkaian kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan Scientific
dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a. Mengamati
1) Peserta didik
mengamati variasi dan
kombinasi bermain
bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3 melalui
pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
2) Peserta didik
mengamati variasi dan
kombinasi bermain
bola basket dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4 melalui
pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
b. Menanya
1)
Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi bermain bola basket
dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3, yang dimediasi oleh guru?
2)
Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana cara melakukan variasi dan kombinasi bermain bola basket
dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4, yang dimediasi oleh guru?
c. Mengumpulkan Informasi /
Mencoba
1)
Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi bermain bola basket
dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 4 lawan 3 secara berkelompok mencari
jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab.
Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
2)
Peserta didik mempraktikkan variasi dan kombinasi bermain bola basket
dengan menggunakan setengah lapang dengan jumlah pemain 5 lawan 4 secara berkelompok mencari
jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab.
Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
d. Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara berkelompok menemukan hubungan
jenis menembak bola ke ring basket dengan jarak sasaran tembakan.
e. Mengomunikasikan
1)
Peserta didik menerapkan
keterampilan menembak bola ke ring basket dalam bermain bola basket dengan peraturan
dimodifikasi (setengah lapangan) mengguna-kan berbagai keterampilan gerak menembak
bola ke ring basket dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan
disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama
bermain (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan
jenis tembakan yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika
sasaran jauh peserta didik akan menembak dengan tembakan jarak jauh, jika
sasarannya jarak dekat maka peserta didik akan menembak dengan tembakan lay-up.
2) Guru mengamati jalannya permainan, bila ada peserta didik yang
curang (misalnya bola ditendang dan peserta didik tidak mengakui, melakukan
permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting
sportifitas selama bermain.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Salah satu peserta didik di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2.
Guru menyampaikan kemajuan
yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih
sering timbul saat melakukan praktik.
3.
Guru menginformasikan kepada
peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola
basket.
4. Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak menembak bola ke ring basket dalam permainan bola basket,
otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bola basket, manfaat permainan
bola basket terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik
dijadikan sebagai tugas portofolio.
5. Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan
salam.
|
15 menit
|
F. Penilaian
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual
a.
Jenis/teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.
Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap
spritual
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Spritual
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3.
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4.
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5.
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimal = 20
|
|
|
|
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
0,00
˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
KURANG
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
CUKUP
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
BAIK
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
SANGAT BAIK
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
2.
Penilaian Sikap Sosial
a.
Jenis/teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.
Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap sosial
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Sosial
No.
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 4)
|
1.
|
Kerja sama
a. Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil
peran secara aktif dalam kelompok.
b.
Sebagai
anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.
Tidak
mengganggu peserta didik yang lain.
d.
Membantu
mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.
|
|
2.
|
Sportifitas
a.
Mengikuti aktivitas dengan
taat pada peraturan yang berlaku.
b.
Menghormati sesama teman
dalam melakukan aktivitas.
c.
Tidak menyalahkan teman yang
lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
d.
Menerima kemenangan dan
kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.
|
|
3.
|
Tanggung
Jawab
a. Sebagai peserta didik mengerjakan
tugas-tugas dengan baik.
b. Berani menerima resiko atas
tindakan yang dilakukan.
c. Mengembalikan barang yang
dipinjamkan dari orang lain.
d. Berani meminta maaf jika
melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
|
|
4.
|
Disiplin
a. Hadir tepat waktu.
b. Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c. Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur
kerja.
d. Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.
|
|
|
TOTAL SKOR = 16
|
|
c.
Pedoman Penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh
teman yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh
teman yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh
teman yang diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan
oleh teman yang diamati.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
0,00
˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
KURANG
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
CUKUP
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
BAIK
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
SANGAT BAIK
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
3.
Penilaian Pengetahuan
a.
Jenis/teknik penilaian
Ujian tulis
b.
Bentuk Instrumen dan instrumen
Soal ujian tulis
Nama : ...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK
DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a.
Sebutkan
berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!
b.
Sebutkan berbagai variasi dan
kombinasi gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket
permainan bola basket!
|
|
2.
|
Konsep
a.
Jelaskan
berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!
b.
Jelaskan berbagai variasi dan
kombinasi gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring!
|
|
3.
|
Prosedur
a.
Jelaskan
cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay
up permainan bola basket!
b. Jelaskan cara
melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak
melempar, menangkap, meng-giring, dan menembak ke ring!
|
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
a)
Soal nomor 1
(1)
Skor 3, jika jenis disebut
secara lengkap
(2)
Skor 2, jika jenis disebut
secara kurang lengkap
(3)
Skor 1, jika jenis disebut
tidak lengkap
b)
Soal nomor 2
(1)
Skor 4, jika penjelasan benar
dan lengkap
(2)
Skor 3, jika penjelasan benar
tetapi kurang lengkap
(3)
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(4)
Skor 1, jika hanya sebagian
penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)
Soal nomor 3
(1)
Skor 3, jika jenis disebut
secara lengkap
(2)
Skor 2, jika jenis disebut
secara kurang lengkap
(3)
Skor 1, jika jenis disebut
tidak lengkap
d) Soal nomor 4
(1)
Skor 4, jika urutan benar dan
lengkap
(2)
Skor 3, jika urutan benar
tetapi kurang lengkap
(3)
Skor 2, jika sebagian urutan
tidak benar dan kurang lengkap
(4)
Skor 1, jika hanya sebagian
urutan yang benar dan tidak lengkap.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 12
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/12
X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂ Nilai
≤ 1,00
|
D
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
2,00
˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00 ˂
Nilai ≤
3,33
|
B+
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
4.
