Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Media Pembelajaran



Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. Menurut AECT yang dikutip oleh Rohani (2004 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (2002 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”.
Menurut Association for Education and Communication Technology (AECT) media diartikan sebagai segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi (AECT, 1986).
Penggunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan apa yang dipelajarinya lebih baik dan meningkatkan penampilan (performance) mereka dalam melakukan keterampilan-keterampilan tertentu sesuai dengan yang menjadi tujuan pembelajaran (Suroso, 1995).
Karakteristik media berbeda sesuai dengan tujuan atau maksud pengelompokkannya. Salah satunya media grafis, media grafis termasuk salah satu media visual. Media ICT merupakan media pembelajaran yang termasuk ke dalam media visual yang menampilkan gambar melalui komputer dan infokus. Media visual (Sanjaya, 2000:157) media yang dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Yang termasuk media ini adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis dan lain sebagainya.


Blog Archive