Penilaian Keterampilan
a.
Lembar pengamatan proses
variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak ke ring basket permainan bola basket.
1)
Jenis/teknik penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan
sejawat (dalam permainan)
2)
Bentuk Instrumen dan instrumen
Peserta didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi
keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket
permainan bola basket yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk
bermain.
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
a)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak
yang diharapkan.
b)
Rubrik Penilaian
Keterampilan Gerak
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1.
|
Sikap awalan melakukan gerakan
|
|
|
|
2.
|
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
|
|
|
|
3.
|
Sikap akhir melakukan gerakan
|
|
|
|
Skor Maksimal (9)
|
|
3)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
(1)
Sikap
awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) pandangan mata ke arah datangnya bola
(b) badan sedikit dicondongkan ke depan dan
berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c) lutut ditekuk, badan condong ke depan dan
jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara
benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara
benar.
(2)
Sikap
pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
bola didorong dari depan
(b)
kedua lengan lurus ke depan
(c)
badan dicondongkan ke depan
(d)
pandangan mata tertuju pada
lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara
benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
(3) Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) badan tetap condong ke depan
(b) pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c) kaki kiri ke depan dan kaki kanan di
belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta
didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
1,00 ˂ Nilai
≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂ Nilai
≤ 1,66
|
C-
|
1,66 ˂ Nilai ≤
2,00
|
C
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
2,33 ˂ Nilai ≤
2,66
|
B-
|
2,66 ˂ Nilai ≤
3,00
|
B
|
3,00 ˂ Nilai ≤
3,33
|
B+
|
3,33 ˂ Nilai
≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂ Nilai
≤ 4,00
|
A
|
b.
Lembar pengamatan penilaian
hasil variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring,
dan menembak ke ring basket permainan bola basket.
1)
Penilaian hasil keterampilan
gerak menembak bola ke ring basket
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak menembak
bola ke ring basket yang dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan cara :
(1)
Mula-mula peserta didik berdiri
dengan memegang bola.
(2)
Setelah petugas pengukuran
memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai menembak bola ke ring basket selama
30 detik.
(3)
Petugas menghitung tembakan
yang masuk ke ring basket yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)
Jumlah tembakan yang masuk ke
ring basket yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk
diberikan skor.
b)
Konversi jumlah tembakan yang
masuk ke ring basket dengan skor
Perolehan Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > 20 masuk
|
……. > 17 masuk
|
100%
|
Sangat Baik
|
17 – 19 masuk
|
14 – 16 masuk
|
90%
|
Baik
|
14 – 16 masuk
|
11 – 13 masuk
|
80%
|
Cukup
|
11 – 13 masuk
|
8 – 10 masuk
|
70%
|
Kurang
|
…… < 11 masuk
|
…… < 8 masuk
|
60%
|
Kurang Sekali
|
c.
Penilaian hasil keterampilan
gerak menembak bola ke ring basket
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor
keterampilan hasil keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu
diberikan pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70%
untuk skor keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor
keterampilan hasil gerak), maka skor akhir keterampilan gerak adalah :
Skor penilaian proses X
70% = .............. ditambah dengan
Skor hasil gerak X 30% = .............. sama dengan
............
d.
Rentang nilai keterampilan
gerak:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
1,00 ˂ Nilai
≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂ Nilai
≤ 1,66
|
C-
|
1,66 ˂ Nilai ≤
2,00
|
C
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
2,33 ˂ Nilai ≤
2,66
|
B-
|
2,66 ˂ Nilai ≤
3,00
|
B
|
3,00 ˂ Nilai ≤
3,33
|
B+
|
3,33 ˂ Nilai
≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂ Nilai
≤ 4,00
|
A
|
G. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Pembelajaran :
a.
Gambar variasi
dan kombinasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi keterampilan
gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
b.
Model
peserta didik atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan
gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
2.
Alat
Pembelajaran :
a.
Bola basket atau
bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
b.
Lapangan
permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman
sekolah).
c.
Rintangan
(corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu).
d.
Peluit
dan Stopwatch.
e.
Lembar
Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
3.
Sumber
Belajar :
a.
Muhajir, Buku
Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII
Kurikulum 2013, hal 12 - 18; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.
Muhajir,
dkk, Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Bola basket, Bogor: PPPPTK Penjas dan
BK, 2012.